5 Tips Mudah Mendidik Anak Remaja yang Beranjak Dewasa

Jessica,
0
Mendidik Anak Remaja

Mendidik anak remaja yang beranjak dewasa memang tidak mudah, tetapi bukan mustahil. Dengan cara yang tepat, anak akan menjadi pribadi yang hebat di masa mendatang. Namun, untuk menaklukkan anak remaja tidaklah mudah. Mengingat masa remaja adalah masa peralihan. Di mana sebagian besar anak akan melakukan pemberontakan dan kenakalan remaja.

Bagi Anda yang menginginkan anak tumbuh menjadi anak yang luar biasa, yakni dengan karakter kuat dan keluar sebagai pelajar sukses, pastikan untuk mengikuti sejumlah tips mudah mendidik anak remaja di bawah ini.

Bebaskan Anak untuk Bersosialisasi dengan Lingkungan

mendidik anak remaja

Sumber : anchoredhopecounseling.com

 

Ketika anak sudah memasuki usia remaja, anak akan senang mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Mereka lebih asyik dengan teman-teman sekolah atau bermain di luar rumah ketimbang menghabiskan waktu bersama Anda.

Saat hal ini terjadi, Anda tak perlu khawatir dan risau. Biarkan anak bersosialisasi dengan sesamanya di lingkungan yang baru. Selama cara bersosialisasi yang digunakan berdampak positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan di lingkungan.

Dengan bersosialisasi anak akan belajar hal baru, melatih sikap kepemimpinan, dan cara mengambil keputusan yang tepat ketika mereka terkena masalah. Anak pun akan lebih mandiri.

Jadikan diri Anda sebagai Teman

Mendidik Anak Remaja

Sumber : ekonomipos.com

 

Terkadang ketika anak berada di usia remaja, anak akan menjauh dari Anda. Penyebab utamanya adalah adanya perbedaan dalam memandang suatu hal. Hal ini sangat wajar terjadi, mengingat rentang usia Anda dan buah hati yang terpaut jauh.

Mulailah masuki dunia anak remaja, pahami apa yang sedang menjadi tren dan pelajari mengenai psikologis mereka. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendidik anak remaja. Nah, agar Anda tidak berjarak dengan anak, cara terbaik adalah menjadikan diri Anda sebagai teman, bukan sebagai orang tua. Teman adalah sosok yang akan dicari oleh anak untuk sekadar berkeluh kesah.

Dengan menjadi teman bagi buah hati, Anda dapat melakukan pemantauan, memberikan masukan tanpa terkesan menggurui, dan mengontrol tumbuh kembangnya.  Manfaat lainnya, Anda dan anak akan menjadi lebih dekat karena sering menghabiskan waktu bersama.

Berikan Kepercayaan dan Tanggung Jawab

Mendidik Anak Remaja

Sumber : huffingtonpost.com

 

Peran orang tua memang penting, tetapi jangan selalu mengarahkan anak untuk mengikutinya kemauan Anda. Biarkan anak untuk mencoba sesuatu atau memutuskan sesuatu untuk dirinya sendiri. Beri mereka kepercayaan dan tanggung jawab agar mereka bisa lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada Anda.

Hal ini sangat bermanfaat bagi anak ketika sudah dewasa. Selain memberikan kepercayaan dan tanggung jawab ini, beri juga rambu-rambu yang tidak boleh dilewati si anak. Misalnya mereka boleh pergi bersama teman untuk bermain sampai malam, tapi Anda juga harus memberikan tanggung jawab pada anak untuk pulang tepat waktu. Ini merupakan salah satu cara mendidik anak remaja yang efektif.

Hargai Minat dan Pemikiran Anak

Mendidik Anak Remaja

Sumber : polka.id

 

Sebagai orang tua sering kali Anda merasa tahu dan selalu benar mengenai apa yang baik bagi anak. Namun, tanpa disadari terkadang hal tersebut tidaklah sama persis dengan apa yang Anda pikirkan. Tak jarang, pemikiran Anda berbeda dengan pemikiran anak. Pemaksaan terhadap anak hanya akan membuat ia merasa tertekan dan bahkan melakukan hal buruk, seperti kenakalan remaja.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya biarkan anak untuk berani mengemukakan pendapat mereka. Hargai pemikiran dan pendapatnya. Dengan cara ini, anak lebih mengerti dan menghormati Anda. Hubungan Anda dan anak pun semakin harmonis. Jangan menentukan masa depannya, tapi arahkan mereka dengan menghargai setiap minat dan bakat si anak.

Ajarkan Pendidikan Agama

Mendidik Anak Remaja

Sumber : fai.umy.ac.id

 

Agama menjadi hal penting bagi keluarga. Terapkan pendidikan agama sedini mungkin agar anak tidak terjerumus pada pergaulan yang salah. Bagaimanapun pendidikan agama adalah fondasi yang kuat bagi karakter seseorang.

Dengan mengikuti sejumlah tips mendidik anak remaja di atas, Anda tidak akan kesulitan dalam mendidik anak remaja. Selamat mencoba!

Be the first to write a comment.

Your feedback