5 Langkah Mengembangkan Bakat Menyanyi pada Anak

Jessica,
0

Mengembangkan bakat menyanyi pada anak tentulah tidak sama dengan mengembangkan bakat menyanyi pada remaja dan orang dewasa. Saat Anda sudah dewasa biasanya orang-orang akan cenderung blak-blakan dan frontal apabila Anda melakukan kesalahan. Berbeda dengan anak-anak, untuk mengembangkan bakat mereka, orangtua dan para pengajar harus bersikap lemah lembut serta tidak boleh memaksakan kehendak kepada anak-anak.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua untuk mengasah bakat menyanyi anak dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak pastinya akan terus termotivasi dengan cara-cara sebagai berikut:

1.  Perdengarkan Musik dengan Rutin

Mengembangkan Bakat Menyanyi

babyologist.com

Memperdengarkan musik secara rutin kepada anak-anak sejak dini, selain dapat mengasah kinerja otak juga dapat mengembangkan bakat menyanyi. Otak anak Anda akan diajak untuk menyelami tinggi rendahnya nada suara, karateristik lagu, serta karakter suara masing-masing penyanyi. Memiliki banyak referensi musik dan lagu akan membuat anak Anda semakin kaya pemahaman tentang musik.

2. Menonton Video atau Acara Musik Bersama

Mengembangkan Bakat Menyanyi

parenting.co.id

Anda juga dapat mengajak buah hati tercinta untuk menonton video musik anak-anak di layar kaca ataupun di gawai. Melalui video musik, anak Anda dapat belajar bagaimana caranya pentas di atas panggung, cara membawa mikrofon, mimik wajah saat menyanyi, dan juga tata kostum saat di atas panggung.

Biasanya saat buah hati Anda melihat sebayanya tampil di panggung atau televisi akan memacu kepercayaan dirinya untuk tampil menunjukkan bakatnya dan membuat orangtua bangga. Oleh karena itu saat menonton, ajaklah anak Anda berdiskusi kira-kira apa saja yang akan dia lakukan saat berada di panggung pentas menyanyi.

3.  Pilihlah Lagu-Lagu yang Sesuai dengan Anak

Mengembangkan Bakat Menyanyi

compusiciannews.com

Maksudnya lagu-lagu yang sesuai dengan anak adalah dari segi lirik, musik, dan karakter suara. Pilihlah lagu yang liriknya sesuai dengan umur anak Anda. Masa kanak-kanak adalah masa gembira, maka sangat disarankan untuk memilih lagu-lagu yang memiliki lirik dan nuansa gembira untuk dinyanyikan oleh buah hati Anda.

Untuk mengembangkan bakat menyanyi anak, jangan lupa memilih lagu yang sesuai dengan karakter suara si kecil. Jangan memaksakan lagu dengan jangkauan nada yang tinggi apabila karakter suara anak Anda ada di jangkauan nada tengah. Alih-alih bahagia, anak Anda bisa jadi malah frustrasi karena tidak bisa menyanyikan lagu tersebut dengan baik.

Satu lagi untuk jadi catatan, jangan memilih lagu hanya berdasarkan pertimbangan lagu tersebut sedang hits di pasaran. Bisa jadi lagu tersebut tidak sesuai untuk didengarkan ataupun dinyanyikan oleh anak-anak.

4. Ajak Latihan Menyanyi saat Suasana Hatinya sedang Baik

Mengembangkan Bakat Menyanyi

nakita.grid.id

Belajar apapun harusnya dilakukan dengan bahagia dan riang gembira, karena saat kita belajar dengan perasaan yang gembira, materi pelajaran tersebut dapat diserap dengan baik oleh otak dan tersimpan dengan kuat di memori. Jadi, ajaklah anak Anda latihan menyanyi saat suasana hatinya sedang baik. Jangan memintanya latihan menyanyi saat si kecil terlihat lelah ataupun tampak ingin melakukan hal lain. Terlalu memaksakan kehendak malah akan membuat anak Anda tidak maksimal saat latihan dan membuatnya enggan untuk melatih bakatnya.

5. Sewa Guru Vokal

Mengembangkan Bakat Menyanyi

phillymusiclessons.com

Apabila anak Anda benar-benar serius ingin menekuni dunia tarik suara, maka langkah yang paling tepat untuk dilakukan selanjutnya adalah menyewa guru vokal untuk membimbing buah hati Ayah Bunda. Ananda tercinta juga bisa mengikuti kursus olah vokal di sekolah musik terdekat. Guru vokal dapat memantau kemajuan anak Anda serta melatih teknik bernyanyi yang paling baik untuk anak seusianya.

Itu dia 5 langkah dalam mengembangkan bakat menyanyi anak Anda. Sudah siap untuk mendukung bakat dan masa depan buah hati tercinta kan, Ayah Bunda? Yuk segera dicoba langkah-langkahnya. Semoga membantu ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback