5 Cara Ampuh bagi Mahasiswa yang Bingung Memilih Judul Proposal Seminar.

Jessica,
0
Judul Proposal Seminar

Di awal masa perkuliahan, sebagian besar mahasiswa sudah memasang target berapa tahun untuk menyelesaikan perkuliahan. Biasanya, semester-semester awal berjalan lancar, tetapi ketika memasuki semester akhir, sejumlah tantangan dan hambatan mulai bermunculan, terutama di masa-masa pengajuan tugas akhir atau skripsi.

Skripsi memang kerap menjadi momok tersendiri bagi sejumlah mahasiswa, bahkan sejak awal pengajuan judul proposal seminar. Ya, Pemilihan judul skripsi bukanlah perkara gampang. Sering kali mahasiswa bingung dan tidak tahu topik apa yang harus diangkat.

Belum lagi bayangan kejamnya dosen pengampu nanti menimbulkan tekanan dalam memilih judul yang tepat. Untuk itu, coba terapkan 5 cara berikut agar Anda dapat memilih judul proposal yang tepat.

Gali Kembali Bidang yang Disukai

Judul Proposal Seminar

globeslcc.com

Mungkin Anda sudah mendapatkan beberapa ide yang akan diangkat untuk judul proposal seminar. Tapi, sebelum mengajukannya, cobalah tinjau kembali apa yang menjadi faktor keraguan Anda dalam menentukan judul yang tepat. Bisa saja karena Anda tidak terlalu minat dengan tema maupun pembahasannya nanti.

Usahakan jangan memaksa judul yang tidak membuat hati senang saat mengerjakannya. Bisa-bisa, skripsi Anda berhenti di tengah jalan dan ingin mengganti dengan judul baru. Coba ingat-ingat kembali topik apa yang paling Anda sukai. Biasanya ide-ide tentang topik yang mau dibahas akan muncul dengan sendirinya.

Dekatkan Diri dengan Perpustakaan

Judul Proposal Seminar

wikimedia.org

Perpustakaan selain surga bagi sebagian orang juga merupakan tempat yang paling tepat dalam pencarian ide dan inspirasi. Anda dapat menemukan berbagai judul skripsi dari berbagai angkatan. Dengan membaca rumusan masalah dan kesimpulan dari skripsi yang judulnya mendekati topik yang diangkat, Anda akan mendapat gambaran pembahasan serta skema penulisan yang dibutuhkan nantinya.

Pastikan tema yang akan diajukan memiliki banyak referensi. Bisa dipastikan Anda akan mantap dalam memilih judul proposal.

Diskusi dengan Teman Sebaya atau Kakak Senior

Judul Proposal Seminar

usnews.com

 Melakukan diskusi dengan teman seputar topik yang akan diangkat tidak ada salahnya. Bisa-bisa Anda malah mendapat masukan dan pemikiran yang terlewatkan sebelumnya. Jangan menuruti ego Anda untuk bisa menyelesaikannya sendiri, karena meminta bantuan lebih baik daripada tidak ada kemajuan.

Menjalin komunikasi dengan kakak senior patut dilakukan. Mintalah pendapat dan dengarkan ceritanya perihal pemilihan judul proposal seminar mereka terdahulu. Anda bisa mengambil pengalaman dan trik-trik yang mereka terapkan. Tak luput, Anda mendapat buku referensi tanpa perlu lagi mencarinya.

Rajin Membaca dari Berbagai Sumber

Judul Proposal Seminar

Shutterstock.com

Ketika memilih judul proposal seminar, jangan hanya terpatok pada jurnal atau karya tulis ilmiah lainnya. Kadang kala ide muncul dari sumber tidak terduga. Seperti lewat portal berita online ataupun surat kabar. Kejadian-kejadian yang baru terjadi bisa menjadi pemicu lahirnya ide-ide penelitian dan memantapkan pemilihan judul.

Misalnya ketika Anda membaca Headline berita tentang kekeringan yang terjadi di beberapa daerah. Jika Anda mahasiswa teknik, maka dapat mengangkat topik cara penyaringan air bersih. Jadi, tidak ada salahnya meluangkan waktu sedikit membaca informasi tentang keadaan sekitar terlebih dahulu.

Jangan Takut Bertanya ke Dosen

Judul Proposal Seminar

duniadosen.com

Sudah mendapatkan ide tapi masih ragu apakah judul proposal Anda cukup menarik. Tidak ada salahnya menemui dosen pembimbing dan melakukan sedikit diskusi. Mintalah analisis dan pemikirannya.

Anda mungkin akan terkejut ketika menemukan pandangan yang di luar pemikiran. Bisa saja menurutnya ide yang diajukan merupakan pembahasan yang sangat bagus. Selain mengembalikan kepercayaan diri, Anda juga akan mendapatkan beberapa rekomendasi referensi yang sesuai.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapat sedikit pencerahan tentang pemilihan judul proposal seminar? Skripsi tidak akan lagi jadi tantangan yang berat asal Anda memulainya dengan bagus. Pemilihan judul yang tepat dan manajemen waktu yang bagus akan membuat skripsi Anda cepat terselesaikan.

Be the first to write a comment.

Your feedback