5 Alasan Pentingnya Peran Orang Tua Mendukung Karier Anak di Masa Depan

Jessica,
0
Source - news.okezone

Dalam merintis suatu karier, kita dituntut untuk berusaha keras agar mampu mencapai target yang diharapkan. Apalagi di zaman sekarang ini, ketika semakin susahnya memperoleh pekerjaan yang layak, para orang tua justru semakin menuntut anaknya agar memiliki karier yang bagus. Terkadang, mereka tidak memedulikan bagaimana proses sang anak mendapatkannya, yang mereka ingin ketahui hanyalah hasilnya. Itulah mengapa peran orang tua sebagai pendukung sangat dibutuhkan di sini.

Di dunia kerja yang kejam, tidak mungkin seorang anak bisa memenangkan semuanya dalam sekali coba saja. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya turut serta membantu dalam proses pencapaian karier yang bagus untuk anak Anda. Alasan-alasan di bawah ini akan menunjukkan betapa pentingnya peran orang tua dalam mendukung karier anak di masa depan.

 

1. Tidak ada kesuksesan yang instan.

Source - news.okezone

Source – news.okezone

 

Karena tidak ada kesuksesan yang mudah didapatkan, Anda harus bersabar menunggu perkembangan karier anak Anda. Mereka harus memulainya dari bawah terlebih dahulu tanpa bantuan siapa-siapa. Ia harus mencari informasi lowongan kerja dari berbagai sumber seperti koran, internet atau dari mulut ke mulut. Lalu ia melamar pekerjaan pada bidang yang cocok dengan latar belakangnya.

Selama proses itu berlangsung, waktu yang akan menjadi taruhannya. Tidak sedikit waktu terbuang selama proses menunggu panggilan kerja. Dan tidak sedikit waktu juga terbuang karena dari setiap panggilan kerja itu, ia terus gagal melewatinya. Di sinilah peran Anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan. Sedikit elusan di punggungnya dan kata ‘tidak apa-apa, coba terus’ bisa menjadi penyemangatnya untuk melanjutkan pencarian kerja.

 

2. Membuat anak ingin terus berusaha.

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Ketika Anda mengatakan bahwa pekerjaan itu lebih baik, bukan pekerjaan yang saat ini sedang anak Anda lakukan, anak akan merasa sedih dan tidak bersemangat melakukan pekerjaannya. Semakin sering anak Anda mendengar komentar-komentar negatif, justru ia akan semakin tidak termotivasi mendapatkan pekerjaan lebih baik seperti yang Anda sarankan.

Peran orang tua di sini harus sebagai pengamat sekaligus penyemangat. Suatu hari nanti, jika ada peluang yang bagus, pasti anak Anda akan mencobanya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan pekerjaan kecil yang sedang dilakukannya saat ini. Pekerjaan kecil itu justru bisa menjadi penunjang pekerjaan besarnya di masa mendatang.

 

3. Kegagalan bukanlah hal yang patut dibesar-besarkan.

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Gagal itu biasa. Namanya juga hidup, sesekali berhasil, tetapi lebih banyak pula gagalnya. Anda sendiri sebagai orang tua juga pasti pernah mengalami kegagalan. Anda mengetahui bagaimana rasanya setelah mengalami hal tersebut. Jadi, ketika anak Anda gagal mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar milik negara pada tahap tes terakhir, tidak perlu membesar-besarkan masalah itu.

Di balik segala kegagalan yang telah terjadi, pasti ada hikmah menunggu di baliknya. Dukunglah anak Anda dengan menyarankannya untuk mengikuti kursus keterampilan yang dapat mempercantik daftar riwayat hidupnya. Di luar sana banyak sekali lembaga kursus keterampilan resmi yang dapat mendukung karier anak Anda ke depannya.

 

4. Sadari bahwa mencari kerja di zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang.

source -pixabay

source -pixabay

 

Di zaman dulu, mencari kerja bagi lulusan sarjana bukanlah perkara sulit karena jumlah lulusan sarjana masih sedikit pada saat itu. Namun sekarang, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, mendapatkan kerja bukan lagi menjadi perkara asal sarjana pasti mudah dapat kerja. Lapangan kerja yang ada kini tidak lagi mampu menampung angkatan kerja yang tersedia.

Itulah mengapa Anda tidak perlu menyalahkan anak Anda ketika ia belum juga memperoleh pekerjaan bahkan setelah berbulan-bulan sejak dinyatakan lulus sarjana. Anda bisa membantu anak dengan ikut serta mencarikan info lowongan kerja yang tersedia. Terus semangati dia dengan cara sederhana seperti memberikan ucapan-ucapan tulus berbentuk doa.

 

5. Kerja keras pasti akan terbayarkan suatu hari nanti.

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Kerja keras yang selalu diiringi dengan doa pasti akan membuahkan hasil yang baik suatu hari nanti. Ketekunan, sikap pantang menyerah, dan rajin yang dimiliki anak Anda akan terbayarkan dengan kesuksesannya nanti. Bersabarlah dan terus dukung dia agar motivasinya tetap tinggi dalam mengejar dan mencapai karier impiannya, selagi masih dalam ranah positif.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui alasan mengapa peran orang tua begitu penting dalam karier anak di masa depan. Semoga ke depannya Anda terus mendukung setiap langkah karier yang dipilih oleh anak Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback