5 Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan Studi S2 ke Belanda!

Jessica,
0
Jaminan Kualitas

Setelah menamatkan pendidikan di jenjang sarjana, banyak lulusan perguruan tinggi yang langsung melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana atau S2. Bukan hanya di Indonesia, sebagian orang bahkan memilih melanjutkan kuliah ke luar negeri. Australia dan Amerika masih menjadi negara tujuan favorit mahasiswa Indonesia. Namun tak sedikit yang melirik peluang melanjutkan studi S2 ke Belanda.

Belanda memiliki banyak universitas terbaik seperti Universiteit Leiden, Universiteit Utrecht, dan Vrije Universiteit Amsterdam. Bahkan bagi kalian yang minim anggaran, terdapat banyak beasiswa penuh yang ditawarkan. Berikut 5 alasan yang bisa menjadi pertimbangan kenapa harus melanjutkan studi S2 ke Belanda.

1. Biaya Hidup Terjangkau

Biaya Hidup Terjangkau

Biaya Hidup Terjangkau

Dibandingkan wilayah Eropa lainnya, Belanda memiliki biaya hidup yang lebih rendah. Umumnya biaya sewa kamar di Belanda berkisar antara 300–600 euro per bulan atau setara Rp4,5–9 juta. Sementara untuk urusan perut, Anda membutuhkan 200 euro atau Rp3 juta per bulan. Agar bertahan hidup dengan uang terbatas, usahakan belajar masak sendiri.
Sementara untuk transportasi, belilah sepeda bekas agar memudahkan kalian pergi ke mana saja. Harganya pun terjangkau sekitar Rp750 ribu dan mudah didapatkan. Pemerintah Belanda menyediakan jalur khusus bagi pengendara sepeda jadi dijamin aman berkendara.

2. Stabilitas Ekonomi Negara Terjamin

Stabilitas Ekonomi Negara Terjamin

Stabilitas Ekonomi Negara Terjamin

Bila ingin bersekolah di luar negeri, Anda harus memastikan stabilitas ekonomi negara tujuan. Ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis atau dampak ekonomi lainnya yang akan berimbas pada kelanjutan studi nanti.

Meskipun jumlah penduduknya hanya 17 juta orang, Belanda berada pada peringkat ke dua negara yang memiliki kestabilan ekonomi terbaik di dunia. Arah kebijakan ekonomi Belanda disusun dengan konsep berkelanjutan sehingga stabilitas tetap terjaga. Anda tidak perlu risau bila memutuskan studi S2 ke Belanda.

3. Bersih dan Nyaman

 Bersih dan Nyaman

Bersih dan Nyaman

Kota-kota yang berada di negara Belanda memiliki tampilan yang bersih dan rapi. Tak ada sampah yang berserakan baik di jalan raya maupun sungai. Petugas kebersihan telah dilengkapi berbagai peralatan modern dan secara rutin membersihkannya.

Bahkan tempat publik seperti rumah sakit, taman dan kendaraan berada dalam kondisi sangat terawat. Minimnya kendaraan bermotor dan daerah industrial, membuat udara di Belanda masih tetap segar. Banyak tempat wisata alam dan sejarah yang bisa Anda kunjungi saat bersantai di akhir pekan. Dengan kondisi lingkungan seperti demikian, Anda akan semakin betah belajar.

4. Jaminan Kualitas

Jaminan Kualitas

Jaminan Kualitas

Hampir semua universitas di Belanda masuk dalam deretan 100 universitas terbaik di seluruh Eropa. Dengan kualitas pengajar yang profesional serta fasilitas serba lengkap, kalian pasti betah mengenyam pendidikan di sana. Banyak jurusan yang dapat dipilih saat melanjutkan studi S2 ke Belanda. Sebut saja hukum, sains, ekonomi, teknik sipil hingga kedokteran.

5. Masakan Indonesia Mudah Dijumpai

Masakan Indonesia Mudah Dijumpai

Masakan Indonesia Mudah Dijumpai

Salah satu hal yang sering dirindukan mahasiswa saat kuliah ke luar negeri adalah makanan. Berbeda dengan negara pada umumnya, di negeri kincir angin ini Anda gampang menjumpai tempat yang menjual masakan Indonesia. Mulai dari restoran mewah hingga warung sederhana.

Pemiliknya kebanyakan orang Indonesia asli atau keturunan yang sudah menetap di Belanda. Berbagai masakan rumahan dapat kalian jumpai. Sebut saja sambal goreng krecek, bebetok ayam, gado-gado sampai sate. Tak perlu lagi dilanda home sick berkepanjangan.

Bila lebih hemat dengan membuat masakan sendiri, Anda dapat membeli bahannya di toko bahan makanan Asia. Di sana Anda akan menjumpai sambal terasi, kerupuk, ikan asin serta bumbu dapur yang super lengkap.

Mulai tertarik melanjutkan studi S2 ke Belanda? Segera cari informasi mengenai kampus serta tawaran beasiswa yang bisa Anda ambil.

Be the first to write a comment.

Your feedback