5 Aktivitas Ini Bisa Membantu Meningkat kan Skill Bicara Anak

Jessica,
0
Meningkat kan Skill Bicara Anak

Semua orang tua pasti ingin anaknya memiliki kemampuan public speaking yang baik. Untuk memulainya, yang harus Anda lakukan adalah melatih kemampuan bicara nya sejak dini. Anak-anak usia TK misalnya, mereka akan menemukan kata-kata baru setiap hari nya. Anda bias membantu meningkatkan skill bicara anak dengan melakukan berbagai aktivitas.
Dari sekian banyak cara untuk meningkatkan skill bicara anak, beberapa aktivitas berikut akan sangat membantu jika dilakukan di rumah maupun di sekolah. Apasaja?

Bermain Drama

Meningkat kan Skill Bicara Anak

reznezgallery.com

 

Di usia TK, bermain drama merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk membantu meningkatkan skill bicara anak. Mereka akan dilibatkan dengan berbagai skenario, berperan menjadi orang lain dan merancang kata-kata sesuai dengan peran yang mereka mainkan. Anak akan berinteraksi dengan temannya dan berusaha merancang bahasa verbal maupun non verbal agar drama yang dimain kan menjadi masuk akal.
Siapkan beberapa properti dan kostum. Biarkan anak berkreasi dengan kata-kata nya sendiri dan meng ekspresikan diri dalam permainan ini. Anda juga bias menyesuaikan tema drama dengan apa yang baru dia pelajari di sekolah atau berdasarkan film yang baru selesai Anda tonton dengannya.

Memprediksi Cerita

Meningkat kan Skill Bicara Anak

nakita.grid.id

 

Membaca juga menjadi salah satu cara yang bias mengembangkan kemampuan bicara anak. Saat membaca, mereka akan mendengar kata-kata baru. Dari sana mereka akan mencoba memahami apa makna nyaberdasarkan konteks kalimat. Membaca cerita juga bias membantu anak memahami struktur kalimat dan kemampuan komunikasi verbal mereka.
Untuk merangsang anak menggunakan kemampuan berbahasanya, ajak mereka memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya di dalam cerita. Anda bias menghentikan cerita di tengah-tengah sembari mengajak mereka menebak apa yang terjadi pada siprotagonis. Jika buku yang digunakan adalah cerita bergambar, ajak dia melihat gambarnya dan biarkan sikecil bercerit asesuai dengan pemahamannya akan ilustrasit ersebut.

Berbagi Cerita

 

Meningkat kan Skill Bicara Anak

talithalubis.com

 

Untuk para guru, berbagi cerita bias dilakukan dengan cara memanggil satu persatu anak ke depan kelas untuk menceritakan sesuatu. Ambil satu tema, misalnya mainan yang paling dia sukai. Biarkan anak menunjukkan mainan itu kepada teman-temannya dan menceritakan hal menarik dan kenapa dia menyukai mainan itu. Izin kan anak-anak untuk saling bertanya dalam sesi ini.
Orang tua bias melakukan hal yang sama di rumah. Minta sikecil menunjukkan hasil pekerjaannya di sekolah atau minta dia bercerita tentang kejadian menarik yang di alaminya hari ini. Ini adalah cara mudah yang efektif untuk meningkatkan skill bicara anak.

Bermain Tebak-tebakan

Meningkat kan Skill Bicara Anak

lifestyle.okezone.com

 

Coba ambil satu kantong plastic atau tas dan masuk kan satu objek ke dalamnya. Dengan tas itu, ajak anak bermain tebak-tebakan. Anda bias memberikan petunjuk tentang barang apa yang ada di dalam tas pada si kecil. Dari petunjuk yang Anda berikan, dia akan mencoba menggali ingatan dan pengetahuannya tentang barang yang ada di dalam tas. Ketika anak sudah berhasil menjawab, ganti dengan barang lain. Usaha kan untuk menggunakan sebanyak-banyaknya kalimat dalam deskripsi yang Anda berikan pada nya.

Question of the Day

Meningkat kan Skill Bicara Anak

orami.co.id

 

Model ‘Question of the Day’ ini bias memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan bicara sekaligus membagikan jawaban dengan pemikiran mereka. Pertanyaan yang Anda buat sebaik nya adalah pertanyaan yang jawaban nya merangsang anak untuk berpikir.

Misalnya, Anda bias menanyakan pada nya buku atau film apa yang ingin dia tonton di akhir pecan nanti dan kenapa dia ingin menonton nya. Anda juga bias sekalian merangsang imajinasi nya dengan bertanya, “Seandainya kamu jadi presiden, apa yang akan kamu lakukan pada orang-orang miskin?” dan pengandaian-pengandaian lain nya.

Itu lah 5 aktivitas kreatif yang bias di lakukan baik oleh guru maupun orang tua untuk membantu meningkat kan skill bicara anak.

Be the first to write a comment.

Your feedback