4 Hal yang Membuat Anda Lama Lulus Kuliah

Jessica,
0
Lama Lulus Kuliah

Musim kelulusan telah tiba. Maka, sebentar lagi adik – adik yang baru lulus SMA akan menjadi mahasiswa baru di kampus kesayangan masing – masing. Di kampus baru, tentu mereka akan memiliki mimpi-mimpi baru dan harapan yang harus dicapai; salah satunya lulus cepat.

Ya, setiap mahasiswa, pasti selalu ingin lulus kuliah cepat. Namun, pada kenyataannya beberapa mahasiswa harus menghadapi musibah alias menelan pil pahit karena harus menjadi mahasiswa abadi. Tidak kunjung lulus kuliah merupakan sebuah mimpi buruk. Tentu, bagi mahasiswa baru, bencana seperti ini jangan sampai menimpa mereka. Memangnya, apa sih penyebab lama lulus kuliah? Ini dia jawabannya:

Karena terlalu aktif di berbagai organisasi

Lama Lulus Kuliah

pixabay.com

Menjadi mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi memanglah baik. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti melatih keterampilan, menambah relasi dan koneksi, bahkan dengan ikut berbagai organisasi, akan memberikan banyak sekali pengalaman yang tidak bisa Anda dapatkan di bangku perkuliahan.

Namun, hal tersebut justru akan menjadi malapetaka jika Anda terlalu fokus pada organisasi yang Anda ikuti dan lalai pada tugas utama Anda sebagai mahasiswa, yaitu belajar.

Nah, mengikuti organisasi itu boleh dan baik. Namun sebaiknya, Anda harus memiliki komitmen dan bisa membagi waktu dengan bijak supaya tidak keteteran dan lama lulus kuliah.

Cinta monyet

Lama Lulus Kuliah

pixabay.com

Siapa, sih, yang tidak ingin menciptakan kenangan indah di setiap detiknya bersama pasangan? Tentu saja tidak ada. Menghabiskan waktu bersama sang pacar begitu menyenangkan. Berangkat kuliah bersama, mencuri-curi waktu kuliah untuk berduaan, jajan bareng di kantin, momen – momen sederhana seperti itu pasti akan menjadi bermakna bagi beberapa pasangan terutama para mahasiswa.

Eits, tetapi bukan berarti terus menerus bersama pacar itu dibenarkan lho, ya. Sebab, yang demikian bisa membuat Anda lama lulus kuliah. Jadikanlah pacaran sebagai semangat untuk cepat lulus kuliah. Jangan mau menjadi bucin alias budak cinta. Namun, jadikanlah cinta sebagai suplemen untuk bisa meraih cita-cita. Setuju?

Terlena oleh bisnis

Lama Lulus Kuliah

pixabay.com

Menjadi mahasiswa millenial memang menyenangkan. Banyak hal yang bisa kita ekspor, terutama hobi yang bisa diuangkan.

Beberapa mahasiswa suka berbisnis online seperti menjual pakaian online, atau suka menyalurkan hobi yang bisa diuangkan seperti nge-vlog, menulis, menjadi pekerja lepas, menjadi blogger, selebgram, atau pekerjaan – pekerjaan lain yang lebih menyenangkan dan bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Hal tersebut tentu baik, karena bisa menambah penghasilan.

Namun, jangan sampai Anda terlena hingga lupa kewajiban utama sebagai mahasiswa. Berbisnis boleh, asal kuliah juga harus tetap jalan.

Berseteru dengan dosen killer

Lama Lulus Kuliah

pixabay.com

Dari zaman baheula sampai sekarang, dosen killer memang sering menyulitkan kelulusan mahasiswa. Apalagi jika mahasiswa tersebut idealis dan tak mau mengalah, maka dijamin akan lama lulus kuliah.

Nah, jangan membuat masalah dengan dosen galak. Lebih baik turunkan ego saat menghadapinya, karena hanya dengan cara itulah dosen galak tidak akan terlalu mengganggu keberlangsungan hidup Anda di bangku perkuliahan.

Jadi, itulah alasan kenapa ada banyak mahasiswa yang tidak kunjung lulus kuliah. Jadi, persiapkanlah diri Anda sebagai mahasiswa baru baik-baik. Jangan sampai terlena dengan hal-hal sepele yang membuat lama lulus kuliah.

Be the first to write a comment.

Your feedback