Uang Jajan Sering Habis? Lakukan 7 Cara Menghemat Uang untuk Pelajar

Jessica,
0
Menghemat Uang

Biaya pengeluaran seorang pelajar bisa jauh lebih mahal dari seharusnya. Buku pelajaran, alat tulis, biaya sekolah, hingga pengeluaran saat bermain bersama teman-teman menghabiskan banyak biaya. Menghemat uang untuk pelajar itu penting karena untuk mencegah uang saku minus setiap bulannya.

Terdapat cara sederhana bagi siswa untuk menghabiskan sedikit uang, menabung banyak, namun tetap memiliki kehidupan yang baik. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

  1. Lakukan pencatatan pengeluaran

Cara menghemat uang untuk pelajar adalah melakukan pencatatan keuangan. Memang bukan pekerjaan yang menyenangkan, tetapi ini merupakan cara terbaik agar kamu tidak menghabiskan banyak uang.

Sebagai pemula, buatlah tabel yang berisi pemasukan dari uang beasiswa, orang tua, atau gaji kerja paruh waktu. Kemudian catat pengeluaran rutin seperti uang kos, uang makan, atau biaya kuota internet. Kamu akan melihat seberapa banyak uang yang dikeluarkan setiap bulannya.

  1. Pintar belanja makanan

Makanan adalah salah satu pengeluaran terbesar. Membeli produk keluaran supermarket itu lebih hemat daripada beli produk dengan merk ternama. Beberapa supermarket juga biasanya mengadakan potongan harga di akhir bulan.

Masak sendiri lebih hemat daripada jajan di luar. Selain itu, kemampuan memasak kamu dapat meningkat. Membuat roti lapis sendiri jauh lebih hemat daripada beli roti lapis di kedai kopi setiap harinya.

  1. Hemat uang transportasi

Jika sekolah kamu dilewati oleh bus sekolah yang disediakan oleh pemerintah, sebaiknya gunakan hal tersebut. Jika tidak, sebaiknya gunakan kendaraan umum atau sepeda. Selain itu, kalau kamu kuliah di luar kota dan harus sewa indekos, sebaiknya pilih indekos yang dekat kampus sehingga kamu bisa jalan kaki. Ini bisa jadi trik menghemat uang untuk pelajar.

  1. Gunakan fasilitas diskon untuk pelajar

Beberapa toko dan kedai makanan memberikan diskon khusus dengan memperlihatkan kartu pelajar. Meskipun mereka tidak mengiklankan hal ini, kamu bisa bertanya kepada mereka jika fasilitas potongan harga tersebut tersedia atau tidak.

Kamu bisa bertanya lowongan kerja paruh waktu di toko favoritmu. Kamu bisa menggunakan fasilitas diskon karyawan kalau kamu diterima.

  1. Beli buku pelajaran bekas

Buku pelajaran bisa mahal. Untungnya kamu tidak perlu membeli semua daftar buku tersebut. Salah satu cara menghemat uang untuk pelajar adalah meminjam buku di perpustakaan atau beli buku bekas dari kakak kelas. Jika bukumu dalam kondisi baik, kamu bisa menjualnya ke adik kelas saat sudah tidak terpakai.

  1. Hindari beli barang secara impulsif

Niat cuci mata di mal atau marketplace bisa berakhir jadi membeli barang yang tidak diperlukan. Jika ini sudah jadi kebiasaan, maka ini akan menghabiskan uang jajanmu. Pertimbangkan jumlah uang kamu miliki dan hal yang kamu butuhkan. Jika kamu melihat barang yang kamu inginkan atau butuhkan, pikir ulang selama satu hari atau satu minggu. Memberi jarak antara dirimu dan keinginanmu akan membuat kamu terhindar dari beli barang secara impulsif.

  1. Diam di rumah

Beberapa pelajar ingin pergi ke kafe, nonton bioskop, atau nonton konser. Meskipun ini menyenangkan, kegiatan ini sangat menguras dompet. Untuk berhemat, gunakan waktu luang kamu di rumah. Kamu bisa mengerjakan hobi seperti menulis atau membaca buku, berlatih alat musik, atau undang teman-teman ke rumah.

Cara penting menghemat uang untuk pelajar adalah memiliki tabungan di bank. Beberapa orang terbiasanya menyisihkan uang saku sisa di akhir bulan untuk ditabung. Sebaiknya, sisihkan sekitar 10 persen dari uang jajan untuk ditabung di awal bulan. Meskipun sedikit, pasti lama-lama menjadi bukit.

Be the first to write a comment.

Your feedback