Tips Sukses Kuliah bagi Para Lulusan SMA

Jessica,
1
Source - pixabay

Tidak dimungkiri kalau nilai ujian yang bagus saja tidak cukup untuk masa depan cerah. Jika kamu berniat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi alih-alih bekerja setelah lepas SMA, maka hal-hal inilah yang harus kamu capai saat kuliah.

Dengan memperhatikan 6 tips sukses kuliah ini, dijamin masa mahasiswamu akan terisi dengan baik dan kamu akan siap untuk tantangan selanjutnya!

  1. Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas yang Baik
Source - pixabay

Source – pixabay

Hal pertama yang kamu lakukan adalah memilih jurusan kuliah. Nah, ini sangat tergantung pada minat, bakat, dan cita-citamu. Entah kamu ingin menjadi wirausahawan atau bekerja di perusahaan, ingatlah bahwa sukses kuliah berarti kamu memiliki kemampuan spesifik sesuai jurusan yang dipilih. Bagi yang ingin bekerja, mulailah cari perusahaan-perusahaan yang menerima lulusan dari jurusanmu sehingga kamu lebih terbayang lapangan pekerjaanmu.

Jangan sampai kamu memilih universitas abal-abal hanya karena banyak kemudahan yang kamu dapat. Kualitas universitas bisa dilihat melalui akreditasi, kurikulum, dan evaluasi belajar-mengajar.    

  1. Terlibatlah dalam Kegiatan Mahasiswa

Terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan akan membantumu mengelola waktu antara kuliah dan organisasi. Kamu juga akan belajar cara mengelola dan dikelola orang lain. Kemampuan semacam ini sangat dibutuhkan sebab kebanyakan pekerjaan membutuhkan kepemimpinan dan kerja sama tim yang baik.

Kegiatan kemahasiswaan ada yang sifatnya umum dan spesifik. Kegiatan kemahasiswaan umum biasanya berhubungan dengan olahraga, sosial, bahasa, dan seni. Sedangkan kegiatan kemahasiswaan spesifik biasanya berhubungan dengan profesi/jurusan yang kita pilih.   

Tergabung dalam kegiatan mahasiswa juga memperbesar kemungkinanmu untuk bertemu dengan alumni-alumni yang sudah sukses kuliah dan berkarier. Kamu bisa bertukar cerita dengan mereka tentang dunia setelah kuliah sekaligus memperlebar jaringanmu. Bukan tidak mungkin, lo, kamu ditawari magang di tempat mereka.

  1. Asah Bahasa Asing dan Keterampilan Digitalmu
Source - Luyện-thi-IELTS-cấp-tốc-uy-tín-và-chất-lượng-từ-UE

Source – Luyện-thi-IELTS-cấp-tốc-uy-tín-và-chất-lượng-từ-UE

Kefasihan bahasa Inggris diakui jika terdapat sertifikat yang dapat membuktikannya. Umumnya, standar kompetensi bahasa inggris dilihat dari skor TOEFL 500-550 atau IELTS 5.5-6.5. Kamu juga bisa mengambil kursus bahasa asing lain sebagai tambahan keterampilan.

Jangan bilang kamu menguasai Office Suites kalau membuat Pivot Table atau fungsi di spreadsheet saja tidak bisa. Kamu pantas disebut menguasai jika kamu bisa menggunakan lebih dari 80 persen fitur-fitur yang ada di perangkat lunak tersebut.  Kamu mungkin tertarik juga mempelajari software yang berhubungan dengan jurusanmu. Misalnya, perangkat lunak statistik, grafis, akunting, formulasi pakan, dan lain-lain.

Di internet, ada banyak sekali e-book gratis yang memberikan tips dan tutorial cara penggunaan software ini. Kuncinya, jangan malas mengembangkan diri.  

  1. Mendapatkan Pengalaman Kerja saat Masih Kuliah

Beberapa perusahaan menerima fresh graduate pada saat kelulusan. Namun, pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan akan menambah poinmu. Cara mendapatkan pengalaman pekerjaan adalah dengan mengajukan permohonan magang secara resmi di perusahaan incaran.

Pengalaman kerja juga bisa diperoleh dengan bekerja paruh waktu. Kalau kamu berminat bisnis, ada banyak program kewirausahaan mahasiswa (start-up) yang bisa kamu  ikuti. Hitung-hitung merintis usaha sejak kamu berstatus sebagai mahasiswa.  

  1. Jaga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)-mu
Source - pixabay

Source – pixabay

Meskipun menjadi pertimbangan kesekian bagi para head hunter, bukan berarti kamu cuek dengan nilai IPK-mu. Perusahaan biasanya lebih memilih lulusan yang memiliki IPK antara 2,75-3,5. IPK tinggi juga dibutuhkan jika kamu berniat melamar beasiswa bergengsi untuk kuliah lanjutan.

  1. Perlebar Jaringan Sosial

Seperti kata pepatah: “Punya teman seribu orang masih kurang, punya satu musuh sudah terlalu banyak”

Kamu tidak akan pernah rugi memiliki teman yang banyak. Jagalah komunikasimu dengan mereka. Pekerjaan yang kamu dapat nanti mungkin berasal dari informasi temanmu. Mereka bisa saja jadi partner bisnis, konsumen loyal, dan bahkan pintu peluangmu untuk kesempatan yang lebih besar.

Ingat, ya, untuk memiliki teman sejati yang sukses kuliah bersama, semuanya dimulai saat kamu mengenal mereka. Jagalah kepercayaan mereka dan penuhi janjimu. Jaringan sosial yang baik adalah yang membawa manfaat bagi semua pihak.  

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar sukses kuliah. Nah, mudah-mudahan kamu sudah terinspirasi cara menggunakan waktu kuliahmu, ya!

Feedback

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5495