Rayu Anak Pakai Masker Dengan Cara Ini

Charles,
0
anak pakai masker

Tidak hanya kita sebagai orang dewasa yang wajib memakai masker ketika sedang berinteraksi atau keluar rumah, tetapi anak-anak juga harus pakai masker, kita sendiri harus rayu anak pakai masker dengan susah, karena biasanya anak tidak betah memakai-nya.

Menggunakannya bisa mengurangi risko tertular berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19 yang kini menjadi pandemi global, pemerintah sendiri sudah mengatakan bahwa ketika sedang keluar rumah, kita harus memakainya.

Memakaikannya kepada anak juga tentu saja tidak mudah, karena anak tidak betah memakai hal tersebut, mereka sendiri tidak merasa betah saat memakainya, karena itu ini adalah tips agar mereka mau mengenakan dan merasa nyaman ketika memakai-nya.

Berikan pengertian kepada anak

Salah satu bagian terpenting untuk anak mau memakai-nya adalah dengan memberikan rasa percaya kepada anak anda dengan berkomunikasi, anda bisa berikan alasan mengapa mereka harus memakainya.

Jelaskan keamanan ketika mereka memakainya, cara menggunakan, dan apa akibat jika mereka tidak memakainya, anda bisa menjelaskan hal tersebut sesuai umur anak anda.

Ketika anak masih berusia dibawah dua tahun, anda bisa memberikan penjelasan dengan kalimat yang tidak terlalu panjang, dan ketika anak sudah berusia tiga tahun ke-atas, maka anda bisa menjelaskan secara detail dan juga rasional.

Berikan penjelasan kepada mereka hingga mereka paham, dan kedepannya mereka akan dengan mudah memakainya tanpa anda minta mereka untuk mengenakannya.

Jadilah contoh

Anda juga harus menjadi contoh dimana anak-anak biasanya lebih mudah mengikuti orang dewasa ketika mereka diberi tahu, dan ketika mereka ingin mengenakan masker, maka anda sebagai orang tua bisa memakainya terlebih dahulu.

Jika anda menjadi contoh yang baik, maka mereka juga akan mengenakan dan mencontoh anda, dan ketika anda sedang keluar rumah, anda juga harus memakai-nya agar anak anda bisa memperagakan apa yang anda lakukan.

Dan apabila anda sudah begitu, maka anda akan mudah mengajak anak anda untuk mengenakannya ketika sedang keluar dari rumah.

Gunakan ukuran yang tepat

Setelah anak anda ingin mengenakannya, maka anda harus memperhatikan kenyamanan sang anak ketika memakai-nya, jangan memakaikan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena jika anak sudah merasa tidak nyaman, maka mereka tidak akan memakainya.

Dan ketika mereka sudah tidak ingin memakainya karena sudah merasa tidak nyaman, maka itu akan menjadi hal yang bahaya karena akan sulit bagi si kecil memakai masker itu kembali, jadi berikanlah masker yang cukup pas untuk anak anda, saat ini banyak yang sudah menjual masker untuk ukuran anak-anak maupun balita.

Biarkan anak yang memilih

Agar anak tertarik mengenakan masker, anda bisa membiarkan anak anda memilih motif atau model masker yang mereka inginkan untuk mereka kenakan, dan jika anak sudah memilih salah satu model, maka anda bisa membelikannya dan memberikan kepada anak anda.

Anda bisa menjadikannya sebuah hal yang menarik mereka sehingga mereka akan memakai-nya.

Jika anda tidak ingin membeli, maka anda bisa mengajak anak anda untuk membuat-nya bersama anda di rumah bersama-sama, hal itu juga bisa membuat anak anda memiliki keterikatan dan ingin mengenakannya.

Jangan memaksa

Apabila anda berpikir anda harus memarahinya ketika ia tidak ingin memakainya, itu adalah hal yang salah, karena anda bisa memberitahu alasan apa yang bisa terjadi jika mereka tidak memakai masker tersebut, dan tentu saja anda bisa merayu anak anda dan menjelaskannya.

 

Menjelaskan kepada anak anda secara baik-baik lebih bijaksana dibandingkan anda langsung memarahi anak anda karena tidak ingin memakai-nya.

Be the first to write a comment.

Your feedback