Plus Minus Jika Kakak Adik Tidur Di Satu Kamar Yang Sama 

Vana Vana,
0
Kakak Adik Satu Tempat Tidur

Hubungan keluarga tentu saja selalu di-idamkan untuk selalu harmonis, hal tersebut juga terjadi tidak hanya antara orang tua dan anak, tetapi tentu saja perlunya keharmonisan tersebut antara saudara kandung yang bisa dijalin dengan kakak adik tidur di satu kamar yang sama.

Dan jika Anda berpikir untuk mendekatkan antara adik dan kakak dengan cara tidur sekamar itu bisa menjadi pilihan, tetapi sebelum itu Anda lakukan, berikut adalah kelebihan maupun kekurangan ketika Anda membiarkan kakak adik tidur sekamar.

Menurut penelitian pada tahun 2012, memberikan info tentang peran penting kehadiran saudara kandung.

Studi tersebut mengatakan bahwa saudara memiliki faktor penting sebagai sahabat, orang yang bisa dipercaya, dan juga sebagai pembanding sosial, mereka bisa saling mempengaruhi satu sama lain.

Hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan anak Anda satu sama lainnya, sang adik akan menjadi kakaknya sebagai panutannya dan sang kakak akan menjadi adiknya dan membuat kakak akan memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga adiknya dengan baik dan benar.

Beberapa cara mempererat hubungan tersebut salah satunya adalah menempatkan kakak dan adik dalam satu kamar tidur yang sama, tetapi hal tersebut ada kekurangan dan kelebihan, berikut adalah penjelasan mengenai dua hal tersebut.

Berikut adalah keuntungan ketika Anda memutuskan membiarkan kakak dan adik tidur dalam satu kamar.

  • Mempererat Ikatan

Mendekatkan hubungan antar saudara kandung tidak saja cukup dengan membiarkan mereka bermain bersama, mungkin mereka butuh waktu lagi untuk menghabiskan bersama, nah waktu tidur tersebut akan menjadi peluangnya.

Membiarkan kakak dan adik tidur di satu kamar dapat membuat mereka saling memahami satu sama lain, terutama jika si adik tidak bisa tidur sendiri, maka si kakak akan mencoba menemani si adik, sebelum tidur, kakak dan adik tentu saja akan mengobrol mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

  • Membuat Anak Berlatih Untuk Berbagi

Membiarkan keduanya tidur sekamar juga bisa mengajarkan anak-anak Anda untuk saling berbagi, belajar berbagi tentu saja akan membuat emosi dalam diri anak Anda bergejolak, seperti empati, simpati, dan sifat murah hati akan tumbul sendirinya ketika mereka tidur bersama.

Tidur sekamar juga bisa mengajarkan sang kakak dan si adik untuk memahami peraturan dan batasan apa yang mereka harus lakukan, contoh adalah jika si adik tidak boleh tidur di kasur si kakak, atau tidak si adik tidak boleh makan di kasur si kakak, dan berlaku juga sebaliknya untuk si kakak ketika mereka sudah tidur sekamar.

Berikut ini juga adalah kekurangan jika kakak dan adik tidur sekamar

 

  • Anak Tidak Leluasa

Meski terdapat keuntungan, ada kekurangan juga ketika Anda membiarkan saudara kandung tersebut tidur sekamar, salah satunya adalah anak tidak leluasa untuk memakai seluruh isi kamarnya.

Jika sang kakak sangat menyukai tema bunga, maka sang kakak tentu saja tidak bisa mendekorasi kamar-nya dengan tema tersebut, terlebih jika si adik menyukai tema lain yang akan membuat keduanya akan bertengkar karena hal tersebut.

Hal tersebut bisa membuat pertengkaran di antara kedua kakak beradik tersebut.

 

  • Tidak Memiliki Privasi

Kakak dan adik untuk tidur sekamar juga akan membuat mereka merasa tidak memiliki privasi, padahal setiap anak membutuhkan ruang untuk diri mereka sendiri.

Entah itu mengerjakan sesuatu dengan tenang, merias kamar sesuai keinginannya dan memberikan waktu untuk mereka ketika mereka sedang sedih atau ketika mereka sedang ingin sendirian.

Semakin dewasa, anak akan mengalami perubahan pada pertumbuhan mereka, dan tentu saja hal tersebut akan membuat si anak perlu menjaga dirinya dari pAndangan dan sentuhan orang lain, termasuk saudara kandung mereka sendiri.

Sebenarnya, boleh-boleh saja membiarkan anak tidur di kamar yang sama, namun lebih baik Anda bertanya dulu apakah si kakak atau si adik mau atau tidak, jangan memaksakan jika sang kakak atau sang adik menolak hal tersebut.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback