Penting untuk Kamu Ketahui! Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berpendidikan Tinggi!

Jessica,
0
Harus Berpendidikan Tinggi

Sekolah merupakan tahapan yang harus dilalui untuk menghadapi fase berikutnya yaitu dunia kerja. Tetapi terkadang kamu berpikir, “kenapa aku harus repot-repot pergi ke sekolah?” atau “untuk apa harus berpendidikan tinggi kalau ujung-ujungnya aku jadi rumah tangga?” Jika salah satu dari pertanyaan di atas sempat terlintas di benakmu, itu artinya kamu perlu membaca artikel ini sampai habis.

Untukmu yang masih bersekolah atau sudah menjadi mahasiswa, kamu harus mengetahui alasan mengapa kamu harus berpendidikan tinggi agar kamu termotivasi untuk menjadi siswa yang cemerlang. Yuk, simak!

Pendidikan sebagai bekal kehidupan

Harus Berpendidikan Tinggi

sumber : madaris3annuqayah.blogspot.com

 

Sebosan-bosannya kamu dengan rutinitas sekolah atau kampus, yakinkan dirimu bahwa apa yang sedang kamu jalani ini akan berguna suatu saat nanti. Misalnya pada saat kamu sedang mencari pekerjaan, atau ketika kamu memutuskan untuk menggunakan pengetahuanmu semasa sekolah untuk menjadi seorang wirausaha.

Jika lulus nanti kamu ingin mencari pekerjaan, tak dimungkiri lagi bahwa mayoritas perusahaan memerlukan karyawan dengan jenjang pendidikan yang tinggi. Semakin tinggi jabatan yang ditawarkan, tentunya kamu harus berpendidikan tinggi pula. Dan tentunya kamu akan berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Bila kamu memutuskan untuk berwirausaha, ilmu kewirausahaanmu akan membantumu untuk memilih usaha apa yang akan dijalani. Ilmu manajemen kelak akan digunakan untuk mengatur operasional usahamu. Kamu juga akan memerlukan ilmu akuntansi untuk mengelola keuanganmu, ilmu perpajakan untuk mengetahui kewajibanmu membayar pajak pada negara, ilmu psikologi untuk mengetahui kebiasaan pelangganmu, ilmu periklanan untuk memasarkan usahamu. Pengetahuan-pengetahuan ini tentunya bisa digunakan untuk mengembangkan usahamu.

 

Memperluas ilmu pengetahuan

Harus Berpendidikan Tinggi

sumber : arfadia.com

 

Alasan lainnya mengapa kamu harus berpendidikan tinggi, yakni kamu akan mempelajari banyak hal. Kamu akan mengetahui hal-hal yang belum diketahui sebelumnya, memahami nilai-nilai yang diajarkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupanmu. Seketika kamu akan memahami betapa luasnya dunia ini dan betapa sedikitnya hal yang kamu ketahui. Inilah yang akan membuatmu menjadi seorang yang bijak tetapi tidak sok tahu.

Suatu saat nanti ketika kamu menjadi orangtua, kamu bisa mengajari anak-anakmu tentang pengetahuan yang telah kamu peroleh sebelumnya. Orangtua yang cerdas tentunya akan menghasilkan anak-anak yang cerdas pula. Dengan itu, kamu berkontribusi juga dalam kampanye mencerdaskan bangsa.

 

Membentuk pola pikir yang lebih dewasa

Harus Berpendidikan Tinggi

sumber : adamandbinki.com

 

Saat kamu mempelajari banyak hal seperti nilai-nilai kebenaran, filsafat, humaniora, dan mengaplikasikannya dalam hidupmu, otomatis pola pikirmu akan terbentuk menjadi lebih dewasa dalam berpikir dan dewasa dalam bertindak. Kamu dapat mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Kamu tak lagi memikirkan dirimu sebab kamu memiliki rasa empati kepada orang lain, memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan, dan kemanusiaan.

 

Mengembangkan minat dan bakat

Harus Berpendidikan Tinggi

sumber : Kompasiana.com

 

Seiring berjalannya waktu ketika mengenyam pendidikan, kamu akan mengetahui jati dirimu yang sesungguhnya. Pelajaran apa yang kamu kuasai dan pelajaran apa yang kamu lemah sehingga kamu lebih memahami dirimu sendiri. Kemudian kamu bisa mengetahui minat dan bakatmu dan mengembangkannya lagi dengan mengikuti kegiatan tambahan seperti ekstrakurikuler ataupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

 

Menjadi pribadi yang lebih baik

Harus Berpendidikan Tinggi

sumber : pkbmdaring.kemdikbud.go.id

 

Kamu akan dicap sebagai ‘orang yang berpendidikan’ ketika kamu tak hanya memiliki pengetahuan yang luas dan gelar yang tinggi, namun juga ketika kamu mempunyai sifat yang terpuji. Dengan pendidikan, kamu mengetahui dampaknya jika berkata kasar, menyakiti hati orang lain, mencegahmu berbuat hal-hal negatif serta bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Kamu akan lebih berempati terhadap orang lain sehingga tidak berbuat semena-mena terhadap mereka.

 

Nah, sekarang kamu jadi paham kan mengapa kamu harus berpendidikan tinggi? Percayalah, bahwa apa yang kamu pelajari di kelas takkan pernah sia-sia. Yuk, tetap semangat untuk menuntut ilmu untuk masa depan yang lebih baik!

Be the first to write a comment.

Your feedback