Mengenal 7 Manfaat Home Schooling Bagi Anak

Jessica,
0
Manfaat Home Schooling

Home Schooling adalah salah satu metode pendidikan untuk anak yang bisa Anda terapkan.

Seperti namanya, home schooling adalah sebuah metode pendidikan informal yang menerapkan sistem sekolah di rumah. Home schooling membantu anak belajar tanpa harus perlu berangkat ke sekolah setiap hari. Anak tidak harus berangkat sebelum jam 7 pagi atau apel setiap hari Senin.

Mulai dari metode belajar, materi yang diajarkan, hingga lokasi belajar bisa ditentukan sendiri. Saat ini sudah banyak orangtua yang memilih home schooling untuk pendidikan anaknya. Mungkin masih banyak yang belum mengenal sistem pendidikan ini. Berikut 7 manfaat home schooling bagi anak:

 

Belajar Lebih fleksibel

Manfaat Home Schooling

statisticbrain

 

Karena merupakan sistem pendidikan informal, tidak ada aturan baku terkait sistem pendidikannya. Belajar dengan lebih fleksibel adalah salah satu manfaat home schooling yang cukup terasa. Anda dapat dengan leluasa menentukan apa dan bagaimana sistem belajarnya. Mulai dari tempat, kurikulum, guru, dan materi yang akan diberikan. Semua tergantung pada kebutuhan anak itu sendiri. Sangat berbeda dengan sekolah formal yang segala sesuatunya sudah diatur.

 

Pergaulan yang Aman

Manfaat Home Schooling

bloglalaelelebrinquedos

 

Beberapa orangtua mungkin merasa khawatir dengan pergaulan anaknya saat di sekolah. Dengan menerapkan sistem home schooling pada anak, Anda bisa memantau langsung pergaulannya tanpa merasa terlalu khawatir.

Saat ini setiap daerah juga sudah terdapat komunitas home schooling. Jadi tidak benar bahwa home schooling dapat mengurangi sosialisasi anak. Justru dengan home schooling, anak akan diajarkan bergaul dengan berbagai usia, bukan hanya dengan yang seumuran.

 

Potensi Lebih Dikembangkan

Manfaat Home Schooling

sheknows

 

Setiap anak tidak akan mampu mahir di semua bidang karena mereka terlahir dengan potensi yang berbeda-beda. Sudah menjadi tugas orangtua untuk membantu mengembangkan potensi tersebut.

Manfaat home schooling selanjutnya adalah dapat mengembangkan potensi anak. Anda dapat dengan bebas menentukan materi pelajaran apa saja yang akan diberikan atau difokuskan. Dengan begitu potensi anak akan lebih terasah.

 

Suasana Belajar Lebih Menyenangkan

Manfaat Home Schooling

worcestermag

 

Belajar dengan menyenangkan akan membantu anak menyerap pelajaran dengan lebih baik. Home schooling adalah memiliki sistem pendidikan yang fleksibel, bisa di mana dan kapan saja. Anak tidak akan merasa bosan dengan suasa belajar yang itu-itu saja. Sangat berbeda dibandingkan sekolah formal yang cenderung serius.

 

Membentuk Kepribadian

Dengan terfokus pada potensi anak tanpa mengesampingkan ajaran-ajaran penting lainnya, pendidikan dengan sistem home schooling dapat membentuk karakter anak. Memahami pelajaran-pelajaran lain memang penting, tapi potensi anak adalah bekal utama di masa depan yang harus diasah dengan baik sehingga membentuk kepribadian.

 

Suasana Belajar Kondusif

Manfaat Home Schooling

Beritatangsel

 

Kondisi belajar jauh lebih kondusif karena guru hanya mengajar satu orang saja secara spesial. Lebih nyaman, tenang, dan bersahabat untuk anak. Berbeda dibandingkan sekolah formal yang terkadang ribut atau pelajaran yang diterima seringkali tidak maksimal karena guru harus memerhatikan banyak siswanya.

 

Anda akan Lebih Tahu Perkembangan Anak

Dengan sistem pendidikan yang bisa langsung dipantau, Anda akan lebih tahu bagaimana perkembangan anak. Kedekatan antara orangtua dan anak akan terjalin. Jadi manfaat home schooling bukan hanya untuk anak saja, tapi juga untuk orang tua yang ingin lebih dekat dengan anak.

Itulah 7 manfaat home schooling yang perlu Anda ketahui.  Home schooling tidak selamanya lebih baik dari sekolah formal, begitu juga sebaliknya. Yang terpenting adalah Anda harus memerhatikan apa yang diinginkan anak. Bukan berarti harus menuruti setiap yang diinginkan. Karena memaksakan kehendak orangtua pada anak juga tidak akan berimbas baik pada pendidikannya.

Anda bebas menentukan sistem pendidikan untuk anak Anda, apakah home schooling atau sekolah reguler. Semua sama baiknya, tergantung kebutuhan dan kondisi keluarga. Milih pendidikan untuk anak memang tidak boleh asal, karena ini akan menentukan bagaimana masa depannya.

Be the first to write a comment.

Your feedback