Mengenal Ilmu Pengetahuan Alam dengan Pendekatan Langsung, Sambil Berwisata untuk Anak

Jessica,
0
Mengenal Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA ini, adalah salah satu ilmu dasar yang patut dipelajari semua anak di Indonesia. Jika berbicara IPA, maka Anda perlu berkenalan dengan beberapa jenis ilmu seperti fisika, kimia, dan biologi. Tapi, tidak semua anak senang belajar IPA. Barangkali termasuk anak Anda?

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda, khususnya sang buah hati mengenal ilmu pengetahuan alam dengan pendekatan langsung yang menyenagkan, yaitu dengan berwisata. Tertarik?

Menurut wikipedia, ilmu alam (nature science) adalah istilah yang dipakai untuk memperkenalkan rumpun ilmu pasti. Maksudnya, obyek yang dipelajari berupa benda-benda alam, dengan hukum yang berlaku umum di seluruh dunia. Banyak orang beranggapan, mereka yang jenius, piawai mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan alam ini. Padahal, faktanya tidak selalu seperti itu.

Ilmu pengetahuan alam perlu dipelajari sejak usia dini. Hal ini dibuat agar anak mengenal alam secara lebih baik. Salah satu pendekatan paling baik adalah mengajak langsung anak Anda ke tengah alam alias berwisata. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti terus pembahasannya di sini.

Wisata di sini maksudnya berpetualang menelusuri alam dan bumi.Perkenalkanlah aktivitas mengasyikkan ini sejak usia muda. Kelak jika dia dewasa, dia akan menghargai pengalaman tersebut. Dia pun dapat menikmati perjalanan wisata mengelilingi Indonesia serta dunia.

Seperti layaknya anak-anak, mereka senang berjalan-jalan bersama keluarga dan teman. Nah, aktivitas ini cocok dijadikan ajang untuk mengenalkan kepada anak cara mengenal ilmu pengetahuan alam. Destinasi wisatanya bisa saja berbeda-beda, misalnya ke pantai atau pegunungan. Namun yang perlu diperhatikan, tentukan dulu jenis ilmu pengetahuan alam apa yang akan diperkenalkan pada anak, saat berwisata.

Contohnya jika Anda ingin anak mengenal ilmu pengetahuan alam seperti biologi, mengapa tidak mengajaknya berwisata ke hutan raya? Di dalam hutan, Anda dapat memperkenalkan aneka tumbuhan beserta nama latinnya kepada anak. Itu termasuk mengenal ilmu pengetahuan alam, bukan?

Contoh lainnya, apabila Anda ingin anak mengenal ilmu pengetahuan alam, yaitu fisika. Barangkali objek wisata yang cocok untuk memperkenalkan ilmu tersebut adalah Planetarium. Di Planetarium, yang lokasinya berada di Jakarta ini, anak bisa belajar berbagai macam benda luar angkasa.

Baca juga:
Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika

Di Teropong Bintang Boscha yang lokasinya berada di Lembang Bandung ini, anak pun dapat langsung melihat bintang di langit, dengan teropong itu.

Ada pula contoh lainnya seperti mengajak anak Anda berwisata ke pantai atau pegunungan. Pemandangan alam di sana akan membuat anak kagum. Anda pun dapat mengajaknya mengenal ilmu pengetahuan alam, yang berhubungan dengan pantai atau gunung. Selain itu anak bisa diajak bersyukur, akan keindahan ciptaan Tuhan YME ini.

Tentu sebelum berangkat wisata, Anda perlu mempersiapkan diri dengan referensi bacaan serta ilmu yang mumpuni. Wisata juga membutuhkan perencanaan yang baik, sehingga tingkat keberhasilan saat mengajak anak belajar ilmu pengetahuan alam meningkat. Ayo, rencanakan perjalanan wisata tersebut bersama pasangan dan anak-anak, jauh hari sebelum pergi.

Bagaimana, mudah ya? Ternyata, cara menarik minat dan berusaha membuat anak mengenal ilmu pengetahuan alam tidak sesulit seperti yang dibayangkan, bukan? Oya, ada satu tambahan agar anak suka belajar IPA. Saat Anda mengenalkan beragam jenis tumbuhan seperti tertera dalam buku teks biologi, cobalah memakai bahasa Inggris. Anak makin tertantang untuk belajar bahasa Inggris, sambil mempelajari IPA. Anda siap berwisata?

Be the first to write a comment.

Your feedback