Me Time Sangat Penting Loh Untuk Ibu!

Vana Vana,
0
Me Time Untuk Ibu

Sebagai ibu adalah tugas yang paling berat yang tidak pernah disadari oleh orang-orang, banyak orang yang menilai bahwa mengurus rumah tangga adalah hal yang mudah, padahal tidak semudah seperti penilaian orang-orang ibu juga butuh waktu untuk me time. 

Butuh manajemen waktu yang baik, harus mengontrol emosi, keseimbangan peran, dan juga masih banyak beberapa hal lain-nya, dan tentu saja kewajiban tersebut biasanya dialami oleh sang ibu, mulai dari bangun tidur, mereka harus bisa menyiapkan makanan dan segala keperluan untuk sang anak dan juga suami mereka, bangun paling pagi dan tidur paling malam, tentu saja hal tersebut menjadi sangat melelahkan baik secara fisik dan juga emosi. 

Agar tidak lelah secara fisik dan juga emosi, penyegaran terbaik untuk seorang ibu adalah me time, me time sendiri adalah melakukan aktivitas untuk diri sendiri tanpa adanya orang lain, aktivitas tersebut dapat diisi dengan hobi atau merawat diri mereka. 

1. Bukan Sembarangan Aktivitas 

Me Time bukan saja hanya untuk penyegaran diri, tetapi hal tersebut bisa menstabillkan emosi sang orang tua, dengan hal begitu, maka ibu tidak gegabah untuk melakukan kegiatan apapun. 

Pada dasarnya, emosi seseorang tidak stabil jika seseorang memiliki tugas yang terus menerus dating tanpa henti, seperti merasa letih karena mengurus anak yang bawel dan juga tidak pernah istirahat, dan belum juga mengurus suami maupun rumah, untuk itu wanita karier sendiri akan menjadi lebih berat lagi tantangan yang mereka akan hadapi. 

Emosi adalah hal yang wajar karena semua orang harus bisa mengutarakan ekpresinya mereka sehingga terkadang marah tidak dapat menyelesaikan semuanya, seorang ibu sendiri harus memiliki me time agar dapat menjernihkan pikiran mereka. 

 

2. Bisa Sambil Beribadah 

Me Time sendiri juga bisa melakukan kegiatan agamis, ada juga yang senang melakukan me time dengan cara beribadah, dan tentu saja selama hal tersebut dilakukan dengan senang hati dan mengurangi stress, maka hal tersebut sah sah saja dilakukan, Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia memposting di Instagram milik-nya bahwa dirinya melakukan Me Time dengan cara berzikir 

“Saat penat, biasanya saya menarik nafas panjang dan memikirkan apa yang sebenarnya tengah terjadi, terkadang juga sholat, membaca buku, berzikir, dan juga melakukan yoga,” kata dia. 

Aktivitas Me Time dari mantan pejabat bank dunia ini selain itu adalah memasak, dirinya mengatakan sambil memasak, dirinya juga sambil berpikir. 

“Ketika melihat hasil masakan yang bagus dan masakannya yang enak, keluarga saya bisa menikmati, dan saya senang kalau telah berbuat sesuatu yang membuat orang lain senang,” kata Menteri Keuangan Indonesia tersebut. 

 

3. Ini Tanda Anda Perlu Me Time 

Tanda jika Anda membutuhkan me time adalah dimana ketika seorang ibu mengalami stress hingga depresi bahkan kadang mereka tidak menyadari hal tersebut, kondisi fisik lama kelamaan juga bisa bermasalah karena kondisi mental yang tidak sehat, dan hubungan antara suami dan anak-anak juga bisa bermasalah, dan untuk itu Anda harus membutuhkan waktu sendiri untuk beristirahat. 

Dan tanda-tanda apabila Anda membutuhkan me time adalah seperti ini. 

 

4. Marah Tak Terkendali 

Tanda-tanda apabila Anda perlu istirahat adalah ketika dirinya selalu marah, sering marah sebenarnya cara sehat untuk mengomunikasikan hal negatif atau dapat memotivasi seseorang untuk dapat menyelesaikan masalah, tetapi jika masalah sepele dijadikan masalah besar, maka itu juga akan menjadi masalah bagi Anda. 

Dapat dipahami sebagai ibu Anda memiliki banyak tanggung jawab yang tak pernah berakhir, dan tentu saja bisa membuat Anda kelelahan, dan saat rasa emosi memuncak, maka seluruh keluarga akan merasakan kemarahan Anda, dan tentu saja penting mengenai hal tersebut, dan Anda harus bicarakan dengan pasangan Anda kalan Anda butuh waktu sendiri untuk me time. 

 

5. Selalu Merasa Terganggu 

Merasa terganggu, tersinggung dengan hal hal kecil menAndakan Anda juga butuh me time, stress biasanya berjangka pendek, tetapi jika Anda sudah merasa terganggu dengan hal sekecil apapun, itu tandanya harus me time, dan tentu saja ketika Anda sudah emrasa seperti itu, Anda harus langsung bicarakan hal tersebut kepada keluarga Anda, karena tentu saja hal tersebut bisa membuat Anda dan keluarga Anda bertengkar, Anda juga harus memberitahu suami Anda bahwa Anda membutuhkan waktu me time karena penat dengan kegiatan sehari-hari yang Anda lakukan. 

Me Time adalah hal yang wajar dan tentu saja dibutuhkan oleh semua orang, termasuk seorang ibu, untuk itu Anda harus bisa mengatur waktu Anda agar dapat mendapatkan me time, dan bicarakan hal tersebut dari awal dengan keluarga Anda, jadi ketika Anda butuh me time, mereka bisa mengurus atau melakukan pekerjaan rumah tanpa kehadiran Anda yang sedang me time, tentu saja hal ini memang harus dibiasakan sejak awal sebelum emosi Anda meledak dan akan berakibat buruk bagi Anda dan juga keluarga Anda, me time sendiri bisa juga dilakukan bersama keluarga Anda dan tidak selalu harus melakukan me time sendirian. 

Bagi seorang ibu, me time juga menjadi hal yang dibutuhkan oleh mereka dan hal ini wajar dan suami maupun anak akan mengerti hal tersebut dan membiarkan orang tua maupun istri mereka untuk melakukan me time. Me time adalah hal yang bermanfaat bagi setiap ibu maupun orang lain, jadi jangan ragu bicarakan apabila Anda membutuhkan me time yah Moms.

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5495