Manfaat Bermain Origami Bersama Anak

Vana Vana,
0
Main Origami bersama Anak

Ketika anak anda sedang berada di rumah dan anda bingung anda ingin melakukan aktivitas apa, mungkin anda bisa bermain origami bersama anak anda. Origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bermain origami juga memiliki banyak manfaat.

Origami tersebut memanfaatkan kertas polos atau berwarna yang bisa dibuat berbagai macam bentuk dimana bentuk itu seperti hewan, pesawat, mobil, dan juga hal lainnya.

Di negara kita, Indonesia origami sendiri merupakan salah satu hal yang cukup terkenal dimana anak biasanya akan belajar membentuk sebuah hal sederhana dimulai dari mereka sekolah, dan prakarya melipat tersebut juga bisa menjadi hobi yang tentu saja memiliki manfaat bagi anda dan juga anak anda.

Melipat kertas tentu saja menyenangkan bagi anak-anak, selain itu hal tersebut juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak anda, dan berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan oleh anak anda dengan seni melipat kertas.

  • Melatih anak

Melipat kertas dapat menjadi hal yang bagus dan tepat apabila anak anda bisa mengikuti petunjuk tersebut, hal ini bisa melatih anak anda untuk mengikuti aturan yang ada meski hal tersebut adalah hal yang cukup rumit, dan hal tersebut tentu saja akan melatih rasa disiplin anak.

Si kecil juga akan belajar dan mengetahui bahwa mereka ada petunjuk yang bisa membantu mereka menyelesaikan hal tersebut jika mereka melakukan hal tersebut dengan benar.

 

  • Anak Bisa Memahami Diagram atau Gambar

Petunjuk yang sudah ada di origami biasanya ada gambar diagram agar orang bisa mudah memahami hal tersebut, dan dengan membiasakan diri membaca hal tersebut anak akan terlatih untuk memahami hal tersebut.

Si kecil memang tidak langsung mengerti tetapi anda bisa membantu mereka agar mereka bisa lebih mengerti, dan kemampuan memahami hal tersebut dan gambar tentu akan berguna untuk anak anda nantinya.

 

  • Melatih memecahkan masalah

Membuat origami memang tidak pernah mudah dan berjalan lancar, terkadang anak akan mengalami masalah di beberapa langkah tertentu terutama ketika anak anda sedang membuat hal yang rumit.

Secara tidak langsung, melipat kertas akan menjadi anak anda bisa memecahkan masalah yang mereka bingung dan mereka mencoba pahami untuk melipat hal tersebut dan kemampuan berpikir kritis dan logikanya pun akan lebih terlatih.

 

  • Imajinasi Anak

Anak akan memiliki imajinasi yang tersalur dengan baik apabila mereka bisa membuat origami, karena selembar kertas bisa menjadi hewan hingga benda lainnya, tentu saja hal tersebut akan meningkatkan imajinasi anak.

Bentuk yang dihasilkan dari kertas lipat akan menjadi sedikit abstrak sehingga orang memerlukan imajinasi tersendiri untuk memahami hal tersebut, dan imajinasi anak tersebut akan semakin terasah dengan adanya origami, selain itu anak juga dapat terlatih dengan membuat model model baru.

 

  • Merangsang Seni

Meski terlihat hanya seperti melipat kertas, ternyata hal tersebut termasuk sebagai sebuah seni yah, otomatis kegiatan tersebut akan merangsang jiwa seni dalam diri anak.

Melalui melipat kertas, anak bisa mencoba untuk menghasilkan bentuk yang lucu dan unik, si kecil juga bisa mencoba berbagai macam warna untuk memperindah hasil karya miliknya, selain itu mereka juga akan terlatih kerapihan dan ketelitiannya.

Dengan banyak manfaat bermain origami, maka tidak ada salahnya anda mengajarkan anak anda untuk melipat kertas dengan bentuk sederhana.

Be the first to write a comment.

Your feedback