Makanan Yang Bisa Cegah Anemia Terhadap Anak 

Vana Vana,
0
Makanan Yang Bisa Cegah Anemia Terhadap Anak 

Salah satu masalah yang sering terjadi pada anak-anak adalah anemia, dan hal itu membutuhkan perhatian dari orang tua untuk waspada dan tentu saja harus mengetahui bagaimana langkah efektif untuk mengatasi hal tersebut apabila terjadi pada anak Anda. Makanan apa saja yang bisa cegah anemia anak?

Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah anak turun dibawah batas normal, hal tersebut tentu saja akan membuat anak kita tampak pucat, rewel, lelah, dan juga lemah dan tentu saja hal tersebut bisa membuat anak menjadi gampang terkena penyakit.

Penyebab paling umum anemia pada anak adalah anak kekurangan zat besi, dan hal tersebut dengan mudah diobati apabila ketika sudah terdeteksi sejak dini.

Dan untuk penuhi zat besi anak dengan konsumsi lima makanan ini untuk mencegah anemia:

  • Bayam

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh anak kita tidak dapat membuat hemoglobin dalam membuat sela darah merah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh anak si kecil.

Beberapa sayuran hijau seperti bayam dan kangkung tinggi akan zat besi, maka Anda bisa menambahkan makanan tersebut ke dalam menu makanan anak untuk mendapatkan lebih banyak zat besi, selain itu, bayam juga mengandung vitamin C untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Kandungan vitamin K pada bayam juga bisa membantu proses pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang dan gigi anak Anda.

 

  • Daging Sapi

Selain sayur-sayuran, ternyata daging sapi juga memiliki kandungan yang bagus agar anak Anda terhindar dari anemia, salah satunya tentu saja dengan menjaga pola makan anak.

Anak usia dua tahun sudah bisa Anda coba untuk berikan asupan daging sapi yang mengandung banyak zat besi, tetapi tentu saja jangan berikan porsi yang sama dengan porsi Anda atau porsi orang dewasa.

Daging sapi sendiri mengandung banyak protein, lemak, dan kaya zat besi, sementara zat besi dibutuhkan sebagai bahan dasar pembentukan sel darah merah.

Pemberian daging sapi kepada anak bisa Anda berikut setidaknya dua hingga tiga kali seminggu untuk mencegah anak kekurangan zat besi.

 

  • Buah Jeruk

Beberapa makanan dapat membantu tubuh anak menyerap zat besi, sementara yang lain bisa saja memblokir proses tersebut dan membuat anemia menjadi lebih buruk.

Untuk memaksimalkan asupan zat besi pada anak adalah dengan memberikan kepada anak Anda makan makanan yang mengandung zat besi dan kaya vitamin C seperti jeruk.

Meski jeruk memang tidak memiliki sumber zat besi, vitamin C yang ada pada jeruk bisa membantu penyerapan zat besi dalam usus anak, selain itu kandungan vitamin C dalam buah jeruk bisa membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan mencegah anak dari gejala anemia.

 

  • Kacang Kacangan

Memiliki pola makan tentu saja harus seimbang, dan salah satu-nya adalah dengan makan makanan yang kaya akan zat besi seperti jenis kacang-kacangan.

Kacang sendiri memiliki kandungan mikronutrien, asam amino, dan vitamin B yang tentu saja baik untuk dijadikan sumber zat besi, dan dengan menambahkan kacang tersebut sebagai asupan harian anak Anda, Anda dapat mengoptimalkan sistim perederah darahnya agar bekerja lebih optimal.

 

  • Kismis

Kismis memiliki mineral yang merupakan kalium, fosfor, kalsium, dan juga magnesium yang dapat membantu perkembangan mental dan fisik anak, bahkan buah dengan bentuk kecil dan memiliki rasa manis tersebut juga mengandung zat besi.

Kismis berasal adari anggur kering dengan gula alami, itu bisa menjadi sumber energi yang hebat juga untuk anak Anda.

Kelima makanan di-atas tentu saja sangat mudah didapatkan dan makanan yang bisa cegah anemia terhadap anak. Jangan sampai anak Anda terkena anemia dan cegahlah masalah tersebut sejak awal.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback