Ini loh, Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka di SMA!

Jessica,
0
Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

Ekstrakurikuler pramuka telah menjadi ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa di berbagai tingkat sekolah termasuk SMA di Indonesia. Kegiatan kepramukaan di sekolah diatur dalam PERMENDIKBUD No. 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan. Selain itu, kegiatan kepramukaan di sekolah memiliki tujuan untuk mengembangkan nilai-nilaikarakter siswa, seperti nilai kebersamaan, kepemimpinan, kecintaan alam, sosial, dan juga kemandirian. Tahukah kamu, ternyata ada banyak manfaat ikut ekstrakurikuler pramuka di SMA. Yuk, cari tahu apa saja!

  1. Membiasakan diri untuk disiplin

Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

khqa.com

Kebiasaan disiplin dapat terbentuk karena pembiasaan diri untuk melakukan semua aktivitas dengan tepat waktu. Hal ini akan kamu dapatkan ketika mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan kepramukaan ini akan membentuk karakter kamu untuk bisa melakukan semua hal sendiri sesuai dengan batas waktu yang telah kamu tetapkan sehingga kamu akan menjadi lebih disiplin. Disiplin juga akan berguna saat nanti kamu bekerja dan hidup bermasyarakat.

  1. Memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan

Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

hoosiertrailsbsa.org

Manfaat ikut ekstrakurikuler pramuka di SMA adalah untuk memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan. Gotong royong dan kebersamaan dapat kamu pupuk saat pelaksanaan kemah yang biasanya dilakukan dua kali dalam setahun.

Dalam acara kemah, kamu dan teman-teman pramuka harus saling bahu membahu membantu mendirikan tenda, memasak, dan juga mencuci peralatan masak dan piring. Kamu juga diajarkan memupuk jiwa solidaritas antar sesama anggota kelompok dan kebersamaanuntuk selalu kompak. Selain itu, kamu harus menjunjung tinggi nilai saling menghormati sesama anggota kelompok dan menekan keegoisan kamu demi kepentingan bersama.

  1. Membiasakan diri untuk lebih mandiri

Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

detroit.cbslocal.com

Selanjutnya, salah satu manfaat ikut ekstrakurikuler pramuka di SMA adalah terbentuknya pribadi yang mandiri. Dengan mengikuti kegiatan kepramukaan, banyak kegiatan yang menuntut kamu untuk menggunakan kemampuanmu sendiri. Memiliki kemampuan untuk melakukan aktivitas tanpa bantuan orang lain akan menempahmu menjadi seorang pribadi yang mandiri.

  1. Mengembangkan karakter tidak mudah menyerah

Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

adirondackdailyenterprise.com

Salah satu kegiatan kepramukaan yang tidak boleh kamu lewati adalah kegiatan lintas alam. Kamu dan teman-teman sejawat akan belajar melewati berbagai rintangan naik turun tebing yang berlumpur dan licin. Untuk bisa melewati rintangan tersebut, nyali kamu akan diuji.

Dalam proses mencapai tujuan dari kegiatan lintas alam ini, kamu sedang mengembangkan karakter tidak mudah menyerah untuk mencapai tujuan. Selain karakter tidak mudah menyerah, kamu juga akan belajar untuk menghargai dan mencintai alam di sekitar.

  1. Belajar untuk bertahan hidup

Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

myemail.constantcontact.com

Saat mengikuti kegiatan kepramukaan, kamu akan mempelajari cara untuk bertahan hidup. Kamu akan diajarkan cara menggunakan kompas, membaca peta, membuat simpul dan tali temali, mempraktikkan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), membuat tenda, menyalakan api unggun, dan membuat sandi morse. Semua kegiatan tersebut akan sangat berguna ketika kamu menghadapi suasana genting.

  1. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik

Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka

lds.org

Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA adalah kamu akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Dalam kegiatan pramuka, kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan sesama teman dari anggota kelompok.  Kamu juga harus belajar mengomunikasikan permasalahan yang terjadi dalam kelompok sehingga permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan.

Itu, loh, manfaat-manfaat besar ketika ikut kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah. Kegiatan kepramukaan sangat berguna untuk pembentukan karakter kamu saat di sekolah dan karakter-karakter tersebut akan sangat bermanfaat ketika kamu bekerja dan hidup bermasyarakat. Jadi, ikutilah kegiatan kepramukaan di sekolah dengan sungguh-sungguh. Semoga berhasil!

Be the first to write a comment.

Your feedback