Ini Bahaya Jika Anak Terus Di Ruangan AC

Charles,
0
ruangan ac

Biasanya anak-anak sangat senang ketika mereka berada di ruangan ber-AC, dan tentu saja hal tersebut akan membuat mereka sangat senang di tempat dingin dan sangat rewel ketika anda membawa mereka keluar dari tempat dingin tersebut.

Anda harus ketahui meski memang nyaman untuk anda dan juga anak anda, membiarkan mereka di ruangan ber-ac menimbulkan potensi untuk anak anda mengalami alergi, selain itu, masih banyak efek negatif lainnya. Dan berikut adalah efek negatif jika anak selalu berada di ruangan ber-AC.

Terkena croup

Croup merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan bagian atas, hal ini berasal virus influenza dan juga campak, croup ini memiliki gejala seperti batuk yang menggonggong, dan batuk biasanya terdengar lebhih parah di malam hari, tentu saja hal ini akan membuat banyak anak yang menderita sakit ini akan menangis karena merasa tidak enak sepanjang malam.

Suara napas yang sesak dan kasar juga bisa saja muncul ketika sedang mengalami sakit ini, salah satu penyebabnya adalah dari udara yang dihirup oleh si kecil, karena itu anda harus menjaga kebersihan filter ac dan pastikan anda untuk selalu rutin membersihkannya.

Anda juga harus sekali-sekali mematikan AC dan membuka jendela agar ada sirkulasi udara dalam ruangan atau kamar anda.

Pneumonia

Gangguan fungsi paru atau yang sering disebut pneumonia ini bisa dialami oleh anak-anak, ciri-ciri anak mengalami pneumonia adalah demam, batuk, dan juga sesak napas, salah satu penyebabnya adalah kuman legionella pneumonia, kuman tersebut biasanya berasal dari pendingin ruangan sentral yang tidak pernah dibersihkan.

AC yang menarik debu dan kuman tersebut akan diputar kembali dan ada peluang anak anda menghirupnya, dan dari sanalah anak anda bisa terpotensi terkena pneumonia, terlebih jika ada perokok yang tidak membersihkan diri mereka dengan benar ketika masuk ke ruangan ber-AC, maka risiko tersebut akan jadi lebih besar.

Menurunkan sistim imun

Dari beberapa penlitian, berada di ruangan terbuka, terkena matahari dan sebagainya mampu memperkuat sistim imun tubuh seseorang, sel darah putih akan membawa oksigen yang cukup untuk dapat bekerja secara efektif.

Ketika berada di ruangan ber-AC, tubuh akan kekurangan oksigen sehingga sel darah putih tersebut tidak akan bisa dengan maksimal melawan virus dan bakteri, hal tersebut bisa membuat anak anda memiliki imun yang lemah dan mudah terkena penyakit.

Mata yang kering

Udara dingin yang dikeluarkan dari ac bisa menyebabkan mata anda kering, mata kering sendiri sungguh mengganggu dan mata akan berwarna merah dan terasa perih.

Apabila hal tersebut anda biarkan, maka hal tersebut bisa menjadi hal yang berbahaya bagi selaput mata anda.

Membuat kulit kering

Kulit anda bisa kering jika anda terus berada di ruangan yang terus menerus mengeluarkan hawa dingin, kulit anda bisa kering dan kehilangan elastisitas, hal tersebut bisa terjadi karena AC bisa membuat kulit anda tidak lembab.

Jika anak jarang keluar dari ruangan ber-AC, maka anak akan jarang berkeringat dan hal tersebut akan membuat kulit anak tidak mengenal perubahan suhu, dan tentu saja hal itu tidak baik untuk anak anda.

Apabila anda sering melihat anak anda di ruangan ber-AC, maka anda harus bisa membiarkan anak anda dan diri anda berada di luar ruangan agar anak anda tetap sehat yah terkena sinar matahari.

Be the first to write a comment.

Your feedback