Ingin Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Negara Populer Bagi Pemburu Beasiswa yang Bisa Menjadi Pilihanmu!

Jessica,
0
Kuliah di Luar Negeri

Bagi kamu yang akan segera menyelesaikan pendidikan S1-mu dan memiliki impian untuk melanjutkan kuliah di luar negeri namun khawatir dengan biayanya yang tinggi, tak perlu khawatir lagi. Sebab sekarang sudah banyak beasiswa baik dari pemerintah Indonesia maupun negara-negara yang menyediakan beasiswa untukmu.

Tapi jika kamu belum mengetahui negara mana yang akan menjadi tujuanmu, pertama-tama kamu harus mengetahui terlebih dahulu negara yang populer di kalangan pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Mengapa demikian? Tak semua negara cocok bagi para pemburu beasiswa karena harus mempertimbangkan banyak faktor. Mulai dari fasilitas pendidikan, biaya hidup, dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira negara mana saja ya yang paling diminati pelajar dari Indonesia?

Australia

Kuliah di Luar Negeri

pixabay.com

Australia menjadi salah satu negara tujuan favorit bagi pelajar Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri. Bahkan negara yang dijuluki negeri kangguru ini setiap tahunnya menerima 8.000 hingga 10.000 mahasiswa baru yang berasal dari Indonesia, lho! Letaknya yang berdekatan dengan Indonesia serta kualitas pendidikan yang baik dan tak diragukan lagi. Selain itu, biaya hidup di Australia terbilang tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa maupun di Amerika.

Bila kamu tertarik untuk melanjutkan kuliahmu di Australia, kamu dapat mendaftar beasiswa AAS (Australia Awards Scholarship) dan warga Indonesia merupakan prioritas utama dari beasiswa ini.

Amerika Serikat

Kuliah di Luar Negeri

pixabay.com

Negara kedua yang paling diminati pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri adalah negeri Paman Sam alias Amerika Serikat. Apa sebabnya? Amerika diminati pelajar Indonesia karena negara ini kerap membuka beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di sana. Salah satu beasiswa yang paling banyak diambil adalah Beasiswa Fullbright yang selalu dibuka setiap tahunnya.

Untuk soal kualitas pendidikan, Amerika Serikat tak perlu diragukan lagi. Di negara ini terdapat banyak kampus bergengsi yang bisa yang bisa kamu pilih, seperti MIT, Harvard, Yale, dan lain sebagainya. Kebanyakan pelajar dari Indonesia, memilih kuliah di Amerika untuk mengambil jurusan pendidikan, bisnis, atau manajemen. Namun tersedia pula ragam program studi dan jurusan lain yang bisa kamu pilih jika berminat melanjutkan kuliah di Amerika.

Inggris

Kuliah di Luar Negeri

pixabay.com

Di negara inilah universitas legendaris seperti Oxford dan Cambridge University berada, Inggris menjadi salah satu negara tujuan bagi para 2.000 mahasiswa asal Indonesia setiap tahunnya. Kualitas pendidikan yang tinggi membuat para pemburu beasiswa yang memilih Inggris sebagai negara tujuannya.

Salah satu beasiswa yang populer di Inggris adalah Chevening yang membiayai secara penuh. Sayangnya, kuota beasiswa ini hanya sedikit yaitu 30 – 50 penerima beasiswa setiap tahunnya. Bila kamu tertarik untuk mengambil beasiswa ini, persiapkan dirimu mulai dari sekarang, ya!

Jerman

Kuliah di Luar Negeri

pixabay.com

Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang menjadi tujuan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Bila kamu ingin melanjutkan kuliah di bidang sains maupun teknologi, Jerman merupakan negara yang tepat untuk mempelajari kedua bidang tersebut.

Beasiswa yang bisa kamu daftar bila ingin berkuliah di Jerman adalah beasiswa DAAD yang diberikan ke negara-negara Asia, Afrika, Eropa Timur, dan juga Amerika Latin. Nah, beasiswa DAAD ini sudah mencakup biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, serta tunjangan lainnya. Bagaimana?

Belanda

Kuliah di Luar Negeri

pixabay.com

Negara yang dikenal sebagai Negeri Kincir Angin ini juga merupakan salah satu negara tujuan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, lho. Setiap tahunnya, Belanda menerima sebanyak 5.000 mahasiswa asal Indonesia setiap tahunnya. Ditambah lagi, negara ini sering mengadakan program beasiswa dan pertukaran pelajar bagi mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah di sana.

Beasiswa yang bisa kamu ikuti bila ingin kuliah di Jerman adalah beasiswa NFP (Netherland Fellowship Programme) yang sudah mencakup semuanya. Selain itu, ada pula beasiswa Erasmus Mundus yang populer di kalangan para pemburu beasiswa ke Negeri Kincir Angin. Berani mencoba?

Bagaimana, setelah membaca artikel ini, apakah ada negara yang kamu minati untuk melanjutkan kuliah di luar negeri?

Be the first to write a comment.

Your feedback