Mau Kuliah di Luar Negeri? Ikuti 7 Tips Ini Agar Tidak Bingung

Jessica,
0
Kuliah di Luar Negeri

Banyak yang memilih kuliah di luar negeri karena berbagai alasan, seperti ingin mendapatkan pendidikan yang lebih baik atau ingin mendapatkan pengalaman. Jika dana sudah terkumpul, sudah mendapatkan universitas dan jurusan yang diinginkan, dan segala administrasi seperti visa atau paspor sudah siap, pastikan kamu mengetahui apa yang harus dilakukan saat tiba di tujuan.

  1. Cari tahu tempat tinggal

Jangan sampai kamu kebingungan mau tinggal di mana saat sudah berada di negara tujuan. Program kuliah di luar negeri menyediakan berbagai tempat, seperti sewa apartemen bersama-sama, asrama mahasiswa, hingga sewa rumah tinggal.

Sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu terpencil sehingga bisa berinteraksi dengan orang lain, seperti warga lokal. Ini bisa jadi pengalaman kuliah di luar negeri yang berharga.

  1. Peka terhadap budaya

Sebagai pelajar di negara lain, kamu akan hidup di budaya lain. Oleh karena itu, ketahui norma-norma budaya yang ada di sana. Mungkin ini akan memengaruhi cara kamu berpakaian, berbicara, dan berinteraksi dengan warga.

Salah satu langkah untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan budaya setempat adalah mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa mereka. Misalnya, saat kuliah di Jerman, sapa mereka dengan menggunakan Jerman. Ini akan membuat mereka senang daripada kamu menyapa dalam bahasa Inggris.

  1. Cari tahu letak kedutaan

Kedutaan adalah titik pertama yang akan kamu hubungi saat kamu belajar di luar negeri, terutama saat terjadi hal yang gawat. Selain itu, pastikan mengetahui hukum yang berlaku di negara tersebut sebelum pergi ke sana.

  1. Bicarakan dengan pihak bank

Kamu perlu mengetahui dari pihak bank bagaimana kartu debit dan kartu kredit saat bekerja di luar negeri. Beberapa bank memiliki peraturan sendiri seperti memiliki partner di negara lain sehingga kamu dapat mengambil uang tanpa biaya. Jangan sampai tiba-tiba kartu yang kamu miliki ditolak di sana.

  1. Bergabung di komunitas pelajar internasional

Biasanya setiap kampus memiliki komunitas pelajar internasional. Bergabung di komunitas ini banyak keuntungan seperti perasaan kebersamaan karena jauh dari rumah. Selain tidak akan merasa kesepian, kamu juga bisa belajar banyak dari berbagai negara dan budaya.

Bersosialisasi adalah hal yang penting. Namun, ingat, jangan sampai terlalu banyak main dengan teman-teman sampai lupa dengan kuliah. Pastikan kamu mengingat tips agar bisa lulus kuliah dengan cepat.

  1. Siapkan obat-obatan

Jika kamu memiliki riwayat penyakit dan harus minum obat secara rutin, konsultasikan pada dokter kamu bahwa kamu akan kuliah di luar negeri. Dokter bisa meresepkan sejumlah obat yang cukup hingga masa belajarmu usai. Selain itu, dokter juga bisa memberikan nama-nama lain dari obat tersebut.

Sebaiknya miliki asuransi kesehatan ketika sudah berada di tempat tujuan. Ini akan bermanfaat banyak saat kamu berada di sana.

  1. Dokumentasikan kegiatan saat di sana

Jangan biarkan pengalaman kuliah di luar negeri terlewat begitu saja. Abadikan melalui buku harian, video, atau foto. Pastikan kamu memiliki kartu memori atau hardisk eksternal dengan kapasitas yang besar untuk menampung itu semua. Jika perlu, jangan andalkan kamera telepon genggam, tetapi investasikan pada kamera mirrorless atau DSLR.

Kuliah di luar negeri berarti kamu siap untuk membuka pikiran terhadap pengalaman baru. Tempatkan diri kamu di posisi yang baik untuk beradaptasi, menerima, dan menyerap pengalaman-pengalaman tersebut.

Apakah kamu sekarang masih berada di tahap memilih kuliah? Jika iya, ketahui 5 universitas terbaik di dunia yang bisa jadi sasaran tujuan sekolahmu selanjutnya.

Be the first to write a comment.

Your feedback