Cita-cita Anak Zaman Sekarang Apa Saja, Sih? 5 Profesi Inilah Contohnya

0
33
Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Kompas Tekno
Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Kompas Tekno

Anak pasti tumbuh dan hidup di masa yang berbeda dengan Anda. Bila zaman Anda kecil dulu banyak yang ingin bercita-cita menjadi dokter, bagaimana dengan sekarang?

Yang pasti, cita-cita anak zaman sekarang tidak bisa dipaksakan harus sama dengan zaman Anda dulu. Meskipun Anda menganggap cita-cita sebagai dokter atau insinyur masih paling ideal, mereka sudah punya pemikiran dan pilihan sendiri. Agar tidak salah paham dan dapat menerima keputusan mereka yang berbeda, kita cek dulu lima profesi di bawah ini yang jadi impian mereka:

Menjadi seorang game developer.

Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Wccftech
Cita-cita Anak Zaman Sekarang – Wccftech

Ingat zaman Anda kecil dulu? Mungkin orang tua sering mengomel begini: “Jangan kebanyakan main game. Belajar. Ayo, buat PR-nya dulu. Nanti kamu jadi malas, lho.”
Kini, justru banyak anak yang ingin menjadi seorang game developer. Tidak hanya didukung era digital, profesi ini juga menantang mereka untuk lebih canggih dalam berkreasi.

Tidak hanya asal membuat game, bisa jadi mereka juga membuat simulasi permainan untuk mengatasi masalah di dunia nyata. Misalnya: online game untuk mengatasi kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Menjadi seorang atlet profesional.

Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Steemit.com
Cita-cita Anak Zaman Sekarang – Steemit.com

Bila era ’80 hingga ’90-an olah raga masih dipandang sebagai hobi, sekarang sudah beda lagi. Apalagi dengan banyaknya atlet Indonesia yang berprestasi di mancanegara, seperti: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Makanya, profesi ini sudah masuk sebagai cita-cita anak zaman sekarang yang lebih bergengsi.

Banyak sekolah atlet yang mendukung cita-cita ini. Jangan skeptis dulu jika anak menyatakan ingin berkarier sebagai pemain sepak bola atau pemain basket. Selama anak bisa meyakinkan dan membuktikan keseriusan mereka, Anda dapat selalu mendukung mereka.

Menjadi seorang chef atau baker.

Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Rocker7farmpatch.com
Cita-cita Anak Zaman Sekarang – Rocker7farmpatch.com

Bagi penggemar acara TV “Master Chef”, pasti kenal dengan sosok Gordon Ramsey. Acara-acara sejenis ini telah membuat profesi chef atau baker menjadi lebih menarik minat, baik bagi anak perempuan maupun laki-laki. Apalagi dengan semakin banyaknya restoran, kafe, dan toko roti yang ada.

Profesi di bidang kuliner ini juga masuk menjadi cita-cita anak zaman sekarang karena kemudahan untuk memasarkan produk kuliner lewat media sosial. Mengingat masih banyaknya kekayaan kuliner nusantara yang belum sepenuhnya dieksplorasi, kenapa tidak dukung saja cita-cita anak untuk menggeluti profesi ini?

Menjadi seorang blogger dan YouTuber.

Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Eft Corp
Cita-cita Anak Zaman Sekarang – Eft Corp

Sekarang menulis sudah bukan hanya jadi hobi, lho. Selain menjadi penulis novel seperti Tere Liye, anak juga bisa menjadi seorang blogger atau YouTuber. Mau jadi keduanya juga bisa kalau mau.

Khusus blog, anak bisa mengawali dengan menggunakan platform gratis seperti WordPress atau Blogspot. Mereka dapat mempromosikan tulisan mereka di sana, baik berupa cerpen, puisi, hingga artikel. Ajak mereka untuk mulai menjajal banyak kompetisi menulis secara online. Meskipun belum lulus sekolah, mereka pasti senang bila sudah bisa menghasilkan uang jajan sendiri lewat lomba menulis.

Membangun startup.

Cita-cita Anak Zaman Sekarang - Kompas Tekno
Cita-cita Anak Zaman Sekarang – Kompas Tekno

Anak zaman sekarang adalah generasi digital. Makanya, tidak heran bila membangun startup juga merupakan salah satu cita-cita anak zaman sekarang. Anak yang tertarik dengan bidang ini biasanya akan selalu terpacu untuk berinovasi agar menyelesaikan masalah yang ada. Contoh: ojek online, online bike messenger, kursus online, dan masih banyak lagi.

Itu dia 5 cita-cita anak zaman sekarang yang mungkin sangat berbeda dari zaman Anda. Profesi di atas terbukti mampu membawa kesuksesan dalam berkarier. Jadi, tidak perlu khawatir jika anak Anda ingin menjadi game developer, YouTuber, atau profesi lain yang terdengar asing. Selagi apa yang dilakukannya bermanfaat, ada baiknya Anda mendukung cita-cita anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here