Cara Untuk Membantu Anak Meraih Sukses Di SMP

Charles,
0
Pelajaran anak SMP

Jika anak anda sudah masuk ke sekolah SMP, maka anda harus mengawasi dan membantu anak anda meraih sukses di sekolah SMP, dukungan orang tua sendiri merupakan hal terpenting untuk membantu anak remaja untuk dapat melalui masa-masa di sekolah-nya.

Meski begitu, seiring waktu, mereka tgentu saja memiliki keinginan mereka untuk lebih mandiri dan terkadang memang sulit bagi orang tua untuk mengetahui kapan waktu untuk terlibat langsung dan juga kapan untuk mendukung dari belakang layar, karena tidak semua anak suka untuk di campuri urusan mereka, terlebih jika mereka sudah masuk kelas SMP.

Meski begitu, berikut adalah cara untuk bisa membantu kemajuan anak anda selama duduk di bangku SMP.

Yang pertama, anda harus lakukan adalah mengenali guru-guru anak anda, anak remaja bisa berprestasi lebih baik jika orang tua mereka ingin terlibat dalam kehidupan akademik sang anak, menghadiri aca sekolah sang anak adalah cara yang baik untuk dapat melihat bagaimana sekolah anak anda, bagaimana anak anda di kelas, dan juga untuk anda mengenal guru anak anda. Anda sendiri juga bisa bertemu dengan wali kelas-nya untuk membahas program dan aturan sekolah, serta berbagai pilihan yang perlu diketahui oleh anda maupun sang anak langsung.

Menghadiri pertemuan guru dan murid adalah cara yang tepat untuk tetap mengetahui informasi dari sekolah, banyak sekolah yang biasanya hanya memanggil orang tua saat ada masalah atau tingkah laku anak anda di sekolah atau nilai anak anda yang buruk, tetapi jangan ragu untuk membuat janji dengan guru anak anda untuk membahas perkembangan akademis anak anda atau jika anda memiliki kebutuhan lainnya.

Anda harus ingat bahwa orang tua tentu saja memiliki hak untuk bertemu dengan guru, kepala sekolah maupun staff lain jika anak anda sekolah di sekolah tersebut.

Yang kedua anda bisa lakukan adalah kunjungi sekolah anak anda, mengetahui letak gedung sekolah anak anda dapat membantu anda terhubung dengan anak anda ketika anda sedang berbicara tentang tempat tempat yang ada di sekolah, cari tahu dimana letak kelas, UKS, kantin, tempat olahraga, lapangan, taman bermain, aula, dan ruang guru, jadi anda bisa membayangkan lokasi tersebut ketika anak anda sedang bercerita tentang sekolah anak anda.

Banyak guru juga sekarang memiliki website untuk membuat pekerjaan rumah, tanggal ujian, dan acara maupun timeline di kelas anak anda, hal tersebut anda bisa manfaatkan untuk mengetahui update tentang hal hal yang terjadi di sekolah si kecil.

Ciptakanlah suasana dan tempat yang bisa mendukung anak anda belajar dan mengerjakan PR, selama belajar di SMP, maka PR akan lebih banyak dibandingkan ketika anak anda masih bersekolah di sekolah dasar, dan tentu saja bisa menghabiskan waktu kurang lebih dua jam setiap malam untuk mengerjakan hal tersebut.

Cara terpenting untuk membantu anak anda mengerjakan hal tersebut dengan benar adalah memastikan sang anak memiliki tempat yang tenang, rapi, nyaman, dan tentunya saja tidak ada gangguan dari pihak manapun seperti televisi, telepon atau yang tidak berhubungan tentang PR pada setiap malam, dan anda juga bisa memastikan bahwa anak anda tidak terganggu dengan hal lain-nya selama dirinya sedang mengerjakan PR.

Anda juga bisa menemani anak anda ketika sedang mengerjakan PR dan anda sambil mengerjakan hal lain, anda bisa mengingatkan agar dirinya mengerjakan PR sesuai dengan jadwal yang ada, doronglah anak anda untuk selalu meminta bantuan jika anak anda sedang bingung atau merasa kesulitan, ada juga guru yang siap sedia untuk memberi bantuan usai pelajaran sekolah dan anda bisa manfaatkan hal tersebut untuk membantu pelajaran anak anda.

Sebelum sekolah anda juga bisa memastikan anak anda untuk berangkat ke sekolah dalam kondisi siap belajar, berikan sarapan untuk membantu anak anda belajar seharian, anak yang rajin sarapan tentu saja memiliki energi yang lebih dan akan beraktivitas lebih baik di sekolah, anak-anak yang menyantap sarapan juga akan jarang absen dan jarang masuk UKS dengan masalah berkaitan dengan rasa lapar.

Anda bisa membantu anak anda untuk meningkatkan konsentrasi pada anak anda dengan menyediakan sarapan yang mengandung kacang-kacangan, serat, protein, dan tentu saja rendah gula, jika anak anda tidak memiliki waktu untuk sarapan di rumah, anda bisa memberikan bekal berupa susu, kacang, mauipun roti dengan selai kacang atau roti isi pisang.

Remaja sendiri memerlukan waktu tidur sekitar 8 hingga 9 jam setiap malam-nya, dan tentu saja anda harus memperhatikan hal ini dikarenakan jam masuk sekolah yang sangat pagi, ditambah PR, dan beberapa aktivitas lainnya akan membuat anak kita mungkin saja kurang tidur yang mengakibatkan dirinya sulit berkonsentrasi, dan memiliki respond yang lambat.

Ajarkan mengatur waktu kepada anak anda, tidak ada orang yang terlahir dengan kemampuan mengatur waktu, hal tersebut adalah skill yang harus dipelajari dan dipraktikkan, hal mengatur waktu adalah hal terpenting bagi siswa SMP, karena hal tersebut bisa membuat sang anak memiliki banyak mata pelajaran yang baru.

Memiliki jadwal yang padat seperti kegiatan ekstrakulikuler, pelajaran tambahan tentu saja akan mengganggu waktu tidur anak anda maupun jadwal anak anda lainnya, dan anda harus bisa membantu jadwal anak anda dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan anak anda agar anak anda dapat mengatur waktu mereka agar bisa menyelesaikan semua tugas yang ada.

Sebagai orang tua, ikut campur tangan anda tentu saja akan membantu sukses atau tidaknya anak anda di sekolah.

Be the first to write a comment.

Your feedback