Cara Tepat dan Bermanfaat Menghabiskan Waktu Liburan Anak

Jessica,
0
Tema Liburan

Libur telah tiba! Libur telah tiba! Penggalan lirik dari lagu anak yang dinyanyikan Tasya ini cukup menggambarkan suasana bahagia mendengar kata liburan. Banyak orang tua merasa libur hanya memberikan tambahan bujet untuk keluarga. Padahal manfaat dari berlibur sangat banyak, lo. Ingin tahu cara tepat agar waktu liburan anak dapat bermanfaat sebaik-baiknya? Simak, yuk.

Dunia bermain adalah dunia anak. Dengan bermain, anak belajar banyak hal. Termasuk nilai-nilai kehidupan. Nah, waktu liburan anak dapat dimanfaatkan untuk 3 hal di bawah ini yaitu:

  • Bermain bersama keluarga dan teman
  • Bertualang ke berbagai tempat
  • Menjalin interaksi dengan orang lain
Liburan Manfaat Pada Anak

Liburan Manfaat Pada Anak

Ketiga hal di atas akan bermanfaat bila dipergunakan sebaik-baiknya. Maka, sebelum memulai berlibur coba lakukan hal-hal berikut deh:

  • Tentukan berapa lama waktu liburan yang bisa dipergunakan

Menentukan Waktu Liburan

Menentukan Waktu Liburan

Sebagai orang tua, Anda perlu menentukan berapa lama waktu untuk menghabiskan liburan kali ini. Jika waktu libur dari sekolah cukup lama, memudahkan untuk merancang liburan. Namun, bila waktunya terbatas tentukan prioritas.

Waktu libur selama beberapa hari, seminggu, bahkan sebulan, bisa dipakai untuk mengunjungi suatu lokasi tertentu. Dalam atau luar negeri. Hal ini juga diperlukan untuk memudahkan membuat bujet liburan.

  • Diskusikan tema liburan

Tema Liburan

Tema Liburan

Berlibur tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah. Liburan pun dapat dimaksimalkan dari rumah sendiri. Maka sebelum memulai liburan ada baiknya berdiskusi antar anggota keluarga mengenai tema liburan.

Tema liburan membuat berlibur jadi lebih menyenangkan dan bermanfaat. Anak akan fokus mencoba berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan tema liburan tersebut. Contohnya tema liburan “Seni”. Anak dapat melakukan beragam kegiatan seni seperti seni artistik dengan melukis, seni musik dengan belajar bermain piano, gitar, drum, atau kreativitas lainnya seperti membuat origami dan prakarya lain.

  • Pilih tempat atau lokasi liburan

Menentukan Tempat

Menentukan Tempat

Waktu liburan anak pun dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan jeli memilih tempat atau lokasi liburan. Setelah menentukan waktu dan tema liburan, pastikan lokasi bagi anak untuk menghabiskan waktu liburnya. Apakah di rumah atau di luar rumah? Di dalam kota atau luar negeri.

Memilih tempat liburan juga perlu diperhatikan dengan saksama. Apakah lokasi tersebut tepat bagi anak, ada fasilitas pendukung, aman bagi si kecil, dan sebagainya. Biasanya orang tua hanya memikirkan lokasi liburan yang mudah. Seperti mengajak anak bermain ke pusat perbelanjaan.

Zaman sekarang, mal-mal di kota menyediakan sarana bermain bagi anak. Di mal juga ada toko buku yang bisa dimanfaatkan oleh anak untuk mencari bacaan dan media lain saat liburan. Anda juga dapat mengajak anak menonton film kartun atau film edukatif lainnya di pusat perbelanjaan.

Selain itu orang tua bisa memilih lokasi lain seperti museum, pasar, sanggar seni, gedung pertunjukan, kebun binatang dan sebagainya untuk tempat anak berlibur. Di lokasi tersebut anak dapat bermain sambil belajar atau mengembangkan kreativitas.

  • Buat pilihan tugas ketika waktu liburan anak tiba

Liburan Anak

Liburan Anak

Selanjutnya orang tua pun dapat memanfaatkan waktu libur anak dengan memberikan mereka tugas. Misalnya membuat tulisan setelah bepergian ke destinasi wisata tertentu. Atau mengumpulkan foto-foto saat berlibur, mencari benda khas di daerah lokasi liburan, dan banyak lagi.

Pilih tugas atau aktivitas yang menyenangkan yang bisa anak kerjakan sendirian atau bersama-sama. Jangan lupa meminta anak mengumpulkan tugas yang telah disepakati bersama di awal liburan. Buat agar anak antusias dan tambah bersemangat ketika berlibur.

Waktu liburan juga bisa dipergunakan sebagai ajang interaksi anggota keluarga sehingga hubungan orang tua dan anak makin harmonis. Sudah menentukan seperti apa liburan akhir tahun kelak? Selamat berlibur, ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback