Begini Cara Rayu Anak Anda Agar Mau Mandi

Vana Vana,
0
Anak Mandi

Terkadang ada beberapa anak tidak mau mandi, dan itu tentu saja menjadi tugas berat bagi orangtua, memang banyak anak yang suka bermain air, tetapi belum tentu ketika mandi, anak itu menyukai-nya, banyak anak yang tidak mau mandi, mereka lebih suka tetap aktif daripada menghabiskan waktu untuk mandi.

Orang tua sendiri tidak akan menyerah, dan tentu saja kita harus coba terus agar sang anak senang ke kamar mandi, dan berikut adalah tips dan trik untuk anak kita ingin mandi tanpa kita harus repot memaksa sang anak untuk masuk ke kamar mandi.

 

  1. Pilih Jam Untuk Mandi Yang Berbeda

Anak biasa menolak mandi dimana kita ingin sang anak mandi, jika sang anak seperti itu, maka biarkan saja mereka memilih jam mandi mereka, terutama jika sang anak masih ingin bermain dahulu, memiliki rutinitas mandi memang sangat penting, tetapi jika anak kita memang seharian di rumah, maka tidak usah khawatir anak tidak akan mandi, karena setelah bermain dan berkeringat, maka anak kita akan ingin mandi, dan tidak perlu kita paksa untuk mandi setiap pagi atau sore hari.

Anak kita sendiri tentu saja ujung-ujung nya ingin mandi pada saat diri-nya memang sudah ingin mandi dan kita juga tidak perlu takut bahwa anak tidak akan mandi pada hari itu, jika kita paksa sang anak, maka sang anak malah tidak akan mau mandi karena kesal akan paksaan orang tua.

 

  1. Ajaklah Bermain Air

Ketika pagi kita kadang harus berkali-kali merayu anak untuk mandi, mungkin sang anak akan selalu menolak jika belum jam-nya atau jika sang anak akan pergi keluar, dan untuk itu, kita bisa mengalihkan perhatian sang anak dengan mengajaknya bermain gelembung atau mencuci baju yang membuat sang anak basah, dan ketika basah, mintalah sang anak melepas pakaiannya dan ajaklah sang anak untuk mandi.

Selain itu, kita juga bisa mengajak sang anak membantu mencuci mobil bersama atau juga bermain pistol air, dan jangan lupa ketika bermain pistol air, kita harus ajari anak kita agar tidak mengarahkan hal tersebut ke mata orang, dan gunakan juga mainan yang memiliki kekuatan semprotan yang tidak terlalu kencang agar jika terkena mata sang anak, maka mata sang anak tidak sakit.

 

  1. Gunakan Mainan

Bawalah mainan favorit anak anda ke kamar mandi agar sang anak tetap bisa bermain bersama mainan favoritnya di kamar mandi, hal ini tentu saja bisa membantu sang anak untuk ingin mandi, terutama jika anda membelikan mainan yang memang dirancang khusus untuk menemani sang anak bermain.

Mainan seperti bebek berenang, kapal-kapalan merupakan beberapa mainan yang bisa membuat anak anda ingin bermain air dan mandi, dan jangan lupa ketika anak anda bermain air, atau membuat kamar mandi anda basah, jangan larang, biarkan sang anak bermain sepuasnya, dan jika sudah puas, maka anda bisa melarang-nya dengan baik, maka sang anak akan mengerti dan tidak akan melakukannya kembali.

 

  1. Ajak Beberapa Permainan

Apabila anak anda salah satu anak yang aktif, maka Anda bisa mengajak anak anda untuk bermain, salah satu-nya adalah ajak permainan yang bisa dimainkan di kamar mandi, seperti pura-pura kena hujan atau sebagai-nya, jadi sang anak akan senang untuk ke kamar mandi, dan merasa bahwa mandi itu menyenangkan karena sang anak bisa bermain hujan, dan tentu saja perlu di-ingat, apapun mainan-nya, mainan tersebut tidak membahayakan si kecil atau membuat si kecil terjatuh di kamar mandi.

Beberapa pemainan anda bisa mendapatkanya di internet, yang paling simpel adalah permainan untuk pura-pura hujan agar sang anak yang terkena air shower merasa itu seperti hujan bagi sang anak, tentu saja hal tersebut akan membuat sang anak merasa senang.

 

  1. Berenang Di Kamar Mandi

Hal ini berlaku jika di rumah kalian anda bathtub yah, jika anda memiliki-nya, maka anda bisa mengajak anak anda untuk ‘berenang’ di kamar mandi, pakaikan lah sang anak ban renang maupun kaca mata renang agar sang anak menikmati renang tersebut agar sang anak merasa nyaman, dan pada saat itu, anda bisa mulai memandikan anak anda sambil sang anak berenang di bathtub, kegiatan ini mungkin akan menjadi favorit anak anda agar sang anak ingin mandi dengan senang.

 

  1. Ikutlah Mandi Bersama Anak

Kebanyakan di beberapa kejadian, anak takut mandi karena sang anak takut dengan air, mungkin sang anak takut air karena merasakan seperti akan tenggelam, dan tentu saja kita sebagai orang tua harus mengajari sang anak untuk tidak merasa takut dengan hal tersebut, dan salah satu cara yang tepat adalah menemani sang anak untuk bermain, dan tetap saja harus dicatat, bahwa kita sebagai orang tua harus memakai baju ketika mandi bersama anak kita, kecuali jika sang anak sudah mengerti tentang bagian bagian tubuh, jika belum, alangkah baiknya orang tua memakai baju karena jika tidak, anak  bukan hanya mandi, tetapi akan terus bertanya mengenai bagian tubuh yang tentu saja berbeda dengan tubuh sang anak, dan hal ini akan membuat kegiatan mandi anda dan anak tentu saja terhambat.

 

  1. Berikanlah Hadiah

Anak terkadang ingin ke kamar mandi untuk mandi jika kita ingin mengajak sang anak tersebut pergi ke sesuatu tempat apabila sang anak selesai mandi, dan tentu saja hal itu tidak dapat kita lakukan, tetapi mungkin kita bisa melakukan yang lain yakni memberikan sang anak hadiah apabila sang anak dapat mandi dengan baik dan benar sesuai yang anda inginkan dalam waktu 2-3 hari, tidak perlu memberikan hadiah mahal, ajak sang anak untuk bermain di playground atau membelikan mainan agar sang anak senang dan akan mandi dengan benar.

 

Selain ke tujuh langkah di-atas kita juga bisa memberikan video mengapa sang anak harus mandi, karena kuman dan sebagai-nya yang bisa membuat sang anak sakit, dan jika sakit, maka anak tidak bisa pergi kemana-mana dan mungkin saja harus ke dokter, tentu saja hal tersebut akan membuat sang anak mengerti.

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5495