Apa yang Membuat Para Mahasiswa Terlambat Lulus?

Jessica,
0
Apa yang Membuat Para Mahasiswa Terlambat Lulus?

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh mahasiswa adalah terlambat lulus. Bukan hanya membuat para mahasiswa harus membayar uang semester dengan jumlah yang lebih banyak, keterlambatan kelulusan juga membuat waktu yang ditempuh mahasiswa untuk bisa merasakan dunia kerja semakin lama saja. Apalagi, ada ancaman drop out atau dikeluarkan bagi mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan perkuliahan dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai mahasiswa, tentunya Anda tidak mau bukan terlambat lulus? bagaimanapun keadaannya di kampus Anda tentunya ingin lulus tepat waktu. Untuk itu, yuk kenali beberapa faktor yang membuat seorang mahasiswa menjadi terlambat lulus:

  1. Salah Jurusan

Hal ini seringkali menjadi faktor utama dari terlambat lulusnya seorang mahasiswa. Wajar saja, mengingat perasaan salah jurusan akan membuat mahasiswa merasa malas untuk belajar dan jengah untuk menghadiri setiap pertemuan di kelas. Kondisi tersebut pun bisa saja membuat mereka menjadi tidak lulus dalam berbagai mata kuliah dan membuat kelulusan menjadi terlambat.

Bila Anda merasa salah jurusan, lebih baik setelah ambil langkah tepat secepatnya tanyakan kepada diri anda apakah perasaan itu sekadar karena Anda sedang bosan saja, atau memang Anda lebih suka berada di jurusan lain.

  1. Masalah percintaan

Kondisi ini kedengarannya sangat remeh dan tidak masuk akal. Namun bagaimana pun juga, mahasiswa merupakan seseorang yang baru saja memasuki usia dewasa. Terkadang pikiran mereka pun tidak stabil terlebih bila bersangkutan dengan hal-hal semacam romansa.

Memiliki kekasih yang tidak mendukung atau kekasih yang terlalu cuek dapat membuat seorang mahasiswa tidak semangat untuk mengejar cita-citanya. Hal tersebut pun membuat mereka merasa malas untuk kuliah.

Kalau Anda mengalami hal seperti ini, lebih baik segera berpikir dengan lebih realistis . Bla kekasih sudah membawa banyak kerugian dan membuat Anda berpotensi terlambat lulus, sebaiknya jangan ragu untuk meninggalkannya.

  1. Terlalu banyak kegiatan

Saat menjadi mahasiswa, memang lebih baik apabila Anda tidak hanya mengisi waktu untuk belajar saja tetapi juga berkegiatan. Hal tersebut bermanfaat untuk membangun jaringan sebesar dan seluas mungkin.

Namun terlalu banyak kegiatan juga dapat berakibat pada kurangnya waktu untuk belajar. Kondisi ini pun kemudian membuat mahasiswa menjadi terlambat lulus. Nah, agar hal ini tidak terjadi, sebagai mahasiswa Anda harus pandai-pandai mengatur waktu. Berkegiatan boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai mengganggu kuliah karena biar bagaimana pun juga, kuliah anda merupakan tanggung jawab paling penting.

  1. Pertemanan yang kurang membangun

Tidak semua teman dapat membawa kebaikan dalam hidup kita. Ada pula beberapa jenis teman yang justru membawa banyak kerugian, seperti misalnya teman-teman yang selalu mengajak bermain dan membuat Anda merasa malas untuk belajar.

Tidak ada salahnya sih bersenang-senang dengan teman: selagi masih muda dan belum ada tanggung jawab besar seperti keluarga atau pekerjaan misalnya Namun, jangan sampai kegiatan bermain dan bergaul dengan teman-teman justru membuat kuliah menjadi berantakan dan bahkan membuat Anda dikeluarkan dari kampus.

  1. Kuliah yang terlalu sulit

Ada beberapa jurusan yang memang terkenal dengan mahasiswa-mahasiswanya yang terlambat lulus. Bukan karena mahasiswa-mahasiswanya kurang pintar, tetapi karena jurusan tersebut memang memiliki standar yang tinggi. Biasanya, standar tinggi tersebut didasarkan pada dosen yang terlalu perfeksionis atau mata kuliah yang terlalu berat.

Bila Anda adalah salah satu mahasiswa dalam jurusan yang mengerikan ini, maka ada baiknya anda mencari tahu bagaimana strategi untuk dapat bertahan dan lulus dari jurusan tersebut. Anda bisa berdiskusi dengan para senior atau bahkan dosen-dosen yang memang terbuka kepada para mahasiswanya. Selain itu, atur strategi yang sesuai dengan Anda. Tidak ada kesulitan yang tidak dapat diselesaikan apabila Anda berusaha.

Terlambat lulus memang merupakan hal yang sering terjadi pada mahasiswa. Namun, jangan sampai hal tersebut terjadi pada Anda juga ya. Yuk, segera rencanakan kuliahmu dengan baik sekarang.

Be the first to write a comment.

Your feedback