8 Tips Persiapkan Anak Masuk TK yang Harus Diketahui Para Orangtua

Jessica,
0
Persiapkan Anak Masuk TK

Apakah anak Anda sudah waktunya masuk TK? Selain mencari tahu dan memilih sekolah yang tepat untuk mereka, ada hal yang jauh lebih penting: persiapkan anak masuk TK sebelum benar-benar mengirim mereka ke sekolah. Karena ini adalah jenjang pertama dalam pendidingan mereka, di TK akan ada banyak sekali hal yang akan dipelajari si kecil untuk pertama kalinya.

Jadi sebelum buru-buru memberikan gambaran menyenangkan tentang sekolah, ada baiknya Anda mencari tahu lebih dahulu apa yang penting baginya. Delapan tips di bawah ini akan membantu Anda persiapkan anak masuk TK!

Ajarkan Mereka tentang Tanggung Jawab

Persiapkan Anak Masuk TK

cloudfront.net

Saat masuk sekolah, guru menginginkan anak sadar bahwa dirinya kini telah menjadi bagian dari sebuah komunitas. Penting untuk membuat anak merasa memiliki peran dalam komunitasnya (dalam hal ini adalah kelas tempatnya belajar). Caranya adalah tumbuhkan rasa tanggungjawab dalam diri si kecil.

Anda bisa memberinya tugas mudah dengan membantu Anda di rumah. Misalnya merapikan tempat tidur, membereskan kembali mainan, atau meletakkan piring bekas makannya ke bak cuci.

Empati

Persiapkan Anak Masuk TK

logocare.gr

Di sekolah, anak akan mulai belajar berteman. Penting untuk menumbuhkan rasa empati agar mereka bisa menjalin pertemanan dengan baik. Ajak mereka bicara dan bantu untuk mengidentifikasi perasan dan emosi-emosi mereka. Dan juga, bicaralah tentang perasaan dan emosi orang lain.

Sains

Persiapkan Anak Masuk TK

parents.mdpcdn.com

Sains bisa Anda ajarkan bahkan sebelum anak masuk TK. Ajaklah si kecil mengobrol tentang tumbuhan, buah dan biji-bijian. Jelaskan kenapa tumbuhan atau ikan tertentu baik untuk kesehatan. Kalau waktu Anda cukup senggang, ajak si kecil bercocok tanam dengan membuat kebun kecil di belakang rumah.

Matematika

Persiapkan Anak Masuk TK

rockingmama.id

Sebelum masuk TK, ada baiknya sikecil diberi pemahaman tentang angka. Saat naik tangga, ajak ia menghitung jumlah anak tangganya. Saat memberi mereka permen atau biskuit kesukaan, ajak juga si kecil ikut berhitung. Ini akan cukup untuk memperkenalkan matematika padanya.

Buku

Persiapkan Anak Masuk TK

tuturma.ma

Penting sekali untuk menanamkan kecintaan anak terhadap buku. Anda bisa memulainya dengan membelikan buku bergambar dengan abjad. Membacakan buku sebelum tidur juga bisa menjadi langkah mudah menumbuhkan rasa cinta terhadap membaca.

Mengikuti Arahan

Persiapkan Anak Masuk TK

livaza.com

Saat di sekolah, guru akan memberikan mereka instruksi-instruksi. Bisa berupa cara duduk yang baik, cara merapikan buku di atas meja, dan sebagainya. Pastikan anak Anda mampu mengikuti instruksi ini dengan baik. Ajari mereka cara membuka sepatu, merapikan kotak pensil, dan menutup tasnya dengan baik.

Melatih Kemampuan Motorik

Persiapkan Anak Masuk TK

4.bp.blogspot.com

Terlalu sering bermain gawai dan berhadapan dengan layar ternyata bisa mengganggu kemampuan motorik si kecil. Banyak anak yang belajar angka dan huruf dari tablet yang dibelikan oleh orangtua. Tapi menggunakan kemampuan tangan sangatlah penting.

Sering-seringlah beri mereka kertas kosong, pensil warna, atau crayon. Biarkan mereka menggambar danjauh dari gawai. Anda juga bisa meningkatkan kemampuan motoriknya dengan mengajak mereka memainkan permainan tradisional. Ini juga akan sangat membantu mereka mengurangi kecanduan pada gawai.

Perbanyak Aktivitas Outdoor

Persiapkan Anak Masuk TK

hellosehat.com

Pada dasarnya anak-anak memang menyenangi kegiatan yang aktif. Beri mereka waktu bermain di luar, biarkan mereka berlari, melompat dan berimajinasi dengan semua kegiatan itu. Dengan berlari dan bermain, anak-anak dapat mengenal kemampuan dan keterbatasan tubuh mereka.

Aktivitas di luar ruangan juga diakui mampu melatih keseimbangan dan tentu membuat tubuh jadi sehat. Ketika mereka banyak berolahraga, di malam hari biasanya tidur si kecil akan jadi lebih nyenyak.

Melepaskan anak sekolah untuk pertama kalinya bisa jadi membuat Anda cemas. Namun haltersebutadalah fase yang harus mereka lalui. Jadi, bagaimanapun pribadi anak Anda, jangan lupa persiapkan anak masuk TK dengan sebaik-baiknya! 

Be the first to write a comment.

Your feedback