7 Keuntungan Belajar Sempoa untuk Anak

0
3223
sejarah-sempoa
sejarah-sempoa

Memberikan sarana pembelajaran matematika menggunakan sempoa bukanlah hal yang asing di Indonesia. Banyak orangtua yang dengan sengaja menyediakan alat hitung tradisional Tiongkok ini sebagai alat bantu belajar operasi matematika. Hasil pembelajaran dengan sempoa pun terlihat jelas, kemampuan berhitung anak-anaknya jauh lebih baik.

Sejarah Sempoa

sejarah-sempoa
Sejarah Sempoa

Sempoa dikenal sebagai sebuah alat hitung aritmetika kuno yang telah digunakan sejak dulu. Konon, perkembangan alat hitung ini bermula di Babilonia pada rentang tahun 2700 SM hingga 2300 SM.

Menurut penelitian para ahli sejarah, sempoa milik bangsa Babilonia tersebut bisa digunakan untuk melakukan operasi pertambahan dan pengurangan. Meski, metode yang dilakukan lebih kompleks dibandingkan sempoa yang ada saat ini.

Selanjutnya, ada pula sempoa dari bangsa Yunani yang diketahui berasal dari tahun 300 SM, disebut dengan nama Salamis Tablet. Sempoa dari Yunani ini pun jadi papan bantu hitung tertua di dunia yang pernah ditemukan hingga saat ini, dengan dimensi 149 x 75 x 4,5 cm.

Sementara itu, versi sempoa pertama yang dimiliki oleh bangsa Tiongkok disebut dengan nama suanpan, diketahui berasal dari abad 2 SM. Suanpan dari Tiongkok ini bisa digunakan untuk berbagai jenis operasi aritmetika. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, pengalian, pembagian, akar kuadrat, ataupun akar pangkat tiga.

Berikutnya, ada pula sempoa dari Jepang yang tercatat muncul pada abad ke 14 M. Sempoa Jepang ini berasa dari daratan Cina, dan disebut dengan nama soroban. Di waktu yang sama, sempoa Cina juga dibawa ke negeri Korea dan disebut dengan nama jupan atau supan atau jusan.

Tidak ketinggalan, bangsa-bangsa asli di Benua Amerika juga mengadopsi penggunaan sempoa. Menurut catatan sejarah, terdapat dua jenis alat bantu hitung mirip sempoa yang digunakan oleh bangsa Inca di Amerika, yakni quipu dan yupana.

Ada pula sempoa dari bangsa Rusia yang disebut dengan nama schoty. Penggunaan sempoa schoty menyebar luas pada saat Uni Soviet masih berdiri. Bahkan, schoty diperkenalkan oleh bangsa Rusia ke beberapa negera Eropa lainnya termasuk di antaranya adalah Prancis.

Sempoa Sebagai Alat Bantu Hitung Operasi Aritmetika

Sempoa Sebagai Alat Bantu Hitung Operasi Aritmetika
Sempoa Sebagai Alat Bantu Hitung Operasi Aritmetika

Sempoa digunakan untuk membantu perhitungan aritmetika, mulai dari operasi pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian, hingga operasi akar kuadrat. Tidak heran, kalau metode pembelajaran matematika menggunakan sempoa banyak diajarkan kepada anak-anak. Praktis dan relatif lebih mudah dibandingkan cara konvensional.

Selain itu, sempoa juga memberi manfaat tinggi untuk para penderita tunanetra. Karena tidak memiliki penglihatan seperti orang normal, sempoa dapat membantu para tunanetra untuk menghitung dengan memanfaatkan indera peraba. Belajar operasi aritmetika menggunakan sempoa, para tunanetra bisa memiliki kemampuan matematika yang tidak kalah dengan orang normal.

Manfaat Sempoa untuk Anak-Anak

manfaat-sempoa-untuk-anak-anak
Manfaat Sempoa Untuk Anak-anak

Selain berguna sebagai alat bantu hitung aritmetika yang praktis, sempoa juga memiliki manfaat yang sangat penting lainnya. Terlebih, bagi anak yang tengah dalam masa perkembangan. Manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan
  2. Meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan tepat
  3. Meningkatkan daya tahan anak terhadap stress dan tekanan
  4. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah bagi anak-anak
  5. Mengembangkan rasa percaya diri
  6. Meningkatkan kemampuan mendengar anak
  7. Memberikan dasar aritmetika yang kuat kepada anak

Secara umum, sempoa memiliki dampak yang sangat positif terhadap perkembangan otak pada anak. Terlebih, Anda bisa saja mengirimkan anak ke lembaga pembelajaran sempoa yang menyediakan ruang belajar secara berkelompok. Selain bisa belajar, anak juga akan bisa memperoleh teman-teman baru di lingkungan yang positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here