6 Cara Mengatur Waktu Agar Tetap Produktif

Jessica,
0
Cara Mengatur Waktu - Homeandboatitaly.com

Salah satu hal yang sering tak dimanfaatkan keberadaannya adalah waktu. Kerap kita justru membuang-buang waktu dengan bermalas-malasan. Nyatanya, generasi muda masa kini justru tidak tahu bagaimana cara mengatur waktu. Padahal, kita masih bisa memanfaatkannya dengan melakukan berbagai aktivitas yang berguna, misalnya mencari peluang bisnis atau mengikuti berbagai kegiatan sosial.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menggunakan waktu sebaik mungkin. Agar bisa tetap produktif, kamu bisa menerapkan 6 cara mengatur waktu berikut ini:

Terapkan Sikap Disiplin

Cara Mengatur Waktu - SheKnows

Cara Mengatur Waktu – SheKnows

Cara mengatur waktu yang pertama adalah bersikap disiplin. Disiplin menjadi salah satu kunci penting untuk bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Tanpa sikap disiplin, kamu tidak akan mampu mengatur waktu dengan baik. Akibatnya, rutinitasmu pun tak beraturan, dan kamu akan merasa seperti selalu kekurangan waktu. Oleh karena itu, terapkan sikap disiplin pada diri sendiri, dan mulailah dari hal yang sederhana; disiplin bangun pagi dan sarapan.

Buat Daftar Prioritas

Cara Mengatur Waktu - Study Breaks Magazine

Cara Mengatur Waktu – Study Breaks Magazine

Daftar selalu mampu membuat kamu menjadi lebih teratur. Agar kamu bisa lebih produktif, mulailah dengan membuat daftar pekerjaan atau kegiatan yang akan kamu lakukan sebelum tidur. Dari semua pekerjaan yang akan kamu lakukan esok paginya, kamu bisa membuat skala prioritas, manakah yang harus diselesaikan terlebih dahulu, mana yang bisa dikerjakan setelahnya.

Menyelesaikan Pekerjaan dan Tugas Lebih Awal

Cara Mengatur Waktu - Groupon.ie

Cara Mengatur Waktu – Groupon.ie

Cara mengatur waktu berikutnya adalah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan semua pekerjaan lebih cepat. Jangan sekali-kali kamu menunda pekerjaan, karena akan membuat tugas-tugasmu semakin menumpuk dan kamu pun akan menyelesaikannya dengan tergesa-gesa. Akibatnya, hasil pekerjaanmu tidak akan maksimal. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu melakukan kesalahan yang cukup fatal.

Jangan Membuang-Buang Waktu

Cara Mengatur Waktu - Mashable

Cara Mengatur Waktu – Mashable

Biasanya, memainkan permainan di ponsel menjadi pereda stres setelah melakukan pekerjaan yang dirasa cukup berat. Namun, hal itu justru akan membuang-buang waktu yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Setelah meneliti tugas yang telah kamu kerjakan, segeralah berpindah ke tugas berikutnya. Jangan lupa, kamu telah membuat daftar prioritas sebelumnya.

Tidur Tepat Waktu

Cara Mengatur Waktu - NDTV Food

Cara Mengatur Waktu – NDTV Food

Bagaimana tidur bisa menjadi salah satu cara mengatur waktu agar lebih produktif? Bisa, karena jika kamu tidur terlambat, kamu cenderung akan bangun lebih siang. Atau jika kamu bangun tepat waktu, tubuh masih akan terasa lelah karena waktu tidur yang tidak optimal. Jika kamu bangun kesiangan, pastinya tugas-tugas dan jadwalmu akan lebih lama terselesaikan, bukan? Yuk, tidur tepat waktu mulai sekarang!

Jangan Lupa Berolahraga

Cara Mengatur Waktu - Homeandboatitaly.com

Cara Mengatur Waktu – Homeandboatitaly.com

Sepadat apa pun aktivitas dan rutinitasmu, jangan pernah lupa sisihkan waktu setidaknya 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Jika tidak, daya tahan tubuhmu semakin lama akan semakin menurun, dan kamu pun akan lebih rentan terserang penyakit. Tidak perlu berolahraga berat, cukup berjalan-jalan ringan di sekitar kompleks rumahmu, atau jogging santai saja.

Jika kamu tidak sempat berolahraga di sela-sela rutinitasmu, kamu bisa menggunakan akhir satu hari akhir pekanmu. Di waktu luang, berenang menjadi salah satu olahraga yang tepat.

Waktu adalah salah satu hal di dunia ini yang tak akan pernah bisa kembali atau pun diputar ulang. Jadi, jangan sampai kamu menyesal nantinya karena tidak menggunakan dan memanfaatkannya dengan lebih bijak. Salah satu kunci rahasia kesuksesan para penemu dunia adalah mereka bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk selalu aktif dan produktif. Jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi?

Be the first to write a comment.

Your feedback