5 Kreasi Makanan Berbahan Jahe, Sehat dan Anti Korona!

Vana Vana,
0
Makanan Berbahan Jahe, Sehat dan Anti Korona!

Daya tahan tubuh yang baik sangatlah penting dalam menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang virus dan penyakit, apalagi saat menghadapi pandemi COVID-19 sekarang ini. Tak hanya dengan berolahraga dan berjemur, makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan agar bergizi dan berdaya guna dalam memperkuat imun tubuh. Selain memperbanyak minum air putih, buah-buahan, dan sayuran, tahukah Anda bahwa ternyata umbi-umbian terutama jahe atau makanan berbahan jahe juga dipercaya baik bagi kesehatan, loh.

Hal ini juga dipercaya oleh para pakar kesehatan di China yang telah meneliti kegunaan dan manfaat jahe selama bertahun-tahun. Tak hanya itu, berbagai penelitian dan pengalaman juga sudah membuktikan bahwa jahe memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, di antaranya adalah untuk menghangatkan tubuh, sebagai anti inflamasi, mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual serta rasa sakit, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, tidak heran jika jahe sebagai jenis umbi-umbian sering dimanfaatkan dan diolah dalam banyak makanan di negara-negara Asia, salah satunya Indonesia. 

Dengan manfaat kesehatan yang demikian, rasanya jahe dapat menjadi salah satu bahan makanan yang cocok diolah oleh Moms dalam beraneka masakan selama masa self-quarantine Corona ini. Nah, berikut merupakan beberapa ide masakan dengan menggunakan jahe yang dapat Moms coba di rumah. Silahkan disimak!

 

  • Bubur Jahe

Menu pertama adalah bubur jahe. Masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bubur, bukan? Makanan yang aslinya berasal dari Tiongkok ini ternyata juga sangat populer dan cocok di lidah masyarakat Indonesia. Nah, menu masakan yang satu ini memiliki bahan dasar yang sama seperti bubur biasa, namun yang membuatnya berbeda adalah penambahan jahe dalam proses pembuatan bubur ini. Caranya yaitu dengan mencacah halus jahe dan memasukkannya ke dalam adonan bubur yang hampir matang. Tak hanya sedap, bubur jahe juga cocok untuk dikonsumsi segala usia, termasuk balita, loh!

 

  • Ayam Kecap Jahe

Menu ini juga merupakan menu yang cenderung mudah untuk dibuat. Yang perlu disiapkan hanyalah ayam, kecap, jahe, dan bumbu sesuai selera. Masakan ayam kecap jahe ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit untuk mengolahnya. Memiliki rasa yang enak bukan berarti harus melalui proses pembuatan yang sulit, kok! Jangan lupa untuk membersihkan kulit jahe lalu dipotong tipis-tipis ya, agar aroma dan rasa dari jahe itu sendiri lebih terasa saat dimakan.

 

  • Cupcake Jahe

Wah, menu camilan ini pasti disukai oleh anak-anak! Cara membuatnya juga mudah, cukup siapkan terigu kue, margarin, telur, gula, baking powder, dan tentu saja jahe parut. Hal yang harus dilakukan dalam pembuatan cupcake ini adalah campurkan semua bahan ke dalam satu wadah lalu aduk adonan menggunakan mixer hingga halus dan mengembang. Selanjutnya taruh adonan ke dalam wadah tahan panas karena cupcake akan dipanggang di dalam oven selama 30 menit. Rasa manis dan jahe yang berpadu akan menghasilkan rasa cemilan yang lezat. Selain itu, camilan ini juga cocok disajikan bersama kopi, loh! Bersantai sore sambil menikmati cupcake jahe dan secangkir kopi adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya Anda saja, camilan ini juga dapat dinikmati seluruh anggota keluarga.

 

  • Kolak Pisang Jahe

Berbicara mengenai kolak, tak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. Nah, resep ini cocok cocok sekali untuk menjadi menu berbuka puasa Anda nanti. Bahan yang perlu disiapkan hanyalah pisang, santan, gula, dan parutan jahe. Rasa dari pisang dan jahe yang menyatu tanpa diduga akan menciptakan rasa manis yang lezat namun tidak berlebihan, yang pastinya tidak membuat Anda enek. Worth to try, deh!

 

  • Puding Jahe

Menu yang satu ini sepertinya masih asing di telinga kita ya, namun jangan salah! Ternyata puding jahe ini memiliki rasa yang tak kalah enak dengan puding biasa yang sering kita konsumsi. Apalagi dengan menggunakan bahan jahe, tak hanya menyegarkan, namun puding juga akan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahan yang perlu disiapkan dalam membuat jahe puding ini adalah bungkus agar bubuk, susu, gula pasir, dan jahe geprek yang sudah dihaluskan. Lalu campurkan semua bahan dan aduk dalam panci di atas api yang kecil saja. Setelah itu puding jahe langsung bisa dinikmati oleh Anda dan keluarga. 

 

Inilah lima kreasi makanan berbahan dasar jahe. Selamat mencoba!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback