5 Fakta Jerawat Remaja, Sering Bikin Kesal dan Malu!

Jessica,
0
Masalah Jerawat Remaja

Jerawat bikin anak jadi tidak percaya diri? Masalah jerawat adalah hal yang umum terjadi pada remaja yang menginjak masa pubertas. Hal itu terjadi bukan karena mereka malas membersihkan wajah atau merawat kulit. Perubahan hormon menjadi penyebab utama kenapa seorang remaja mudah sekali berjerawat. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang jerawat remaja yang patut diketahui orang tua. Yuk, bantu anak remaja Anda untuk melalui masa pubertasnya!

1. Usia munculnya jerawat remaja

Masalah Jerawat Remaja

pixabay.com

Pada remaja yang melalui masa pubertas, jerawat umumnya akan muncul pada usia 13 tahun untuk anak laki-laki. Sementara itu, anak perempuan biasanya akan mengalami masalah jerawat lebih awal, yakni mulai usia 11 tahun. Oleh karenanya, berilah anak remaja Anda edukasi sejak dini tentang jerawat yang sering muncul di masa pubertas.

2. Makanan cepat saji tidak selalu memicu jerawat

Masalah Jerawat Remaja

pixabay.com

Ada stigma yang mengatakan bahwa jerawat remaja juga disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji. Faktanya, belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa makanan cepat saji dan berminyak jadi penyebab jerawat pada remaja. Namun, apabila anak remaja Anda mengalami masalah jerawat yang membandel setelah menyantap makanan cepat saji, minta dia untuk menguranginya.

3. Faktor genetika jadi penentu

Masalah Jerawat Remaja

pixabay.com

Tidak semua remaja bermasalah dengan jerawat. Ada yang kulit wajahnya mudah sekali berjerawat, sementara lainnya malah jarang. Hal tersebut rupanya dipengaruhi oleh faktor genetika. Artinya, jika Anda dan pasangan memiliki masalah jerawat yang parah saat remaja, anak juga mempunyai risiko yang sama.

4. Tidak ada obat yang efektif

Masalah Jerawat Remaja

pixabay.com

Kabar buruknya, jerawat remaja ternyata tidak dapat diobati. Kondisi itu akan berkurang dengan sendirinya ketika anak mulai beranjak dewasa. Hasil temuan itu dipaparkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP). Serajin apa pun anak membersihkan wajahnya, masalah hormonal jadi pemicu utama jerawat muncul. Jadi, pastikan bahwa dia tahu kalau masalah jerawat bukan akhir dari segalanya. Dia hanya perlu melewati fase itu dan tumbuh jadi anak yang rupawan kelak.

5. Jerawat dimulai pada zona-T

Masalah Jerawat Remaja

pixabay.com

Berbeda dengan jerawat dewasa yang umumnya muncul di zona-U, di sepanjang garis rahang dan wajah bagian bawah. Jerawat remaja biasanya dimulai pada zona-T (pipi dan dahi). Jerawat pada orang dewasa juga lebih meradang daripada yang ditemukan pada remaja. Perbedaan mencolok lainnya adalah jerawat dewasa juga bersifat kistik. Jerawat kistik memiliki ciri antara lain, berbentuk benjolan kecil, bernanah, dan meradang.

Cara mengatasi jerawat remaja

Masalah Jerawat Remaja

pixabay.com

Masalah jerawat sering bikin remaja kesal dan sekaligus malu. Untuk membantu mereka, yuk lakukan beberapa tips di bawah ini!

  • Rajin membersihkan wajah

Anak remaja umumnya memiliki segudang aktivitas di luar rumah. Saat itu, debu dan kotoran sangat mudah menempel di kulit mereka. Oleh karenanya, minta anak remaja Anda untuk lebih sering menjaga kebersihan kulitnya. Lakukan pembersihan wajah setidaknya dua kali sehari, di pagi dan malam hari.

  • Jangan suka memencet jerawat

Memencet jerawat, baik itu yang sudah matang atau belum, dapat meningkatkan risiko infeksi. Kebiasaan itu juga dapat memicu terbentuknya bekas luka yang susah dihilangkan. Jadi, sebisa mungkin minta anak remaja Anda untuk tidak terlalu sering memegang wajahnya dengan tangan, dan menghindari kebiasaan memencet jerawat.

  • Lakukan eksfoliasi

Ajak dia untuk lebih rutin melakukan eksfoliasi. Perawatan ini penting untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Dengan demikian, peremajaan sel kulit akan lebih cepat terjadi. Selain itu, eksfoliasi dapat mencegah penyumbatan pori-pori kulit, yang nantinya bisa memicu munculnya jerawat.

  • Menerapkan gaya hidup sehat

Untuk mengendalikan masalah jerawat pada remaja, menerapkan gaya hidup sehat juga penting. Ajak dia untuk mengatur pola makan yang sehat dan lebih rajin berolahraga. Selain baik untuk masa pertumbuhannya, menerapkan gaya hidup sehat sejak dini bisa membuat anak lebih sadar pada isu-isu kesehatan.
Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5495