Trik Mempelajari Bahasa Asing dengan Mudah & Cepat

Ris,
0
Trik Mempelajari Bahasa Asing dengan Mudah & Cepat

 

 

Memiliki kemampuan berbahasa asing terbukti sangat dibutuhkan, terutama dalam urusan pekerjaan dan jenjang karir. Menyadari pentingnya hal ini, banyak muda-mudi yang mulai belajar bahasa asing. Baik melalui lembaga kursus atau secara otodidak lewat video-video di Youtube. Untuk yang sudah bisa berbahasa Inggris, mereka mulai melirik bahasa asing lainnya yang tidak kalah populernya seperti bahasa Mandarin dan Korea.

Perlu diketahui kalau kemampuan setiap orang itu berbeda-beda dalam menyerap ilmu bahasa baru. Ada yang bisa menguasai dengan cepat, ada pula yang harus banyak praktek dalam waktu lama. Lalu bagaimana supaya kamu cepat mahir berbahasa asing? Simak tips dari EduCenter ya!

 

Pahami, bukan menghafal

 

Kesalahan utama pada saat belajar bahasa baru adalah menghafal. Dengan menghafal saja, otak kita tidak akan mengerti betul bagaimana cara susunan kalimat tersebut bekerja. Alih-alih menghafal, sebaiknya kamu pahami betul penggunaan suatu partikel atau tatanan kalimat. Jika sudah memahami, otomatis kamu akan lebih mudah mengingatnya.

 

Disiplin belajar dengan rutin

 

Via Freepik

 

Ingat pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”? Pepatah ini dapat diterapkan selagi belajar bahasa asing. Tidak ada gunanya langsung menghafal ratusan kosakata setiap hari. Bisa-bisa besoknya malah lupa semua.

Cobalah bersikap disiplin belajar dengan rutin disertai target tertentu. Contohnya meluangkan waktu 2 jam khusus untuk belajar bahasa baru dan menambah kosakata sebanyak 10 kata per hari. Atau kamu tentukan hari Senin, Rabu, dan Jumat untuk belajar bahasa asing selama 1 jam. Waktunya terkesan singkat. Namun jika dilakukan secara rutin, kamu tidak akan mudah lupa materi yang dipelajari sebelumnya dan bisa meningkatkan pemahaman akan bahasa tersebut.

 

Cari teman online

 

Saat ini sudah ada banyak aplikasi belajar bahasa asing yang dapat di-download di smartphone. Jadi, kamu bisa chatting pakai bahasa yang baru dipelajari dengan native speaker tanpa harus pergi keluar negeri terlebih dulu. Untuk melatih speaking dan writing, mulailah dari topik pembicaraan yang sederhana seperti kuliner favorit atau idola kesayangan.

 

Aktif berlatih tanpa takut salah

 

Vie Freepik

 

Ketakutan paling besar dari orang yang sedang belajar bahasa asing adalah takut salah. Tenang, tidak ada yang akan men-judge kesalahan kamu saat sedang belajar. Jika berbicara kepada native speaker, mereka akan tetap memahami maksudmu. Dari percakapan ini pula, kamu dapat mengetahui kesalahan dan memperbaikinya di kemudian hari.

 

Belajar di tempat kursus

Bagi yang masih belum percaya diri untuk belajar bahasa asing sendiri, cobalah cari tempat kursus yang sesuai. Di sana kamu akan diajarkan oleh pengajar profesional berpengalaman. Apabila ada yang tidak kamu pahami, kamu bisa segera menanyakan dan mendapat penjelasan terbaik.

Untuk yang ingin memperdalam bahasa Mandarin, misalnya, pilihlah tempat kursus seperti FarEast Education Language and Cultural Center. Kurikulum pembelajaran bahasa Mandarin dirancang oleh ahli pendidikan dari China yang sudah disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain belajar bahasa Mandarin, kamu juga bisa mempelajari kebudayaan setempat.

 

Praktek mandiri

 

Kesulitan mendapatkan teman untuk jadi lawan bicara bahasa asing? Tenang, kamu masih bisa mempraktekkan ilmu bahasa tersebut secara mandiri. Caranya mudah kok. Untuk menulis, cobalah untuk membuat caption Instagram pakai bahasa tersebut. Sedangkan untuk berbicara sehari-hari, ungkapkan suasana hati hari ini serta deskripsikan keadaan sekitar menggunakan bahasa asing. Jika ada kosakata yang belum dipelajari, bukalah kamus lalu catat untuk menambah bank kosakata.

 

Latih pendengaran dari film

 

Via Freepik

 

Jika praktek menulis dan berbicara bisa dilakukan sendiri, praktek mendengarkan jelas membutuhkan bantuan. Bukan hanya dari native speaker yang ditemui langsung, tapi lewat film. Tontonlah film asal negara yang bahasanya tengah kamu pelajari. Para tokohnya sudah pasti native speaker sehingga kamu bisa latihan listening dan memahami cara pelafalan huruf. Tapi, jangan pakai subtitle bahasa Indonesia ya. Gunakan subtitle bahasa aslinya atau bahkan tidak perlu pakai sama sekali supaya otak terpacu untuk berpikir.

Bonusnya, percakapan di film ini sifatnya natural. Jadi kamu bisa semakin cepat menguasai cara berbicara bahasa asing layaknya native speaker. Apabila menonton film terlalu berat untukmu, mulailah dengan podcast ringan atau video belajar bahasa asing di Youtube.

Tidak peduli berapa pun usiamu, tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa asing menggunakan trik di atas. Selamat belajar!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 651

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease