Pentingnya Merapikan Gigi yang Berantakan

Ris,
0
Pentingnya Merapikan Gigi Yang Berantakan

 

 

Memiliki gigi yang rapi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Senyum jadi terlihat lebih indah, rasa percaya diri pun semakin meningkat. Sayangnya, gigi rapi atau rata tidak bisa dinikmati semua orang secara gratis. Dalam dunia medis, ada istilah maloklusi gigi. Istilah ini merujuk pada gigi berantakan.

Penyebab utama dari maloklusi atau gigi tidak rata ini adalah ukuran rahang yang terlalu kecil sehingga gigi tidak memiliki ruang untuk tumbuh secara rapi. Gigi akan berebut ruang satu sama lain sehingga posisinya miring bahkan saling bertabrakan.

Ada pun faktor eksternal penyebab gigi berantakan. Di antaranya adalah kebiasaan buruk mengisap jempol semasa kecil, cedera rahang, infeksi gusi, serta tindakan perawatan gigi yang kurang tepat oleh non profesional.

Gigi yang berantakan tidak hanya menurunkan rasa percaya diri, tapi juga memiliki dampak bagi kesehatan penderitanya. Inilah pentingnya merapikan gigi yang berantakan!

 

Sulit membersihkan gigi

 

Gigi yang posisinya saling beradu akan menyulitkanmu untuk membersihkan gigi, baik pada bagian permukaan ataupun sela-selanya. Terkadang sikat gigi saja tidak cukup. Kamu butuh usaha ekstra menggunakan obat kumur, dental floss atau benang gigi, serta sikat gigi berukuran mungil.

Apabila sela-sela gigi ini tidak dibersihkan dengan sempurna, maka sisa-sisa makanan akan terkumpul di sana dan berpotensi menimbulkan lubang. Hal ini juga tentu akan menyulitkan proses penambalan karena posisi gigi yang sulit dijangkau. Selain menciptakan gigi berlubang, kondisi ini juga bisa memicu pertumbuhan karang gigi lebih cepat dari biasanya.

 

Radang jaringan periodontal

 

Kalau sudah muncul karang gigi dan tidak segera dibersihkan, maka selanjutnya akan muncul radang jaringan periodontal. Jaringan ini merupakan jaringan pendukung gigi seperti gusi dan tulang alveolar. Gejalanya dapat terlihat dari gusi yang membengkak dan mudah berdarah ketika sedang sikat gigi. Selanjutnya akan memicu masalah pada jaringan periodontal yang menyebabkan gigi goyang.

 

Bau mulut tidak sedap

 

Via Freepik

 

Bau mulut tidak sedap tidak hanya muncul sesudah kamu bangun tidur ataupun makan makanan yang mengandung banyak rempah, tapi juga akibat penumpukan kuman-kuman di area mulut. Inilah akibat dari gigi berantakan yang sulit dibersihkan.

 

Artikulasi kurang jelas

 

Saat berbicara atau melafalkan sesuatu, manusia mengandalkan otot lidah. Tapi, kondisi gigi juga bisa memberi pengaruh pada saat berbicara. Gigi berantakan yang kondisinya sudah parah akan mengganggu ruang gerak lidah. Akhirnya, artikulasi atau pelafalan menjadi kurang jelas.

 

Sulit mengunyah makanan

 

Gigi yang rapi akan memberi gigitan yang kuat. Deretan gigi di rahang atas dan bawah akan mengatup dengan sempurna. Lain halnya dengan gigi yang berantakan, hasil gigitannya tidak kuat. Jika sulit mengunyah makanan, rasa nikmatnya tentu akan berkurang. Ditambah lagi, makanan menjadi kurang halus dan akan memberi beban kerja lebih bagi pencernaan.

Contoh kasus yang sering terjadi adalah gigi gingsul pada taring akan menyulitkan orang tersebut untuk merobek daging. Ada juga yang gigi gerahamnya miring sehingga tidak bisa menghaluskan makanan padat dengan sempurna.

 

Merapikan gigi berantakan

 

Via Freepik

 

Jika gigi sudah terlanjur berantakan, jangan khawatir karena ada beberapa prosedur yang bisa dijalankan. Pada tahap awal dalam kasus rahang kecil, kamu mungkin akan disarankan untuk mencabut gigi yang tidak rapi supaya tercipta ruang bagi gigi lainnya. Ada juga opsi penggunaan retainer yang dapat dilepas pasang apabila kondisi gigi masih belum terlalu parah.

Sedangkan yang paling populer adalah pemasangan kawat gigi. Lamanya pasang kawat gigi bergantung pada kondisi masing-masing pasien. Biasanya berkisar antara 1 hingga 3 tahun. Untuk kasus kelainan rahang akibat genetik atau kecelakaan, tindakan operasi mungkin akan dilakukan demi mendapatkan rahang yang ideal terlebih dulu.

Semua tindakan penanganan gigi berantakan ini wajib dilakukan oleh dokter gigi profesional. Dentalosophy siap membantu kamu untuk mendapatkan senyum menawan dan hidup sehat dengan gigi rapi. Tim medis Dentalosophy memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Yuk, periksakan kondisi gigi ke Dentalosophy di EduCenter BSD!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 593

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease