6 Pekerjaan Keren untuk Para Lulusan Jurusan Sastra

0
59
Diplomat
Diplomat

Banyak orang tua yang hingga kini masih beranggapan bahwa teknik atau ilmu sosial masih menjadi jurusan terbaik di universitas. Tak heran, karena kedua bidang ilmu tersebut memang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan ternama. Namun, tahukah kamu kalau kini banyak perusahaan yang mencari bakat-bakat dari para lulusan jurusan sastra?

Ya, seiring dengan perkembangan teknologi dan digital yang sedemikian pesat, kini jurusan teknik maupun ilmu sosial tak lagi sekeren dulu. Justru, banyak bermunculan perusahaan baru yang berbasis teknologi dan digital yang ternyata sangat membutuhkan para ahli dari bidang seni dan sastra. Lalu, jenis pekerjaan apa saja yang membutuhkan para lulusan jurusan sastra?

Penerjemah atau Interpreter

Penerjemah
Penerjemah

Jurusan sastra tidak hanya terikat pada satu bahasa saja, justru kamu akan dihadapkan pada banyak pilihan, mulai dari Sastra Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, dan masih banyak lagi. Baru-baru ini, muncul bidang ilmu Sastra Korea sebagai pilihan baru jurusan sastra. Dan pekerjaan keren pertama untuk lulusan jurusan sastra adalah menjadi penerjemah, atau yang biasa disebut dengan interpreter.

Pastinya, mereka yang menempuh pendidikan di bidang sastra dan bahasa akan dituntut untuk belajar lebih dari satu bahasa. Hal inilah yang menjadi kekuatan utamanya. Menjadi penerjemah mungkin tak sekeren menjadi kontraktor, tapi jangan salah, karena pendapatan seorang penerjemah bisa menyaingi para kontraktor.

Editor

Editor
Editor

Bagi para lulusan jurusan sastra yang suka membaca, menjadi seorang editor adalah pilihan pekerjaan terbaik. Tidak harus di dunia perbukuan, kamu juga bisa menjadi editor majalah, surat kabar, komik, bahkan artikel blog atau website. Pastinya, bagi seorang ahli bahasa, sudah menjadi kewajibanmu untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah.

Penulis Konten atau Content Writer

Penulis konten
Penulis konten

Pekerjaan satu ini cocok banget buat kamu yang punya hobi menulis. Supaya namamu semakin dikenal, kamu bisa memanfaatkan blog untuk menuangkan ide-ide atau opini yang kamu punya sebagai langkah awal. Kamu bisa menemukan banyak situs blog gratis, sehingga langkahmu untuk menjadi seorang penulis akan semakin mudah.

Diplomat

Diplomat
Diplomat

Lulusan jurusan sastra bekerja di kantor kedutaan? Bisa banget, karena kini bukan hanya bidang ilmu Hubungan Internasional saja yang dicari. Selain di kantor kedutaan, kamu juga bisa mencoba peruntungan di kantor Kementerian Luar Negeri milik pemerintah. Cukup dengan menguasai 2 bahasa asing dan percaya diri, menjadi diplomat kini bukan lagi sekadar impian.

Penulis Kreatif atau Copywriter

Penulis kreatif
Penulis kreatif

Kamu yang ahli bermain kata dan mampu menyulapnya hingga memiliki daya tarik yang tinggi pantas menjadi seorang copywriter. Bakatmu akan menjadi sumber daya terbaik bagi perusahaan yang bergerak di bidang kreatif atau advertising. Tugasmu pun sederhana, cukup membuat kalimat iklan yang menarik untuk berbagai media, seperti iklan televisi atau iklan online di website dan media sosial.

Dosen

Dosen
Dosen

Terakhir, bagilah ilmu yang kamu miliki dengan menjadi tenaga pengajar di sekolah atau kampus. Kamu cukup melanjutkan pendidikan satu jenjang lebih tinggi untuk bisa menjadi dosen. Banyak sekali beasiswa dalam dan luar negeri yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studimu jika kamu tidak ingin lagi menghabiskan uang orang tua untuk membiayai kuliahmu. Jangan malas mencari ya.

Hebatnya lagi, beberapa pekerjaan di atas bisa kamu lakukan di mana saja tanpa perlu datang ke kantor dan terikat dengan jam kerja alias freelance. Siapa bilang lulusan jurusan sastra tidak punya masa depan? Justru kini peluang kariermu akan semakin terbuka lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here