Lakukan Ini Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri!

Ris,
0
Lakukan Ini Biar Kamu Makin Percaya Diri

 

Zaman sekarang makin banyak orang yang kehilangan rasa percaya diri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Mulai dari faktor lingkungan eksternal yang toxic hingga pola pikir yang terlalu negatif. Padahal dengan rasa percaya diri seseorang dapat hidup lebih optimis, bebas dari rasa insecure, hingga mengalami kemajuan karir.

Sudahi rasa kurang percaya diri kamu dan mulai lakukan hal-hal di bawah ini biar makin pede!

 

Mencari kelebihan diri sendiri

 

Via Pixabay

 

Alih-alih selalu memikirkan kekurangan dan membuat rasa percaya diri turun, sebaiknya kamu mulai mencari kelebihan diri sendiri. Jangan hanya dipikirkan, tapi tuliskan pada buku jurnal kamu. Dengan memahami kelebihan diri sendiri, kamu jadi merasa bangga dan lebih percaya diri. Kamu juga bisa mulai mencari kegiatan-kegiatan menarik untuk mengasah dan berbagai kelebihan diri tersebut.

 

Selalu bersyukur

 

Ketika bangun tidur di pagi hari, bersyukurlah atas sesuatu yang kamu miliki. Jika mengalami kesulitan, sebutkan setidaknya 3 hal yang kamu syukuri. Misalnya terima kasih atas cuaca cerah hari ini, terima kasih atas sarapan yang nikmat, dan terima kasih atas rumah nyaman yang kamu miliki.

Bukan hanya meningkatkan rasa percaya diri. Kebiasaan selalu bersyukur di pagi hari dapat membantumu untuk lebih self-love dan menciptakan energi positif untuk menjalani hari.

 

Menjaga postur tubuh yang baik

 

Via Pixabay

 

Terkadang kita sendiri yang membuat rasa percaya diri menurun, salah satunya dengan tidak menjaga postur tubuh. Padahal dengan postur tubuh yang baik saat melakukan setiap aktivitas, aura positif dan rasa percaya diri akan terpancar.

Menjaga postur tubuh bisa dilakukan dengan cara berolahraga, memilih kursi kerja yang tepat, dan menggunakan kasur yang sesuai dengan kondisi tubuh. Ketika berjalan, usahakan untuk menatap lurus dan tidak tertunduk. Langkahkan kaki dengan mantap tanpa peduli siapa yang memandangmu.

 

Olahraga teratur

 

Berolahraga secara teratur tanpa disadari merupakan salah satu cara untuk self-love yang berujung pada peningkatan rasa percaya diri. Jika kamu sudah memiliki berat badan ideal, berolahraga bisa membantumu untuk tetap fit dan menghasilkan hormon bahagia. Apabila kamu mengidap obesitas dan kurang pede akan hal tersebut, berolahraga bisa membantumu menurunkan berat badan dan mengencangkan otot.

Sebagai awal mula, tidak perlu langsung melakukan olahraga berat. Coba ikuti video-video olahraga dari rumah setidaknya selama 15 menit di pagi hari.

 

Bergabung dengan komunitas sesuai minat

 

Via Pixabay

 

Terkadang kita kerap mendapat cemooh atau pendapat negatif dari orang di sekitar terkait minat. Daripada memusingkan perkataan tersebut dan tidak mendapat dukungan, lebih baik kamu bergabung pada komunitas yang sesuai. Dengan demikian kamu akan mendapatkan dukungan terbaik serta berbagi pengalaman. Hasilnya, kamu jadi lebih bahagia dan lebih percaya diri karena tidak melakukannya sendirian.

 

Jaga penampilan

 

Penampilan kamu menjadi hal yang pertama dilihat oleh orang banyak dan mampu mempengaruhi suasana hatimu saat itu. Dengan menjaga penampilan, kamu pastinya akan merasa lebih percaya diri untuk berbaur dengan orang lain.

Cara menjaga penampilan itu sebenarnya sederhana. Pastinya kamu harus mandi dan keramas setiap hari untuk mengurangi bau badan dan menyingkirkan kotoran. Lalu pilih pakaian yang sangat mencerminkan kepribadianmu dan nyaman. Apabila hendak pergi ke suatu tempat, sesuaikan pakaian dengan dress code atau tema acara supaya tidak salah kostum.

Lakukan juga perawatan diri supaya penampilan semakin maksimal. Untuk para wanita, pergilah ke salon dan nikmati body massage. Sedangkan para pria, coba cukur kumis dan janggut dengan rapi. Lalu perhatikan kebersihan dan kerapihan kuku. Jangan lupa untuk merawat kesehatan gigi dengan pergi ke dokter gigi secara teratur misalnya untuk sekedar membersihkan karang gigi, memutihkan gigi atau merapikan gigi.

Itulah 6 hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa lebih percaya diri. Namun ingat pula kalau pola pikir harus diubah. Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain. Jadi dirimu sendiri yang unik dan original, tidak perlu berpura-pura dan mementingkan omongan negatif orang lain.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease