Jenis Sayuran Terbaik Untuk Anak, Apa Saja?

Vana Vana,
0
Sayuran Terbaik Untuk Anak

Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya memiliki tumbuh kembang sehat agar anak mereka selalu sehat, dan orang tua akan memberikan anak mereka sayur-sayuran, sebenarnya setiap sayuran akan selalu bermanfaat untuk anak-anak maupun orang dewasa, namun beberapa jenis sayur tertentu memiliki kandungan yang lebih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Setiap anak memiliki kebutuhan sayur yang berbeda-beda tergantung usia anak dan jenis kelamin anak tersebut, dan menurut Healthy Kids, banyak sajian yang harus diberikan kepada anak yang semakin besar seperti berikut ini:

1 hingga 2 tahun: 2-3 sajian

2 hingga 3 tahun: 2,5 sajian

4 hingga 8 tahun: 4,5 sajian

9 hingga 11 tahun: 5 sajian

12 hingga 18 tahun: laki-laki 5,5 sajian, sementara perempuan 5 sajian

Satu sajian sama dengan 75 gram sayuran atau seperti setengah mangkuk kecil bayam matang, jadi ketika Anda memiliki anak yang sudah berumur tujuh tahun, maka kebutuhan sayur hariannya adalah 337,5 gram.

Setelah mengetahui kebutuhan sayur anak Anda, dan tentu saja kini saatnya Anda mengetahui kebutuhan jenis sayur terbaik untuk anak Anda, dan berikut adalah beberapa jenis sayur yang baik dan bisa Anda olah untuk anak Anda.

  • Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran terbaik untuk anak, sayuran ini memiliki beta-karoten.

Beta-karoten sendiri adalah bahan baku vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan anak, terlebih kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun system kekebalan tubuh dan melindungi sel tubuh anak Anda dari kerusakan.

Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin B1, B3, dan B6, vitamin B1 sendiri membantu tubuh untuk memproduksi energy, vitamin B3 bermanfaat untuk perkembangan otak anak, sementara vitamin B6 diperlukan untuk perkembangan sistim saraf anak.

 

  • Brokoli

Brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran terbaik untuk anak karena memiliki vitamin A, vitamin C, dan juga folat. Vitamin A pada brokoli dibutuhkan untuk membantu kesehatan mata dan melindungi sel tubuh anak kita dari kerusakan.

Vitamin C sendiri juga merangsang pembentukan kolagen yang berguna dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh. Folat dalam brokoli diperlukan untuk proses pembelahan dan perkembangan sel-sel baru yang menyusun tubuh kita.

 

  • Jagung Manis

Jagung Manis dikenal sebagai sumber energy karena jagung tersebut memiliki kandungan energy karbohidrat yang tinggi, dan sayuran berbentuk biji bijian ini juga mengandung protein yang berperan penting bagi pertumbuhan anak.

Protein sendiri memiliki beragam fungsi dalam proses pertumbuhan anak, di antaranya adalah membentuk struktur sel, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membangun massa otot, mengatur jaringan kita dan juga organ, selain itu protein juga membentuk enzim dan antibodi.

 

  • Bayam

Salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral terbaik untuk anak salah satunya adalah bayam, sayuran tersebut memang mengandung vitamin A, C, E, asam folat, zat besi, kalsium dan masih banyak lagi, kombinasi seluruh zat gizi yang dimiliki oleh sayuran tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan mata, perlindungan sel tubuh dari kerusakan, produksi energy, kesehatan pencernaan, serta membantu menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan seseorang.

 

  • Jamur

Nutrisi yang paling banyak di sayuran jamur adalah protein, vitamin B12, kalsium dan juga zat besi, jamur sendiri memiliki hal unik dimana mereka mengandung vitamin D yang biasanya ada pada susu.

Kandungan vitamin D dan kalsium pada jamur sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, selain itu, kalsium juga membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

Memberikan jenis sayur yang terbaik pada anak tentu saja akan membantu proses tumbuh kembang anak, berbagai nutrisi akan membawa banyak manfaat untuk anak, tugas Anda sebagai orang tua untuk mengenalkan sayuran tersebut sejak dini kepada anak agar anak sudah terbiasa untuk makan sayuran secara optimal.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback