Game Edukasi Anak Yang Mendidik

Ris,
0
game-edukasi-anak-mendidik-educenter

via Pixabay

Apa yang Anda lakukan ketika melihat anak terlalu asyik bermain game di smartphone? Tentu kesal dan cemas akan tumbuh kembangnya. Namun, permasalahan ini dapat diatasi dengan cara membatasi waktu bermain game dan menyeimbangkan keseharian dengan beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, sebaiknya berikan anak game edukasi yang sifatnya mendidik. Jadi selain merasa terhibur, secara tidak langsung anak-anak bisa mempelajari hal baru.

Ini dia rekomendasi game edukasi anak yang patut diunduh di tahun 2022 ini!

 

Khan Academy Kids

 

via Khan Academy

 

Aplikasi game untuk anak ini berbasis bahasa Inggris dan diperuntukan bagi balita, anak prasekolah, serta taman kanak-kanak. Di dalamnya terdapat banyak kegiatan interaktif yang mudah diikuti anak-anak. Di antaranya adalah menyusun huruf, menulis, membaca, matematika dasar, hingga keterampilan untuk memecahkan masalah. Kegiatan play to learn ini dikemas dengan animasi kartun sehingga lebih menarik bagi anak-anak.

 

Duolingo

 

via Tech & Learning

 

Di era global ini, mempelajari bahasa asing sangat penting bagi masa depan anak. Bukan hanya bahasa Inggris, tapi juga bahasa Mandarin dan lainnya. Alih-alih mendaftarkannya ke kursus atau les bahasa, Anda bisa memperkenalkan bahasa asing tersebut lewat game edukasi Duolingo. Setidaknya ada 30 pembelajaran bahasa asing yang disediakan Duolingo yaitu Inggris, Korea, Jepang, Perancis, Mandarin, Spanyol, dan sebagainya.

Melalui aplikasi ini, orangtua juga dapat menganalisa seberapa tinggi minat anak terhadap bahasa asing. Jika sudah cukup umur, baru daftarkan mereka ke lembaga kursus bahasa atau kursus online untuk mengembangkan kemampuannya lebih dalam lagi.

 

Quick Brain

 

via Daily Info

 

Kalau game edukasi yang satu ini cocok untuk anak usia sekolah dasar. Dilihat dari namanya, aplikasi ini mengajak anak untuk menggunakan otaknya dalam berpikir cepat, terutama dalam pelajaran matematika. Masing-masing soal matematika memiliki batas waktu untuk diselesaikan. Anak-anak pun akan semakin terpacu untuk cepat berhitung layaknya sedang berkompetisi atau mengerjakan ulangan. Aplikasi game untuk anak ini sangat tepat dimainkan saat libur sekolah agar anak tetap terbiasa dengan pelajaran matematika.

 

Coloring & Learn

 

via APKFab

 

Kegiatan anak bermanfaat dan paling mudah dilakukan di rumah adalah mewarnai. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat mengasah kemampuan motorik, melatih konsentrasi, serta mengasah kreativitas. Dalam proses mewarnai, anak-anak juga akan diperkenalkan kepada aneka bentuk dan benda yang sering ditemui sehari-hari. Untuk anak yang sedang persiapan masuk sekolah, aplikasi ini patut dicoba.

 

Block! Hexa Puzzle

 

via YouTube

 

Masih ingat permainan tetris? Nah, game edukasi Block! Hexa Puzzle ini mirip dengan tetris, hanya bentuknya berupa segi delapan. Potongan segi delapan ini tidak dapat diputar sehingga anak harus mengasah otak dan berpikir bagaimana supaya semua potongan dapat menyatu dengan baik. Selain anak-anak, orang dewasa juga bisa ikut bermain.

 

Puzzle Kids: Animals Shapes & Jigsaw Puzzle

 

via Puzzle Kids

 

Aplikasi game untuk anak yang berikutnya berupa puzzle dengan gambar binatang. Permainan puzzle-nya sendiri dikemas dalam 4 kategori yaitu mencocokkan bentuk, menyusun objek, tebak gambar, dan teka-teki jigsaw. Anak-anak bisa mengenal aneka jenis binatang sekaligus menyebutkan bagian-bagian tubuh yang tidak dimiliki oleh manusia.

 

Simply Piano by JoyTunes

 

via TidBITS

 

Saat liburan di rumah, ada banyak kegiatan bermanfaat yang cocok untuk mengisi waktu luang si kecil. Misalnya saja les musik. Nah, untuk les musik Anda bisa berikan Simply Piano by JoyTunes. Aplikasi ini khusus untuk mereka yang ingin belajar main piano sebagai pemula. Kategorinya terbagi atas tingkat kemahiran masing-masing.

Sebagai orangtua, Anda harus tetap mendampingi anak saat bermain. Dengan demikian, anak tidak bermain hingga larut malam dan ada pembimbing yang mengajarinya ketika mereka merasa kesulitan. Semoga 7 game edukasi tadi bisa bermanfaat!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease