Dance, Ini Sederet Manfaatnya untuk Anak & Dewasa!

Ris,
0
dance-ballet-ini-sederet-manfaatnya-untuk-anak-EDUCENTER

 

 

Kegiatan menari atau dance bukan hanya sekedar soal kesenian yang ditampilkan untuk urusan hiburan dan pelestarian kebudayaan. Banyak yang bilang kalau dance itu bermanfaat memberi pertunjukan memukau dan menyenangkan hati orang lain. Kenyataannya, dance  juga memberikan manfaat menarik bagi para pelakunya sendiri. Hal ini pula tidak terbatas pada usia dan gender, loh. Dance juga banyak jenisnya, salah satunya ballet, ada juga musical theatre (teater musikal) , tarian tradisional dan masih banyak jenis lainnya.

Dance yang pada dasarnya memaksa seluruh anggota tubuh untuk bergerak, tentu menjadikan seseorang lebih sehat. Dari segi fisik maupun mental, ini dia manfaat dance yang perlu kamu ketahui!

 

Menurunkan berat badan

 

Jika olahraga biasa terasa berat dan melelahkan, maka dance merupakan kegiatan yang asik. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, seluruh bagian tubuh akan bergerak saat dance. Tanpa disadari, gerakan-gerakan tersebut akan membakar kalori dengan cepat sehingga berat badan pun turun. Ada pula beberapa jenis dance seperti ballet yang dapat membantumu mengencangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas.

Menurut penelitian yang disertakan dalam Journal of Physiological Anthropology, latihan dance memberikan efek olahraga yang setara dengan bersepeda dan jogging.

 

Meningkatkan daya ingat

 

Via Pixabay

 

Dance termasuk sebagai kategori latihan fisik. Latihan seperti ini dipercaya mampu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Dengan demikian, para dancer memiliki resiko yang amat rendah untuk mengidap demensia di kemudian hari. Para ilmuwan yang melakukan penelitian terkait, menyatakan bahwa latihan fisik ini mampu menjaga volume pada bagian otak yang berfungsi untuk mengatur daya ingat.

 

Mengurangi stress

 

Kamu pasti sudah sering mendengar kalau untuk mengurangi stres, kita perlu berolahraga ringan. Nah, dance menjadi salah satu alternatif dari olahraga. Apalagi menggunakan musik. Badan aktif bergerak, mood pun jadi lebih happy.

 

Jaga kesehatan jantung

 

Penelitian oleh ilmuwan di Italia menemukan sebuah fakta menarik terkait menari / dance. Pasien yang menderita gagal jantung berhasil mengalami peningkatan kesehatan jantung dan pernafasan karena rutin menari Waltz. Kualitas hidupnya lebih baik dibandingkan mereka yang memilih olahraga sepeda atau jalan santai di atas threadmill sebagai latihan fisik selama proses penyembuhan.

 

Menjaga keseimbangan dan postur tubuh

 

Via Pixabay

 

Keseimbangan dan postur tubuh dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Dengan rutin menari / dance, tubuh dapat membentuk postur yang baik. Misalnya saja seperti masalah postur yang membungkuk atau condong ke kanan/kiri. Keseimbangan tubuh juga lebih terkontrol sehingga resiko jatuh saat berjalan dapat dihindari.

 

Menambah teman

 

Via Pixabay

 

Saat mengikuti kelas dance / menari, berapa pun usia kamu, itu artinya kamu akan mendapatkan banyak teman. Teman-teman baru di dalam kelas dance hadir dari berbagai kalangan. Itu artinya, kamu bisa memperluas jangkauan pertemanan untuk berbagi cerita, berkumpul, bahkan menemukan rekan kerja. Menambah teman juga berarti meningkatkan kualitas kehidupan kita sebagai mahkluk sosial. Mood dan sistem kekebalan tubuh pun semakin membaik karenanya.

 

Meningkatkan rasa percaya diri

 

Secara tidak langsung, kegiatan menari / dance dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan menari / dance kamu juga dapat menemukan bakat terpendam setelah sekian lama, misalnya ternyata kamu mampu menari dan menguasai gerakan dance dalam waktu singkat. Maka kamu akan merasa lebih percaya diri saat melakukan dance bahkan saat tampil di depan umum. Saat melakukan kegiatan lain pun demikian, kamu akan merasa lebih percaya diri karena sudah mengetahui bakat dan mampu mengontrol emosi.

 

Kelola waktu dengan baik

 

Saat dance / menari sendirian, berpasangan, ataupun berkelompok, secara otomatis kamu akan belajar mengelola waktu dengan baik. Utamanya ketika membagi waktu belajar menari / dance dengan kegiatan harian lainnya. Begitu pula saat menyamakan gerakan dance dengan musik serta dengan anggota kelompok sehingga bisa menampilkan dance yang kompak dan indah.

 

Dance with Flamingo

 

Di Gedung EduCenter sendiri ada studio dance yang menarik untuk diikuti Flamingo Studio. Ada banyak genre dance khususnya untuk anak-anak. Di antaranya adalah ballet, modern jazz, tap, hiphop dan teater musikal. Jenjangnya beragam sehingga mudah dinikmati oleh para pemula ataupun yang sudah pernah belajar sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Flamingo Studio, dapat menghubungi WhatsApp +62 815 977 4030

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease