6 Channel YouTube Anak yang Edukatif

Ris,
0
channel-youtube-anak-edukatif-educenter-bsd

 

via Orami

 

Sebentar lagi si kecil akan masuk sekolah? Salah satu persiapan masuk sekolah yang perlu dilakukan oleh orangtua adalah mengajarkan beberapa pengetahuan dasar supaya si kecil tidak terlalu kaget. Misalnya saja dengan mengajarkan huruf, angka, dan cara bersosialisasi. Atau mengajarkan ensiklopedia jika anak sudah memasuki usia sekolah dasar. Orangtua dapat mengajarkan secara langsung layaknya seorang guru atau menggunakan platform YouTube.

Karena anak-anak suka meniru apa yang mereka lihat, ada baiknya Anda selektif dalam memilih channel YouTube untuk mereka tonton. Pastinya channel YouTube tersebut harus memberikan konten edukasi. Kami bantu berikan 6 channel YouTube edukasi supaya Anda ga pusing mencarinya lagi.

 

Pinkfong

 

via Sensical

 

Pernah dengar lagu anak-anak berjudul Baby Shark? Pasti dong. Lagu ini viral di berbagai media sosial seperti TikTok dan Instagram. Rasanya hampir semua anak mengenal lagu tersebut. Nah, lagu tersebut ternyata berasal dari konten milik channel YouTube Pinkfong. Channel ini banyak mengajarkan tentang hewan, alam, dan tips keseharian untuk anak-anak.

 

Little Baby Bum

 

via YouTube

 

Untuk berjuang di era globalisasi, anak-anak sebaiknya diperkenalkan kepada Bahasa Inggris sejak dini. Channel YouTube yang tepat untuk membantu anak belajar bahasa Inggris adalah Little Baby Bum. Pengenalan Bahasa Inggris dilakukan melalui lagu anak-anak yang dilengkapi dengan animasi dan teks. Topik yang dibahas dalam channel ini meliputi alfabet, angka, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

 

Cocomelon

 

via YouTube

 

Kalau channel yang satu ini rasanya sudah akrab juga di telinga para mama ya. Channel Cocomelon bisa dikatakan sebagai salah satu channel YouTube edukasi anak berbahasa Inggris yang populer di tahun 2022. Tokoh utama dalam cerita adalah bayi laki-laki. Di setiap videonya selalu ada lagu yang mudah diikuti oleh anak-anak dan mengandung pelajaran sederhana seperti alfabet dan angka.

 

Game Edukasi

 

via YouTube

 

Sesuai dengan namanya, channel YouTube asal Indonesia ini menyajikan konten edukasi yang dibalut sebagai fun games for kids. Jadi, videonya tidak bersifat satu arah namun memancing anak untuk berinteraksi dan berpikir juga. Orangtua juga dapat berpartisipasi untuk menghentikan video sementara dan memberi anak waktu memikirkan jawabannya, serta mengoreksi jika ada kesalahan. Pelajaran dasar yang diberikan di antaranya adalah mengenal benda di sekitar, aneka bentuk, hewan, dan membaca.

 

Diva the Series

 

via YouTube

 

Berikutnya ada channel YouTube edukatif karya anak bangsa yang dibuat dalam bentuk film kartun anak. Konten-kontennya menceritakan keseharian gadis bernama Diva yang ditemani oleh kucingnya, Pupus. Hal-hal yang diajarkan oleh channel ini adalah sosialiasi dan pesan moral. Karena pembahasannya yang cukup rumit, film kartun anak ini lebih cocok ditonton anak SD untuk menghabiskan waktu saat liburan di rumah.

 

Nous ID

 

via Kuyou

 

Ada pula channel YouTube edukatif yang membagikan info ensiklopedia untuk anak SD. Info ensiklopedia tersebut umumnya akan dibahas di sekolah, namun kali ini dikemas dengan animasi menarik dan bahasa yang ringan. Anak pun akan lebih mudah memahaminya dan bersemangat mengumpulkan info-info menarik lainnya. Contoh topik yang dibahas oleh channel ini adalah nuklir, satelit, virus, fenomena alam, dan sebagainya. Channel ini cocok ditonton saat libur sekolah supaya anak tetap mendapatkan pembelajaran.

Perlu diingat bahwa penggunaan gawai memang memberikan manfaat bagi semua orang, termasuk anak. Tapi jika berlebihan maka akan memberi dampak negatif. Jadi, pastikan untuk menyalakan mode YouTube Kids supaya video yang ditonton sesuai dengan usia anak dan durasi menonton dapat dikontrol.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease