9 Profesi Ini Cocok Untuk Anda Lulusan Teknik Informatika

Mengingat perkembangan teknologi makin pesat, kemampuan programming seorang lulusan teknik informatika tentu banyak diburu oleh perusahaan, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang kreatif seperti start-up.

Nah, sudah tahu mau jadi apa setelah lulus dari jurusan teknik informatika? Jika belum, 9 profesi ini mungkin jadi alternatif yang cocok untuk Anda.

 

Mobile Appliaction Developer

Lulusan Teknik Informatika

Sumber : webpulseindia.com

 

Mobile Application Developer merupakan salah satu profesi yang pas bagi lulusan teknik informatika. Salah satu tanggung jawab seorang mobile developer adalah memprogram aplikasi berdasarkan rancangan aplikasi yang dibuat oleh tim desain. Untuk bisa menjadi seorang mobile developer yang andal, Anda harus menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti Java untuk Android dan Objective-C atau Swift untuk iOS.

 

Web Developer

Sumber : 3ddigital.com

 

Selain mobile developer, seorang lulusan teknik informatika juga bisa menjadi web developer. Web developer sendiri biasanya dibagi menjadi dua yakni front-end developer dan back-end developer. Tentu saja ke dua posisi tersebut memiliki peran yang berbeda. Front-end lebih fokus pada antarmuka (interface) sebuah website. Sedangkan urusan sistem manajemen konten menjadi tanggung jawab back-end developer.

System Analyst

Sumber : myperfectresume.com

 

Tanggung jawab seorang system analyst biasanya lebih besar karena ia harus merancang sebuah sistem sebelum aplikasi atau website benar-benar dibuat. Sebelum mulai merancang, system analyst harus mengetahui dengan jelas kebutuhan klien, bagaimana databasenya akan dibuat, spesifikasi hardware yang dibutuhkan, hingga membuat berapa anggaran yang akan dipakai dalam pengerjaan suatu sistem.

 

UI/UX Designer

Sumber : eannovate.com

 

Sebuah software tak boleh asal dibuat, melainkan benar-benar harus mempertimbangkan kebutuhan penggunanya. Software yang dibuat pun harus mudah digunakan, bukan malah membuat penggunanya makin bingung. Nah, untuk membuat aplikasi seperti itu dibutuhkan peran seorang UI/UX designer. Di beberapa perusahaan start-up di Indonesia, UI dan UX ini dibedakan menjadi dua posisi yang berbeda.

 

Data Scientist

Sumber : loginworks.com

 

Data scientist ini mungkin lebih cocok untuk mereka yang lebih menyukai riset karena terkait dengan pengolahan data dalam jumlah yang besar. Adapun kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang data scientist yaitu menguasai platform big data seperti Hadoop, Hive and Pig, SAS dan R. Di samping itu, pemahaman yang matang tentang mechine learning juga bisa jadi nilai plus untuk seorang data scientist.

 

Network Administrator

Sumber : thecanadiancollege.ca

 

Seorang lulusan teknik informatika yang menjadi network administrator punya tanggung jawab menjaga keamanan dan keberlangsungan sistem jaringan seperti menangani DNS server dan FTP server. Sebelum menjalankan tugasnya, ada ilmu yang harus diketahui oleh seorang network administrator di antaranya yaitu IP dan subnetting, switching dan routing, serta hardware networking.

 

Software Quality Assurance

Sumber : testing-companies.com

 

Tugas utama seorang software quality assurance (SQA) ialah mencari bug atau eror dari sebuah software agar software yang dihasilkan nantinya memiliki kualitas yang baik.  Sebelum mulai menguji, SQA harus merancang alur pengujian dan setelahnya wajib membuat laporan pengujian.

 

Database Administrator

Sumber : newenglandcollegeonline.com

 

Database administrator (DBA) biasanya tak lepas dari tugas merancang, mengimplementasikan, dan memelihara database. Di samping itu, seorang DBA juga bertanggung jawab untuk memulihkan kerusakan bila terjadi kesalahan dalam pengolahan database. Lulusan teknik informatika yang ingin menekuni profesi ini wajib menguasai platform database servers seperti Oracle, SQL server, dan Postgre.

Artificial Intelligence (AI) Specialist

 

Sumber : scmp.com

 

Selain data scientist, tugas seorang AI spesialist biasanya juga berbasis riset. Tujuan AI spesialist adalah membuat software/hardware yang mampu berpikir logis dan menjalankan suatu perintah layaknya manusia. Salah satu contohnya yaitu robot Sophia yang bisa diajak berbincang-bincang. Untuk menghasilkan produk seperti itu tentu dibutuhkan keahlian tingkat tinggi dalam bidang artificial intelligence sekaligus data mining.

 

Itu dia 9 alternatif profesi yang tepat untuk lulusan teknik informatika yang sedang mencari kerja. Selamat mencari dan semoga beruntung.

Exit mobile version