Mari Kenali 3 Tipe Belajar Siswa dan Cara Mengoptimalkannya

Apakah Anda susah belajar? Sudah mengikuti les, tetapi hasilnya tidak terlalu berubah? Mungkin Anda memiliki gaya belajar yang berbeda. Anda pasti pernah mendengar tentang tipe belajar siswa. Hal ini memiliki arti bahwa seorang siswa bisa menangkap suatu ilmu lebih baik dengan cara tertentu. Jika seseorang jarang belajar dengan cara tersebut yang sesuai dengan tipe belajarnya, maka dia akan kesulitan memahami sesuatu. Berikut 3 tipe belajar dan cara mengoptimalkannya.

Tipe Auditori

Tipe Belajar

pixabay.com

Banyak anak yang memiliki tipe belajar dengan mendengarkan. Oleh karena itu, banyak anak yang mudah memahami dan mengingat hanya dari penjelasan guru.

Ciri-ciri:

Cara Belajar:

Setelah mendapatkan penjelasan, bertanyalah jika ada yang membingungkan. Jika perlu, rekam penjelasan guru dan dengarkan berulang-ulang. Belajar sambil mendengarkan musik atau bersama teman juga sangat membantu. Jika sedang membaca, bacalah dengan bersuara.

Tipe Visual

pixabay.com

Tipe belajar ini adalah kebalikan dari sebelumnya. Tipe ini justru kesulitan memahami pelajaran dari penjelasan guru saja.

Ciri-ciri:

Cara belajar:

Tipe Kinestetik

pixabay.com

Belajar sambil praktik adalah hal yang paling disukai siswa bertipe belajar ini. Mendengar dan membaca tidak akan cukup tanpa pembuktian lewat menyentuh atau praktik.

Ciri-ciri:

Cara Belajar:

Jika Anda adalah orangtua, maka mengetahui tipe belajar bisa membantu Anda memikirkan cara untuk menjelaskan sesuatu ketika Anda mendampinginya belajar. Jika Anda seorang guru, maka ini bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam menyiapkan strategi pembelajaran yang menyeluruh.

Exit mobile version