Tips Jitu Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Jessica,
0
Mengenali Bakat Anak

Pentingkah bagi orang tua mengetahui bakat anak sejak kecil? Tentu saja perlu. Dengan mengenali bakat anak sejak dini, orang tua akan lebih mudah untuk mengarahkan dan mengasah bakat tersebut. Sehingga, kemungkinan anak akan berprestasi saat menginjak usia dewasa pun akan lebih besar.

Sayangnya, selama ini masih banyak orang tua yang terlalu cepat menentukan bakat anaknya dengan hanya melihat aktivitas yang senang dilakukan si buah hati. Anak yang suka bernyanyi bisa jadi memiliki bakat di dunia seni tarik suara. Namun sesungguhnya, hal tersebut tidak bisa menjadi patokan, karena kesukaan anak, terutama yang masih berumur dibawah 5 tahun masih sering berubah-ubah. Nah, berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengenali bakat anak dengan tepat.

 

Memperhatikan Perilaku Anak

 

Mengenali Bakat Anak

Sumber : parenting

 

Coba mulai memperhatikan tingkah laku anak sehari-hari. Perhatikan dengan saksama aktivitas apa yang paling sering dilakukan anak. Apakah itu menggambar, bermain musik, atau berolahraga. Setelah itu, cek apakah ia konsisten melakukan hal tersebut dan senang berlama-lama melakukannya. Jika anak terlihat sangat menikmati melakukan salah satu kegiatan, bahkan tidak ingin diganggu saat sedang fokus melakukannya, kemungkinan besar itulah bakatnya.

 

Berikan Anak Kebebasan Bereksplorasi

Mengenali Bakat Anak

Sumber : parentingclub

 

Dengan hanya mengurung anak di dalam rumah,  ia tidak akan memiliki kesempatan mencoba banyak hal. Anak pun akan kesulitan menemukan bakatnya. Bagaimanapun juga, seorang anak akan menyukai sesuatu jika ia pernah mencobanya. Bisa jadi buah hati Anda memiliki bakat dalam dunia seni musik. Namun jika ia tidak pernah diberi kesempatan memainkan gitar, piano, atau biola, dari mana ia tau kalau aktivitas bermain musik tersebut sangat menyenangkan dan disitulah letak bakatnya?

 

Ciptakan Stimulus

Mengenali Bakat Anak

Sumber : thienphucmusic

 

Mengenali bakat anak memang tidak selalu mudah. Saat Anda kesulitan menemukan bakat buah hati dengan melihat hobinya, Anda dapat mencoba memberinya pancingan untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seperti mengikutsertakan anak dalam beberapa jenis les, misalnya les musik, seni tari, atau olah raga. Beberapa sekolah saat ini telah banyak pula yang menyediakan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler untuk membantu mengenali bakat anak didiknya. Saat memilih sekolah untuk si kecil, pastikan apakah sekolah tersebut menyediakan kegiatan-kegiatan ekstra untuk mengenali bakat anak agar Anda tidak perlu keluar uang lebih untuk mendaftarkan anak Anda pada tempat les.

 

Mengelompokkan Jenis Kecerdasan Anak

Mengenali Bakat Anak

Sumber : trevormcquade

 

Untuk mempermudah mengenali bakat anak, Anda perlu memahami bahwasanya terdapat 8 jenis kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap anak, diantaranya: kecerdasan bahasa, logika-matematika, kinestetik, spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, dan spiritual.  Setiap anak dianugerahi bakat yang berbeda-beda. Tidak menutup kemungkinan mereka memiliki lebih dari satu bakat. Misalkan, anak Anda tidak hanya memiliki bakat memainkan musik saja, melainkan juga pandai menari.

 

Mengikuti Tes Pengenalan Bakat

Mengenali Bakat Anak

Sumber : hellosehat

 

Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengenali bakat anak adalah dengan mengikuti tes sidik jari pengenalan bakat. Namun perlu pula dipahami bahwa setelah mengetahui jenis bakat anak melalui tes tersebut, Anda pun tetap harus berupaya untuk mengasahnya. Meski anak memiliki bakat bermain musik misalnya, ia tidak akan berprestasi tanpa berlatih secara terus-menerus.

 

Berpartisipasi dalam Berbagai Perlombaan

Mengenali Bakat Anak

Sumber : novakdjokovicfoundation

 

Menurut Howard Gardner, bakat merupakan sebuah aktivitas teratur yang dihargai oleh orang lain dan dapat dinilai berdasarkan tingkat kemahirannya.  Nah, jadi seorang anak dapat dinyatakan telah berhasil menemukan bakatnya jika ia telah mahir dalam bidang tersebut dan telah mendapatkan pengakuan dari khalayak. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengukur keahlian buah hati adalah dengan mengikutsertakan ia pada lomba-lomba yang sesuai dengan minatnya. Jika dari lomba tersebut ia dapat meraih prestasi, maka kemungkinan besar di situlah lekat bakatnya.

Demikianlah tips jitu dalam mengenali bakat anak. Semoga bermanfaat.

Be the first to write a comment.

Your feedback