Tips agar Berhasil Kuliah Sambil Bekerja

Jessica,
0

Bagi sebagian orang, bangku perkuliahan merupakan suatu masa yang tidak boleh disia-siakan. Tak heran, banyak mahasiswa yang akhirnya mengambil pekerjaan sampingan, misalnya menjadi tutor, staf di sebuah sekolah atau universitas, maupun karyawan magang di perusahaan besar.

Jika berhasil, mahasiswa yang melakoni kuliah sambil bekerja bisa menjadi orang yang sukses, mandiri, dan tetap berprestasi di bangku perkuliahan. Namun, jika tidak bisa mengelola waktu, tenaga, dan pikiran, maka banyak pula mahasiswa yang akhirnya harus menjalani masa perkuliahan yang sulit, IPK jelek, bahkan hingga drop out (DO).

Lalu, bagaimana supaya berhasil kuliah sambil bekerja? Ini beberapa tips yang wajib Anda ketahui:

  1. Tetap Utamakan Kuliah

Utamakan kuliah

Utamakan kuliah

Sebagai seorang mahasiswa, kuliah adalah hal utama yang harus didahulukan di atas hal-hal lain, termasuk bekerja. Meski Anda diterima bekerja atau magang di perusahaan ternama, jangan langsung gelap mata dan melupakan kewajiban belajar.

  1. Sesuaikan Jam Kerja dengan Jam Kuliah

Sesuaikan jam kerja dan kuliah

Sesuaikan jam kerja dan kuliah

Jika mengambil kuliah reguler (masuk pagi dan siang), sebaiknya Anda mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan pada waktu sore hingga malam hari. Ketahui jam kerja di tempat Anda akan bekerja sejak awal. Tanyakan detail pekerjaan, termasuk jam kerja, pada saat Anda melakukan wawancara kerja.

Selain itu, pada saat mengirimkan lamaran pekerjaan atau melakukan wawancara kerja, biarkan pihak perusahaan mengetahui bahwa Anda saat ini sedang kuliah. Hal ini penting supaya pihak perusahaan atau kantor bisa mempertimbangkan jam kerja Anda kelak.

  1. Atur Waktu dengan Baik

Atur waktu dengan baik

Atur waktu dengan baik

Jika pihak kantor atau perusahaan telah mengetahui bahwa Anda sedang kuliah, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat jadwal yang pasti. Jadwal pasti (jadwal kegiatan harian) bisa membantu Anda dalam mengatur waktu. Jangan biarkan waktu Anda terbuang sia-sia atau Anda akan menyesal di kemudian hari.

Menjalankan dua peran sekaligus yaitu sebagai anak kuliahan dan pegawai atau karyawan memang tidak mudah. Namun, hal tersebut bisa dipelajari. Dalam menjalani kuliah sambil bekerja, mintalah bimbingan dari keluarga, sahabat dekat, maupun dosen terkait manajemen waktu yang baik.

  1. Hindari Masalah di Kampus dan di Kantor

Hindari masalah

Hindari masalah

Hindari membuat masalah di tempat Anda kuliah dan di tempat Anda bekerja. Usahakan untuk mendapat nilai yang bagus dalam setiap mata kuliah, menjaga komunikasi yang baik dengan teman kuliah dan dosen, mendapatkan IP semester dan IPK yang baik, tidak membolos kuliah, dan lulus kuliah tepat waktu.

Di tempat Anda bekerja, usahakan untuk masuk kerja tepat waktu, menjaga komunikasi baik dengan atasan dan sesama karyawan, menciptakan prestasi, dan tidak membolos. Menghindari masalah di kampus dan di kantor bisa memuluskan perjalanan kuliah sambil bekerja yang sedang Anda jalani.

  1. Gunakan Waktu dengan Baik

Gunakan waktu dengan baik

Gunakan waktu dengan baik

Ketika Anda menjalani kuliah sambil bekerja, manfaatkan momen ini dengan baik untuk belajar. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan, misalnya pelajaran nyata mengenai dunia kerja, perjuangan mencari uang, dan perjuangan menjadi seorang mahasiswa.

Dengan menggunakan waktu dengan baik serta belajar dari pengalaman yang Anda dapat, Anda bisa menjadi orang yang mampu menghargai setiap detail kehidupan.

Nah, itu tadi 5 tips mudah agar sukses kuliah sambil bekerja. Kuliah sambil kerja tidak sulit. Namun, hal tersebut membutuhkan konsentrasi dan usaha yang lebih. Sebaiknya siapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menjalani keduanya.

Be the first to write a comment.

Your feedback