Tak Hanya Sebagai Pengisi Waktu Luang, Berikut 5 Manfaat Membaca Komik yang Perlu Kamu Tahu

Sebagian besar orang beranggapan, komik atau buku cerita bergambar hanyalah untuk anak-anak usia 5 hingga 10 tahun. Beranjak remaja, komik serta merta menjadi jenis bacaan yang terlihat kekanakan dan salah alamat jika dibaca remaja, bahkan orang dewasa. Menurut mereka, tak banyak manfaat membaca komik yang akan didapatkan, berbeda dengan novel, majalah, maupun surat kabar.

Sebetulnya tidak ada batasan usia untuk membaca komik, tak seperti novel yang memiliki target usia. Terlebih lagi, jika dibandingkan dengan beragam jenis buku lainnya, komik ternyata memiliki segudang nilai plus. Tak hanya sebagai pengisi waktu luang, berikut manfaat membaca komik yang justru tak banyak diketahui:

Meningkatkan Imajinasi

Manfaat Membaca Komik - Peppy pals

Manfaat Membaca Komik – Peppy pals

Isi sebuah komik lebih didominasi oleh gambar dibandingkan dengan tulisan. Saat membaca komik, kamu tak hanya akan menjumpai berbagai karakter yang serbaunik dan cenderung aneh. Kamu juga akan diajak mengunjungi tempat-tempat yang hanya ada di dunia imajinasimu. Bagi orang-orang yang bekerja sebagai animator, membaca komik justru mampu menghadirkan inspirasi tersendiri.

Mengasah Kreativitas

Manfaat Membaca Komik – Linkedin.com

Sekali waktu kamu pasti pernah bertanya-tanya dari mana para komikus ini mendapatkan kemampuan menggambar komik yang keren. Tentu saja jawabannya adalah dari membaca komik-komik lainnya. Dengan membaca komik, kreativitasmu juga akan terlatih, karena kamu pasti ingin mencoba menggambar salah satu tokoh yang ada di dalamnya.

Memperkuat Daya Ingat

Manfaat Membaca Komik – Ulasan Kesehatan

Dibandingkan dengan membaca novel, manfaat membaca komik akan lebih mudah dirasakan karena adanya gambar-gambar yang lucu. Pastinya, kamu akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengingat kembali isi novel yang telah kamu baca. Tak jarang, kamu harus membacanya lebih dari sekali untuk bisa benar-benar memahami ceritanya. Namun, kamu tak perlu membaca komik dua kali untuk mengerti isinya.

Sarana Hiburan Super Murah

Manfaat Membaca Komik – Wikimedia Commons

Mencari hiburan tak harus dengan pergi menghabiskan uang dengan berwisata ke suatu daerah. Apalagi kalau kamu sedang tidak punya uang alias bokek. Namun, kamu bisa menggantinya dengan membaca komik. Bahkan, kamu tak perlu harus membelinya dengan harga yang kini semakin melambung. Kamu bisa menyewanya di persewaan, kalau pun harus membelinya, kamu bisa membeli yang bekas di pasar buku murah.

Pereda Stres yang Ampuh

Manfaat Membaca Komik – Glamour

Manfaat membaca komik yang terakhir adalah sebagai pereda stres yang sangat manjur. Cerita-ceritanya yang ringan ditambah dengan gambar-gambar lucu akan mudah untuk memancing tawa. Kapan saja kamu merasa stres karena tugas kuliah atau pekerjaan rumah yang terasa tak ada habisnya, kamu bisa meredakannya dengan membaca komik.

Tidak hanya anak sekolah atau mahasiswa saja, bahkan para pekerja kantoran pun banyak yang suka membaca komik untuk menghilangkan kepenatan karena beban pekerjaan yang terasa menggunung. Komik justru dirasa lebih ampun untuk meredakan ketegangan otak dibandingkan dengan novel.

Membaca komik tak lantas membuatmu masih terlihat seperti anak kecil. Bahkan kamu tetap bisa mengambil sebuah pesan atau pelajaran dari komik yang kamu baca. Menurut hasil penelitian, buku yang memiliki gambar cenderung lebih diminati dibandingkan dengan yang hanya berisi tulisan. Selain itu, adanya gambar juga menjadikan sebuah buku tidak monoton dan membosankan.

Apa pun jenisnya, buku tetaplah memiliki manfaat yang tak tergantikan, meskipun era digital kini tengah berkuasa. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memilah dan menyerap informasi yang berguna. Jadi, masih mengira komik hanya untuk anak kecil?

Exit mobile version