Menentukan Resolusi Tahun 2023

Ris,
0
Menentukan Resolusi Tahun 2023

 

Setiap kali menyambut tahun baru, orang-orang selalu menyiapkan resolusi. Kali ini tentu saja resolusi tahun baru 2023. Menentukan resolusi tahun 2023 terdengar mudah. Tapi, kenyataannya ada saja orang yang masih kebingungan dengan tujuan hidupnya sehingga salah membuat resolusi tahun baru. Alhasil, resolusi 2023 terabaikan dan terlupakan hingga tahun berikutnya datang. Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Kalau iya, maka inilah saatnya untuk menerapkan cara baru menentukan resolusi 2023!

 

Gunakan metode SMART

 

Bagi kamu yang masih bingung menentukan resolusi tahun 2023, cobain metode SMART yang merupakan kepanjangan dari:

S – specific: Tentukan apa yang akan kamu lakukan demi mencapai goals. Misalnya, aku akan mengurangi jajan kopi di kafe supaya bisa menabung lebih banyak.

M – measurable: Tentukan sesuatu dengan angka atau hitungan lainnya. Misalnya, aku hanya boleh merokok sekali sehari.

A – achievable: Sebuah resolusi harus dapat diraih dengan pertimbangan yang masuk akal. Misalnya menargetkan menabung setiap bulan 10% dari gaji untuk DP rumah. Bukannya menabung 50% dari gaji karena kamu masih butuh uang untuk kebutuhan hidup lainnya.

R – relevant: Pilihlah resolusi yang cocok untukmu. Tidak perlu ikut-ikutan orang lain diet, padahal berat badan sendiri sudah ideal.

T – time bound: Rencanakan masa pencapaian resolusi tahun baru secara realistis. Misalnya untuk persiapan ujian beasiswa, perlu dilakukan sekitar setahun. Bukan dipaksakan dalam waktu 1 bulan.

 

Mulai dari yang mudah

 

Via Freepik

 

Sebuah resolusi memang dibuat dengan tujuan untuk mengubah kebiasaan buruk yang selama ini kamu lakukan. Namun, seringkali orang-orang membuat resolusi terlalu besar dan sulit sehingga pada akhirnya malah resolusi tersebut mandek di tengah jalan.

Jadi, tentukan resolusi tahun baru dari yang paling mudah dulu. Setelah berhasil mencapai resolusi tersebut, kamu akan terbiasa dan terpacu untuk semakin memperbaiki diri ke depannya.

 

Ubah tujuan dalam resolusi yang mudah dipahami

 

Ketika kamu memiliki tujuan ingin hidup lebih sehat, pikiranmu akan kebingungan tentang tindakan apa yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak informasi yang diterima, namun tidak ada yang diputuskan.

Sebaiknya tulislah resolusi ke dalam kalimat yang mudah dipahami mengenai suatu tindakan. Misalnya, untuk hidup lebih sehat maka aku harus olahraga setiap pagi dan tidak boleh bergadang. Alih-alih mengingat tujuan aku harus hidup sehat, kamu akan teringat untuk melakukan olahraga dan tidak bergadang lalu mencapai tujuan tersebut dengan tepat.

 

Belajar dari masa lalu

 

Pengalaman bisa menjadi pelajaran bagimu saat menentukan resolusi. Baik itu yang sukses ataupun gagal di tengah jalan. Coba simak kembali resolusi apa yang kamu tentukan di tahun sebelumnya. Jika sukses, maka cara tersebut bisa dilakukan kembali atau bahkan dikembangkan.

Namun jika gagal, ingat-ingat dan analisa apa yang menjadi pemicu kegagalan. Dari sana, kamu bisa memperbaiki kesalahan. Baik dengan mengubah resolusinya atau metode pencapaiannya.

 

Libatkan hal yang kamu sukai

 

Via Freepik

 

Segala sesuatu yang kamu sukai, sudah pasti akan meningkatkan motivasi untuk menentukan dan mencapai resolusi tahun 2023. Jadi, libatkan hal yang kamu sukai! Contohnya kamu hobi bermain gitar. Mungkin kamu bisa membuat resolusi seperti membentuk band, busking di tempat umum, atau mempelajari 1 lagu baru setiap minggunya. Resolusi seperti ini bisa membuka peluang karier atau sekedar meningkatkan skill.

 

Tidak terlalu banyak

 

Jumlah resolusi yang terlalu banyak, bukannya memotivasimu malahan mengintimidasi dan menimbulkan rasa malas. Mulailah tentukan resolusi tahun baru dari hal yang kecil atau sederhana dalam jangka pendek. Apalagi untuk resolusi yang bertujuan mengubah kebiasaan lama.

Andaikan kamu mau mengubah kebiasaan bangun siang, akan sangat berlebihan jika langsung menentukan resolusi bangun jam 6 pagi. Awali resolusi dengan bangun lebih pagi 1 jam. Jika sudah terbiasa, kamu bisa mulai memajukan jam bangun secara bertahap.

 

Bersiap akan hambatan

 

Namanya manusia, kita bisa berencana tapi ada saja hambatannya dari pihak eksternal. Oleh karena itu, selalu antisipasi terhadap hambatan yang mungkin muncul. Ketika kamu sudah mengantisipasi, maka kamu tahu betul apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Dengan demikian, kamu akan mampu berkomitmen untuk melanjutkan resolusi tahun 2023 tersebut.

Kamu pun berhak memberikan self reward apabila sudah berhasil mencapai suatu resolusi. Catatlah reward tersebut di tempat yang sering terlihat olehmu agar selalu termotivasi. Selamat menyambut tahun baru 2023 dan selamat mencoba!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 1250

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease