Tips Ampuh Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Jessica,
0
Source - pixabay

Hidup di era serba digital saat ini membuat banyak orang tua khawatir terhadap tumbuh kembang anaknya. Hampir setiap hari anak berkutat dengan gadget hingga banyak pula orang tua yang mengeluh anaknya mengalami kecanduan gadget.

Kecanduan gadget dapat memberikan dampak buruk pada anak baik dari segi mental, fisik, maupun kemampuan sosialisasinya. Apa sajakah ciri-ciri kecanduan gadget pada anak? Bagaimana cara mengatasinya?

Ciri-ciri anak yang ketergantungan terhadap gadget antara lain:

  1. Anak tidak bisa terpas dari gadget miliknya.
  2. Saat gadget diminta oleh orang tua atau dibatasi penggunaannya, si anak justru mengamuk.
  3. Anak mulai malas diajak beraktivitas dan lebih mementingkan gadgetnya.
  4. Anak sulit diajak bersosialisasi dan berkomunikasi.

Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut di atas pada diri putra-putri Anda, berarti Anda patut waspada dan segera mengambil langkah untuk mengatasi kecanduan gadget tersebut. Berikut tips mencegah dan mengatasi kecanduan gadget pada anak:

Berikan Aktivitas yang Menarik

Source - pixabay

Source – pixabay

Untuk menghindarkan anak dari kecanduan perangkat elektronik, Anda bisa memberikannya aktivitas yang menarik seperti mengikutkan anak les tari, renang, kelas seni, atau aktivitas mengasyikkan lainnya.

Kegiatan-kegiatan menarik tersebut dapat mengalihkan perhatian anak dari gadget. Secara otomatis anak juga akan bersosialisasi dengan teman sebayanya saat mengikuti berbagai kegiatan tersebut.

Ajak Anak Bersosialisasi

Terkadang bermain gadget yang berlebihan bisa diakibatkan karena tidak adanya kawan bermain bagi si anak. Anda bisa mencoba mengundang anak-anak di lingkungan sekitar untuk berkunjung ke rumah Anda dan bermain bersama si kecil. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengajak si kecil berkunjung ke rumah rekan Anda yang memiliki anak dengan usia sebaya.

Memberikan kesempatan dan memfasilitasi anak agar bisa bermain bersama teman sebayanya, bisa jadi menjadi salah satu cara mencegah terjadinya kecanduan gadget pada anak.

Batasi Penggunaan Gadget

Source - pixabay

Source – pixabay

Berikan batasan penggunaan perangkat elektronik pada anak. Tetapkan aturan berapa lama anak bisa menggunakan perangkat elektronik tersebut. Idealnya, anak usia 2 hingga 4 tahun diperbolehkan menggunakan gadget tidak lebih dari satu jam per hari, sedangkan untuk anak usia di atas 5 tahun maksimal 2 jam per hari.

Berikan Rambu-Rambu Penggunaan Gadget

Saat memberikan gadget pada anak, jelaskan rambu-rambu aturan penggunaannya. Jelaskan bahwa dia tidak boleh menggunakan gadget melebihi waktu yang ditentukan serta tidak menggunakan gadget pada waktu-waktu tertentu. Waktu seperti waktu makan, waktu perjalanan di mobil, atau menjelang tidur merupakan waktu di mana sebaiknya anak tidak menggunakan perangkat elektroniknya.

Jangan Berikan Hak Akses Penuh

Source - pixabay

Source – pixabay

Jangan berikan si kecil gadget atas nama miliknya, hal ini untuk membatasi hak aksesnya. Sebaiknya pinjamkan saja gadget Anda sehingga dia tidak akan sembarangan dalam menggunakannya. Saat meminjamkannya, jangan lupa mengawasi penggunaannya.

Cek Gadget Secara Berkala

Jika anak Anda sudah cukup usia dan Anda berikan gadget sendiri, jangan lupa untuk mengontrolnya. Lakukan pengecekan setiap beberapa hari sekali. Hal ini dapat membantu menghindarkan anak dari bahaya kecanduan gadget, pornografi, dan bahaya penggunaan internet lainnya.

Berikan Pujian

Source - pixabay

Source – pixabay

Jika anak mampu melakukan semua arahan yang Anda berikan, berikan pujian atau reward sebagai bentuk penghargaan kepadanya. Hal ini dapat memotivasi anak untuk selalu memperhatikan arahan Anda dalam menggunakan perangkat elektronik yang dipakainya.

Jadilah Panutan

“Buah tak jauh dari pohonnya”, pepatah ini memang benar adanya. Jadi jika Anda ingin anak Anda tidak kecanduan gadget, Anda juga harus memberikan contoh yang baik. Jangan sampai Anda menuntut anak membatasi gadget tetapi Anda sendiri selalu terlihat sibuk dengan gadget Anda.

Demikian tips ampuh mencegah kecanduan gadget pada anak. Semoga bermanfaat.

Be the first to write a comment.

Your feedback