Ini Cara Meningkatkan IQ dan Kecerdasan Secara Alami

Ris,
0
ini-beberapa-cara-meningkatkan-iq-dan-kecerdasan-anak-maupun-dewasa

 

IQ merupakan patokan dari kecerdasan intelektual seseorang. Semakin tinggi IQ seseorang, maka dikategorikan pintar dan biasanya mendapatkan prestasi yang baik di bidang akademik. Banyak orang yang memperbincangkan apakah IQ ini diturunkan dari orangtua atau dapat diasah. Jawabannya, IQ ternyata bisa ditingkatkan!

Kamu mau meningkatkan IQ secara alami? Lakukan tips di bawah ini ya!

 

Permainan kecerdasan

 

Via Pixabay

 

Untuk melatih otak, cobalah lakukan permainan kecerdasan. Misalnya teka-teki silang, puzzle, rubiks, sudoku, dan sebagainya. Permainan-permainan seperti ini mampu mengasah keterampilan bernalar, memecahkan masalah, dan berbahasa. Cocok dilakukan di waktu senggang supaya otak tetap terasah.

 

Bermain alat musik

 

Mencoba hal baru dapat memicu otak untuk produktif. Salah satunya dengan mempelajari dan bermain alat musik. Bermain alat musik terbukti mampu melatih sensoris, persepsi pendengaran, koordinasi fisik, serta daya ingat. Kamu tidak perlu menjadi profesional untuk mendapatkan manfaatnya. Yang penting rajin memainkannya, mencoba lagu yang berbeda, dan meningkatkan level skill secara bertahap.

 

Belajar bahasa asing

 

Belajar bahasa asing memberikan banyak manfaat untuk seseorang. Bukan hanya untuk keperluan komunikasi di luar negeri, tapi juga mendukung perkembangan otak. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bilingual memiliki IQ tinggi dan kemampuan belajar yang lebih baik.

 

Baca buku

 

Via Pixabay

 

Membaca buku dapat menambah wawasan dan meningkatkan imajinasi. Tidak heran baik anak-anak ataupun dewasa disarankan untuk sering membaca buku. Buku tersebut bisa berupa buku pengetahuan, novel, bahkan komik sekalipun. Kemampuan berbahasa dan komunikasi juga dapat ditingkatkan melalui kegiatan membaca.

 

Melanjutkan pendidikan formal atau informal

 

Menempuh pendidikan formal atau informal terbukti mampu meningkatkan IQ. Menurut penelitian, mengikuti pendidikan selama 1 tahun dapat meningkatkan IQ hingga 5 poin. Contoh pendidikan informal yang dapat kamu hadiri adalah seminar, kursus keahlian, dan workshop hobi.

 

Bersosialisasi

 

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu bersosialisasi dengan orang lain. Melalui sosialisasi, kita dapat berdiskusi dan bertukar pikiran. Secara tidak langsung, hal tersebut mampu merangsang kemampuan berpikir. Cara termudah untuk bersosialisasi adalah berinteraksi dengan teman dan masuk komunitas hobi yang kamu sukai.

 

Konsumsi makanan bergizi

 

Semasa kecil, pasti kita sering diberi makan ikan oleh orangtua. Katanya supaya pintar. Hal tersebut ada benarnya loh! Pasalnya makan makanan bergizi memang dapat meningkatkan IQ. Terutama makanan yang mengandung asam lemak omega 3, flavonoid, protein, vitamin B, vitamin C, vitamin K, zinc, dan selenium. Contohnya adalah ikan laut, kacang-kacangan, telur, buah, sayur, teh, dan cokelat.

 

Istirahat yang cukup

 

Untuk mendukung produktivitas otak secara maksimal, kamu perlu istirahat cukup. Pastikan tidur malam berlangsung selama 7-9 setiap harinya. Dengan demikian, keesokan harinya otak siap menerima informasi baru dan mengolahnya sebaik mungkin. Kamu pun dapat bekerja dan fokus belajar.

 

Olahraga rutin

 

Via Pixabay

 

Rutin olahraga ternyata memberikan banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kondisi otak. Aliran darah ke otak lancar sehingga otak dapat berpikir dengan lebih jernih. Stress juga dapat dikurangi dengan berolahraga. Pada dasarnya olahraga yang dilakukan tidak perlu bersifat berat. Cukup olahraga ringan seperti joging, senam, atau yoga selama 30 menit setidaknya 3 kali seminggu.

 

Itulah 9 cara untuk meningkatkan IQ sehingga kecerdasan pun bertambah. Selalu rutin lakukan cara di atas tanpa peduli berapa pun umur kamu. Ingat, IQ juga bisa menurun kalau otak kita tidak diasah. Selamat mencoba!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease