Hewan Peliharaan Cocok untuk Anak

Ris,
0
Hewan Peliharaan Cocok untuk Anak

 

 

Memelihara hewan di rumah terbukti mampu meningkatkan rasa bahagia para pemiliknya. Bagi anak-anak, memelihara hewan juga bisa melatih sikap tanggung jawab dan menumbuhkan rasa sayang terhadap binatang. Tertarik untuk memberikan hewan peliharaan kepada anak demi mendapatkan manfaat tadi? Jangan sembarang pilih ya. Pasalnya tidak semua hewan peliharaan cocok untuk anak. Anda butuh pertimbangan keamanan dan kemudahan perawatan hewan tersebut.

Berikut beberapa rekomendasi hewan peliharaan untuk anak:

 

Ikan

 

Memelihara ikan hias bisa jadi pilihan utama bagi anak-anak karena perawatannya mudah. Namun, perhatikan jenis ikan yang akan dibeli. Akan lebih baik memilih ikan cupang daripada ikan mas. Ikan cupang mampu bertahan dalam isolasi di dalam akuarium mungil bahkan toples bekas. Ikan ini tidak membutuhkan filter. Makanan pun cukup pelet atau cacing yang mudah ditemukan di petshop atau toko akuarium. Perawatannya hanya perlu mengganti air secara rutin dan bersihkan wadahnya dari lumut.

 

Anjing

 

Anjing merupakan salah satu hewan populer sebagai peliharaan karena mereka loyal kepada pemiliknya. Hewan ini juga sering bertingkah lucu dan patuh. Untuk anak, pilihlah anjing dengan ukuran small hingga medium. Ras anjing dengan bulu pendek juga lebih mudah groomingnya. Selain itu, pertimbangkan jenis anjing dari kategori toy dog karena lebih ramah anak dan mudah dilatih. Misalnya seperti poodle, pomeranian, serta daschund.

Ajak anak untuk melatih anjingnya beberapa command dan trik. Lalu siapkan makanan serta belajar memandikannya secara rutin.

 

Kelinci

 

Via Freepik

 

Jika anak-anak terlalu takut dengan anjing, alternatif lainnya adalah kelinci. Hewan berbulu fluffy ini sangat ramah dan kecil kemungkinannya untuk menggigit orang selama diperlakukan dengan baik. Perawatannya meliputi suhu kandang yang hangat, membersihkan kandang dari kotoran, dan memberi makanan serta mainan supaya giginya tetap pada ukuran normal. Pada beberapa waktu, kelinci bisa dikeluarkan dari kandang untuk menjelajah taman rumah bersama anak.

 

Burung

 

Kicauan burung yang indah bisa menarik perhatian si kecil. Jika si kecil menunjukkan kertertarikannya pada burung, mulailah memilih burung mungil yang jinak. Beberapa di antaranya adalah parkit, kenari, serta love bird. Burung-burung ini cukup diberi makan biji-bijian. Berbeda dengan anjing yang memiliki jadwal makan rutin, anak-anak hanya perlu memastikan kalau wadah makanan burung selalu terisi dan biarkan mereka makan sendiri.

Burung yang jinak bisa dikeluarkan dari kandangnya dan dibiarkan bermain di dalam rumah selama tidak ada hewan lain yang mungkin akan memangsanya. Namun jika tidak mungkin untuk mengeluarkan burung dari kandang, sebaiknya Anda memelihara 2 burung supaya burung tersebut tidak kesepian.

 

Guinea pig

 

Guinea pig alias marmut sekilas mirip dengan hamster, namun ukurannya lebih besar. Hewan ini ramah dan memiliki bulu panjang. Mereka hidup di dalam kandang dengan serpihan kayu. Tingkah lakunya menggemaskan, apalagi ketika bermain labirin atau roda berputar. Anak-anak perlu diajarkan untuk memberikan guinea pig mainan atau makanan yang keras seperti wortel agar gigi depan guinea pig tidak memanjang.

 

Kucing

 

Kucing memang terlihat lucu dan kalem, tapi sebaiknya hewan peliharaan ini diberikan kepada anak usia sekolah yang sudah bisa berkomitmen. Masalahnya jika salah penanganan, kucing tidak segan untuk mencakar dan menggigit pemiliknya sekalipun. Agar selalu sehat, si kucing harus diberi makan teratur dan dibawa grooming. Sediakan pula wadah potty yang terdiri dari bak dan pasir.

 

Kura-kura

 

Via Freepik

 

Jika ingin memelihara reptil, kura-kura bisa jadi pilihan yang tepat untuk anak-anak. Hewan bertempurung ini bisa hidup sampai 50 tahun. Bayangkan anak Anda bertumbuh bersama kura-kura kesayangannya hingga tua nanti, keren ya?

Anda bisa tanyakan kepada penjual tentang perawatan kura-kura tersebut. Ada yang hidupnya di darat, ada juga yang di darat sekaligus di air. Semua ini tergantung pada jenis kura-kura. Makanannya pun mudah, berupa pelet atau sayur-sayuran. Ketika memelihara kura-kura, kebersihan harus diutamakan untuk mencegah penyebaran bakteri salmonella.

Demikian 7 hewan peliharaan cocok untuk anak. Apapun pilihan Anda dan anak, persiapkan dulu komitmen dalam merawat hewan tersebut dengan penuh tanggung jawab.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 1723

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease