Gemuk Tidak Selamanya Lucu, Berikut 5 Cara Jitu Mengatasi Obesitas pada Anak

Tiga organisasi; UNICEF, WHO, dan ASEAN melakukan penelitian bersama dan mendapatkan temuan pada tahun 2016 bahwa sebanyak 12 persen anak Indonesia mengalami kelebihan berat badan dan jumlah tersebut sebanding dengan penderita gizi buruk. Bermula dari anggapan bahwa gemuk itu menggemaskan, orang tua menjadi berlebihan dalam memberikan asupan pada buah hati. Lantas, bagaimana cara jitu mengatasi obesitas pada anak?

Kenali Penyebab Obesitas pada Anak

Mengatasi Obesitas pada Anak

pixabay.com

Banyak hal yang menyebabkan obesitas pada anak, tetapi tiga hal berikut saling memiliki hubungan, yaitu:

Membuat Catatan Keseharian Anak

pixabay.com

Mengatasi obesitas pada anak dapat dimulai dengan mengevaluasi keseharian buah hati melalui catatan. Apa saja yang perlu dimasukkan ke catatan tersebut?

Menghitung Indeks Masa Tubuh sebagai Acuan Keberhasilan

pixabay.com

IMT digunakan untuk mengetahui berat badan ideal seseorang jika dilihat dari tinggi badannya. Hal ini akan sangat berguna dalam upaya menurunkan berat badan agar usaha yang dilakukan bisa disesuaikan.

Cara penghitungan IMT adalah membagi berat badan sekarang dengan tinggi badan yang dikuadratkan. Setelah mendapatkan hasilnya, dokter akan membandingkannya dengan anak dengan umur, jenis kelamin, dan tinggi badan yang sama.

Pemeriksaan lain yang dilakukan dokter pun mengacu pada kadar gula darah, kolesterol, keseimbangan hormon, faktor-faktor penyebab obesitas, dan masalah kesehatan lain yang sekiranya menjadi pemicu obesitas tersebut.

Memastikan Anak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

pixabay.com

Kurangnya waktu tidur dapat pula menyebabkan obesitas pada anak. Untuk itu, perlu mendisiplinkan mereka agar tidur tepat waktu. Salah satu caranya adalah tidak menempatkan televisi di kamar mereka.

Dikutip dari Alodokter, berikut durasi tidur yang disarankan untuk setiap kelompok usia:

12-18 tahun: 8,5 jam per hari.
5-12 tahun: 10 hingga 11 jam per hari.
3-5 tahun: 11 hingga 13 jam per hari.
1-3 tahun: 12 hingga 14 jam per hari.

Bagaimana Mendampingi Anak dengan Obesitas?

pixabay.com

Mengatasi obesitas pada anak memiliki tantangan tersendiri lantaran mereka belum mempunyai kesadaran sendiri terhadap penampilan. Oleh karena itu, orang tua harus terlibat langsung dalam langkah berikut ini:

Untuk mengatasi obesitas pada anak, mula-mula Anda harus mengevaluasi bagaimana keseharian mereka, mulai dari makanan sampai aktivitas. Setelah itu, biarkan dokter membantu. Ingat, peran orang tua akan menjadi kunci dalam memberikan dukungan moral.

Exit mobile version