Daftar Kuliah di Universitas, College atau ke Luar Negeri?

Ris,
0
daftar-kuliah-universitas-college-luar-negeri

 

via Pixabay

Begitu memasuki jenjang pendidikan SMA, kita dihadapkan dengan banyak pilihan. Apakah harus kuliah di universitas, college, atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri? Sebagai bahan pertimbangan, coba simak pembahasan di bawah ini ya.

 

Universitas di Indonesia

 

via Detik

Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas di Indonesia, perlu diketahui dulu kalau ada begitu banyak pilihan universitas terbaik di Indonesia. Kamu bisa cek daftar universitas terbaik di Indonesia tahun 2022 di Google untuk menentukan universitas apa saja yang kira-kira cocok untuk kamu.

Lalu, kenali jurusan apa saja yang paling sesuai dengan passion atau cita-citamu. Pelajari masing-masing program studinya karena beda universitas, beda pula program studinya. Jika masih bingung, kamu bisa mempertimbangkan program atau jurusan terfavorit di Indonesia tahun 2022 seperti ilmu komunikasi, marketing, ilmu komputer, dan bisnis digital.

Menempuh pendidikan di universitas di Indonesia dapat menggunakan jalur masuk universitas yang beragam. Misalnya jalur mandiri, SBMPTN, SNMPTN, dan beasiswa prestasi. Namun, sistem universitas di Indonesia yang rumit terkadang membuat calon mahasiswa kesulitan.

 

College

 

via Amazon

Selain melanjutkan pendidikan ke universitas, kamu juga punya pilihan untuk belajar di College. College sendiri merupakan lembaga pendidikan berupa sekolah lanjutan tingkat tinggi. Bisa dikatakan kalau College ini biasanya bagian dari universitas dan kerap menjadi salah satu langkah dari persiapan masuk universitas atau bahkan persiapan kuliah ke luar negeri.

 

Universitas Swasta VS International College Lokal

 

via Kumparan

Mungkin kamu bingung memilih universitas swasta atau international college lokal. Keduanya terdengar sama-sama prestis. Universitas swasta jenjang pendidikannya jelas lebih tinggi dari international college lokal. Sedangkan international college lokal, jenjang pendidikan lebih rendah namun tarafnya sudah internasional dan diakui oleh dunia.

Universitas swasta di Indonesia umumnya menggabungkan kurikulum pembelajaran standar nasional dan beberapa metode internasional. Sedangkan international college lokal, sudah pasti menggunakan kurikulum internasional dan lebih memudahkan perjalanan kamu melanjutkan pendidikan ke universitas di luar negeri.

Salah satu international college lokal yang ada di Indonesia adalah UIC College. College ini menggunakan kurikulum internasional bersertifikat dari Inggris, BTEC HND, UK. Sertifikasi ini diakui oleh perusahaan dan universitas dunia. Dengan demikian, lulusannya akan semakin mudah untuk meniti karir secara internasional juga.

 

via Vista Education

 

UIC sendiri adalah BTEC center pertama dan satu-satunya di Indonesia. Metode belajarnya menggunakan pendekatan vocational dan work relations. Murid yang mengikuti program UIC di Indonesia selama 2 tahun akan mendapatkan sertifikat Higher Diploma BTEC HND. Beberapa program UIC College yang dapat kamu pertimbangkan adalah Business, Graphic Design, Information Technology (IT), Sound Design / Music, Fashion Design, Engineering, Digital Design. Sekedar informasi, murid lulusan UIC College berkesempatan besar untuk melanjutkan pendidikan di 5 negara yaitu Inggris, Amerika Serikat, Australia, Eropa, dan Singapura.

Lalu bagaimana cara daftar kuliah / college, khususnya di UIC? Kamu bisa melakukan konsultasi di Unisadhuguna Education terlebih dahulu di Gedung EduCenter Lt. 5 & 6. Nantinya akan ada seleksi / test sebelum menjadi murid di UIC College, jika kamu memang berminat.

Bagaimana, apakah sudah mendapatkan pencerahan mau daftar kuliah di universitas, college atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri? Apapun pilihanmu, pastikan jurusan tersebut sesuai dengan minat dan memiliki peluang pekerjaan yang menjanjikan di masa depan.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease